Blambangan Umpu, Way Kanan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Blambangan Umpu)
Blambangan Umpu
Negara Indonesia
ProvinsiLampung
KabupatenWay Kanan
Pemerintahan
 • CamatAkhmad Syapari, S.Ag., M.Si
Populasi
 • Total0 (5.012). jiwa
Kode pos
34764
Kode Kemendagri18.08.01
Kode BPS1807043
Luas112,45 Km².
Desa/kelurahan12/1

Blambangan Umpu adalah sebuah kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan (ibu kota) Kabupaten Way Kanan, Lampung, Indonesia.

Blambangan Umpu merupakan kota tua / kota lama yang berjarak 11 km dari jalan Lintas Tengah Sumatra dan di jalur Kereta Api Palembang - Bandar Lampung yang dibangun pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda. Meskipun kota tua, asal muasal penduduk di Blambangan Umpu ini berasal dari Tiyuh Tuha. Tiyuh Tuha terletak di tepi Sungai Way Umpu. Karena sering dilanda banjir, akhirnya penduduk lama berpindah ke dataran yang lebih tinggi, yang kini disebut Blambangan Umpu. Jaraknya hanya 500 meter dari lokasi lama. Saat ini Tiyuh Tuha menjadi pemakaman umum.

Blambangan Umpu memiliki 1 Kelurahan dan 12 Kampung/Desa yaitu : Kampung yang ada di KecamatanBlambangan Umpu 1. Kampung Lembasung 2. Kampung Sri Rejeki 3. Kampung Karang Umpu 4. Kampung Umpu Bhakti 5. Kampung Umpu Kencana 6. Kampung Gunung Sangkaran 7. Kampung Sangkaran Bhakti 8. Kampung Tanjung Raja Sakti 9. Kampung Bumi Baru 10. Kampung Tanjung Sari 11. Kampung Tanjung Raja Giham 12. Kampung Segara Midar

Kelurahan yang ada di Kecamatan Blambangan Umpu yaitu Kelurahan Blambangan Umpu