Bilah gulir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Contoh bilah gulir horizontal dan vertikal di sekitar kotak teks

Bilah gulir adalah teknik interaksi atau gawit di mana teks, gambar, atau konten lainnya yang berkesinambungan dapat digulir ke arah yang telah ditentukan (atas, bawah, kiri, atau kanan) pada layar komputer, jendela, atau area pandang sehingga semua konten dapat dilihat, meskipun hanya sebagian kecil konten yang dapat dilihat di layar perangkat pada satu waktu. Ini menawarkan solusi terhadap masalah navigasi ke lokasi yang diketahui atau tidak diketahui dalam ruang informasi dua dimensi. [1] Itu juga dikenal sebagai pegangan di GUI pertama. Mereka hadir dalam berbagai perangkat elektronik termasuk komputer, kalkulator grafik, ponsel, dan pemutar media portabel. Pengguna berinteraksi dengan elemen bilah gulir menggunakan beberapa metode tindakan langsung, bilah gulir menerjemahkan tindakan tersebut ke dalam perintah bergulir, dan pengguna menerima umpan balik melalui pembaruan visual dari elemen bilah gulir dan konten yang digulir. [2]

Meskipun desain bilah gulir berbeda-beda sepanjang sejarahnya, desain bilah gulir biasanya muncul di satu atau dua sisi area tampilan sebagai area persegi panjang yang berisi bilah (atau ibu jari) yang dapat diseret sepanjang palung (atau jalur) untuk menggerakkan badan dokumen. Ini dapat ditempatkan secara vertikal, horizontal, atau keduanya di jendela tergantung pada arah mana konten melampaui batasnya. Dua anak panah sering kali disertakan di kedua ujung ibu jari atau palung untuk penyesuaian yang lebih tepat. "Jempol" memiliki nama berbeda di lingkungan berbeda: di Mac OS X 10.4 disebut "penggulir"; [3] pada anjungan Java disebut "ibu jari" atau "kenop"; milik Microsoft . Dokumentasi .NET menyebutnya sebagai "kotak gulir" atau "jempol gulir"; di lingkungan lain disebut "elevator", "quint", "puck", "wiper" atau "grip"; di lingkungan tertentu di mana peramban bahasa agnostik pada terminologi bilah gulir, ibu jari disebut sebagai 'pea' untuk pergerakan vertikal dan masih menggunakan 'puck' untuk pergerakan horizontal.

Fungsi tambahan mungkin ditemukan, seperti memperbesar/memperkecil atau berbagai alat khusus aplikasi . Tergantung pada GUI, ukuran ibu jari bisa tetap atau bervariasi ukurannya; dalam kasus jempol proporsional selanjutnya, panjangnya akan menunjukkan ukuran jendela dalam kaitannya dengan ukuran keseluruhan dokumen, yang ditunjukkan oleh jalur penuh. Meskipun jempol proporsional tersedia di beberapa GUI, termasuk GEM, AmigaOS, dan PC/GEOS, bahkan pada pertengahan 1980-an, Microsoft tidak mengimplementasikannya hingga Windows 95 . Ibu jari proporsional yang memenuhi penuh palung menunjukkan bahwa seluruh dokumen sedang dilihat, sehingga bilah gulir untuk sementara mungkin tersembunyi. Ibu jari yang proporsional terkadang juga dapat disesuaikan dengan menyeret ujungnya, seperti di Sony Vegas, paket perangkat lunak pengeditan video non-linier . Dalam hal ini akan menyesuaikan posisi dan zum dokumen, dimana ukuran ibu jari mewakili derajat zum yang diterapkan.

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Penyeretan jempol[sunting | sunting sumber]

Menyeret ibu jari secara historis merupakan cara tradisional memanipulasi bilah gulir. Dengan menggerakkan kursor ke ibu jari di layar lalu menekan dan menahan, ibu jari dapat diseret. Hal ini sering dilakukan dengan menggunakan alas lacak atau tombol klik kiri pada tetikus atau alas sentuh konvensional. Memindahkan kursor sambil menekan akan menggerakkan ibu jari bilah gulir untuk melihat bagian halaman yang berbeda. [4] Pada aplikasi asli OS X 10.11 (dan beberapa versi OS X sebelumnya), bilah gulir tidak muncul di antarmuka pengguna hingga pengguna menggunakan teknik pengguliran lain, seperti gulir dua jari atau menggunakan tombol panah. Oleh karena itu, pengguna harus menggulir menggunakan salah satu metode ini terlebih dahulu, lalu memindahkan kursor ke ibu jari, di mana pun ibu jari itu muncul.

