Bintang laut biru

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bintang laut biru
Klasifikasi ilmiah
Domain:
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
Linckia laevigata

Bintang laut biru[1] (latin: Linckia laevigata) adalah spesies bintang laut yang berasal dari perairan dangkal tropis di kawasan Indo-Pasifik.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Variasi ("polimorfisme", dalam hal ini "polimorfisme warna") yang paling umum ditemukan adalah biru murni, biru tua, atau biru muda, meskipun pengamat menemukan variasi aqua, ungu, atau jingga di seluruh lautan. Bintang laut ini dapat tumbuh hingga diameter 30 cm, dengan ujung membulat di masing-masing lengannya, beberapa spesimen mungkin memiliki bintik-bintik yang lebih terang atau lebih gelap di sepanjang lengan mereka. Spesimen individu biasanya memiliki tekstur yang keras, memiliki lengan agak berbentuk tabung dan memanjang yang umum ditemukan pada sebagian besar bintang laut anggota famili Ophidiasteridae lainnya, dan biasanya memiliki kaki tabung pendek berwarna kekuningan. Sebagai penghuni terumbu karang dan padang lamun, spesies ini relatif umum dan biasanya ditemukan dalam kepadatan yang jarang di seluruh wilayah jelajahnya. Bintang laut ini hidup secara subtidal (hidup di zona neritik) atau terkadang hidup di zona intertidal, pada substrat halus (pasir) atau keras dan bergerak relatif lambat (kecepatan gerak rata-rata 8,1 cm/menit).[2]

Meski belum didokumentasikan, bintang laut ini mungkin bisa untuk bereproduksi secara aseksual, seperti halnya spesies Linckia multifora (penghuni laut tropis lainnya, tetapi dengan warna berbeda, yaitu merah muda atau kemerahan berbintik-bintik putih dan kuning, yang diamati bereproduksi secara aseksual di penangkaran).[3] Linckia multifora menghasilkan "komet" (lengan terpisah) dari individu induknya. keturunannya ini terus menumbuhkan empat batang kecil lengan yang siap tumbuh hingga dewasa. L. laevigata rupanya bukan pengecualian terhadap perilaku ini, karena banyak individu yang diamati di alam kehilangan lengan atau kadang-kadang dalam bentuk komet.[butuh rujukan]

Beberapa spesies hewan penghuni terumbu karang lain memangsa bintang laut ini. Berbagai ikan buntal, spesies siput laut dalam genus Charonia, udang pengantin, dan bahkan beberapa anemon laut telah diamati memakan seluruh atau sebagian bintang laut ini.[4] Bintang laut ini juga rentan terhadap parasitisasi oleh spesies siput laut parasit Thyca crystallina.[butuh rujukan] Asosiasi komensal terkadang berperan dalam kehidupan bintang laut ini. Hewan seperti udang Periclimenes kadang-kadang ditemukan secara komensal di permukaan mulut atau aboral bintang laut ini, bertujuan mengambil lendir dan detritusnya.[butuh rujukan]

Bintang laut ini cukup populer di kalangan penghobi akuarium air asin karena memerlukan aklimatisasi yang tepat dan lambat sebelum memasuki sistem akuarium, serta sumber makanan yang memadai seperti yang terdapat di habitat aslinya. Bintang laut ini umumnya dianggap[Menurut siapa?] sebagai hewan detritivora, banyak sumber menyatakan bahwa bintang laut ini akan terus-menerus merumput di seluruh akuarium untuk mencari lapisan organik atau organisme yang tidak banyak bergerak dan tumbuh rendah seperti spons laut dan alga. Dalam hobi akuarium laut, mereka terlihat mengonsumsi Bintang Laut Asterina,[5] yang biasanya dimasukkan ke dalam akuarium tersebut di "batu hidup" yang ada di mana-mana yang digunakan dalam pengaturan tersebut. Pada tahun 2021, gambar yang muncul di Reddit menunjukkan seekor bintang laut biru sedang memakan bintang laut Asternia, dibutuhkan sekitar 45 menit untuk melahap Asternia sepenuhnya. Ini merupakan pengendalian hama yang layak tergantung pada seberapa melimpah sumber makanannya, serta faktor-faktor seperti kondisi pengiriman, aklimatisasi, dan kualitas air. Bintang laut ini telah dipelihara di penangkaran dengan keberhasilan yang bervariasi. Spesies bintang laut ini belum dibiakkan di penangkaran untuk mendapatkan panen yang berkelanjutan.

Spesies ini telah lama menjadi komoditas pokok dalam perdagangan kerang laut, yang melibatkan pemasaran tes bintang laut kering (kerangka) untuk barang antik atau hiasan. Di beberapa wilayah habitatnya mengalami penurunan populasi secara signifikan akibat pemanenan kerang laut dan industri pariwisata yang terus menerus.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Yuhan, Al Khairi (04 Maret 2022). "Bintang Laut Biru, Si Cantik yang Berguna sebagai Obat". greeners.co. Diakses tanggal 26 Februari 2024. 
  2. ^ Mueller B; AR Bos; G Graf; GS Gumanao (2011). "Size-specific locomotion rate and movement pattern of four common Indo-Pacific sea stars (Echinodermata; Asteroidea)". Aquatic Biology. 12 (2): 157–164. doi:10.3354/ab00326alt=Dapat diakses gratis. 
  3. ^ Rideout, R. S. (1978). "Asexual reproduction as a means of population maintenance in the coral reef asteroid Linckia multifora on Guam". Marine Biology. Springer Science and Business Media LLC. 47 (3): 287–295. doi:10.1007/bf00541006. ISSN 0025-3162. 
  4. ^ Bos AR; B Mueller; GS Gumanao (2011). "Feeding biology and symbiotic relationships of the Corallimorpharian Paracorynactis hoplites (Anthozoa: Hexacorallia)" (PDF). The Raffles Bulletin of Zoology. 59 (2): 245–250. 
  5. ^ "Linckia Starfish....they do eat (I guess) - Reef Central Online Community".