Roda gulir[sunting | sunting sumber]

Roda gulir pada tetikus konvensional juga dapat digunakan. Menggerakan roda ke arah yang diinginkan akan menggerakkan konten ke arah yang sama. [5] Kebanyakan tetikus memiliki roda gulir yang hanya dapat menggulir ke atas dan ke bawah, namun beberapa mouse memiliki roda gulir yang memungkinkan pengguna untuk menggulir ke segala arah (atas, bawah, kiri atau kanan), termasuk arah diagonal. Saat menggulir ke atas dan ke bawah, arah pengguliran halaman sebagai respons terhadap arah pengguna menggulir roda gulir dapat berbeda tergantung pada pengaturan pengguliran komputer.

Tombol panah[sunting | sunting sumber]

Tombol panah pada papan ketik dapat diklik untuk menggulir halaman ke atas, bawah, kiri, atau kanan. Teknik pengguliran ini biasanya menghasilkan pengguliran layar yang sangat lambat dibandingkan dengan teknik pengguliran lainnya. Mengklik tombol panah akan mengakibatkan halaman terus bergulir hingga salah satu batas gulir tercapai.

Mengklik langsung[sunting | sunting sumber]

Di atas atau di bawah jempol dapat diklik untuk langsung melompat ke titik tersebut di halaman, atau halaman demi halaman untuk konten multihalaman. [4] Setelah mengklik tempat yang dinginkan, pengguliran secara otomatis dimulai dan kemudian berhenti setelah ibu jari mencapai posisi penunjuk tetikus. Teknik pengguliran ini lebih cepat dibandingkan yang lain dan paling baik digunakan ketika pengguna harus menggulir banyak konten sekaligus, atau ketika pengguna mengetahui di mana tepatnya pada halaman mereka harus menggulir ke mana.

Tombol panah di layar[sunting | sunting sumber]

Banyak aplikasi, seperti Microsoft Word dan PowerPoint, berisi bilah gulir dengan panah arah di layar untuk tujuan pengguliran. Mengklik panah akan menggulirkan sejumlah kecil konten, seringkali satu baris, pada satu waktu, dan menekan dan menahannya dengan kursor terus-menerus akan menggulir lebih banyak area pada halaman hingga dilepaskan. [4] Terkadang, kedua tombol panah muncul bersebelahan untuk manipulasi yang cepat dan tepat tanpa harus menyeret ibu jari atau menggerakkan tetikus dalam jarak yang jauh ke panah lainnya (ini ditawarkan sebagai opsi di Mac OS 8.5 ); salah satunya juga dapat diduplikasi untuk ditampilkan di kedua ujung bilah, memberikan keakraban bagi mereka yang terbiasa dengan tombol terpisah dan berdekatan. Tombol panah ini ada hingga Mac OS X 10.7 di mana tombol tersebut dihilangkan dan digantikan dengan gerakan alas sentuh dan roda gulir tetikus. [6]

Tombol tetikus yang berbeda[sunting | sunting sumber]

Teknik pengguliran lainnya dengan bilah gulir adalah dengan melihat tombol tetikus mana yang ditekan. Misalnya, klik kiri pada panah bawah dapat menyebabkan jendela bergulir ke bawah, sedangkan klik kanan di tempat yang sama akan menggulir ke atas (misalnya RISC OS ), atau tombol tengah dapat digunakan untuk meletakkan ibu jari secara tepat. Bentuk ini memerlukan lebih sedikit keterampilan motorik halus, meskipun memerlukan tetikus multi-tombol, dan mungkin tingkat kemampuan GUI yang lebih tinggi.

Alas sentuh Windows[sunting | sunting sumber]

Selain itu, beberapa mesin yang mendukung Windows memiliki mekanisme gulir di sisi alas sentuhnya, seperti yang ditunjukkan pada gambar. Untuk menggunakan mekanisme ini, satu jari diletakkan pada area gulir dan digerakkan ke atas dan ke bawah atau ke kiri dan ke kanan untuk menggulir halaman. Sekali lagi, tergantung pada pengaturan pengguliran komputer, menggerakkan jari ke arah tertentu di sepanjang area pengguliran ini dapat menghasilkan arah pengguliran yang berbeda. [7]

Alas lacak Mac[sunting | sunting sumber]

Teknik pengguliran yang lebih modern adalah menggunakan pengguliran dua jari pada alas lacak Mac. Dalam teknik ini, ujung dua jari dari tangan yang sama diletakkan pada permukaan alas lacak dan digerakkan sesuai dengan itu. Jika arah pengguliran alas lacak pengguna disetel ke "alami", menggerakkan kedua jari mereka ke arah atas alas lacak akan menyebabkan halaman bergulir ke atas menuju bagian atas halaman; sebaliknya, menggerakkan jari ke arah bawah alas lacak akan menyebabkan halaman bergulir ke bawah. Jika pengguna "menjentikkan" jarinya dengan menggerakkan kedua jarinya dengan sangat cepat melintasi alas lacak lalu melepaskan jarinya, halaman akan terus bergulir ke arah yang mereka jentikkan hingga akhirnya melambat dan berhenti, baik karena salah satu dari batas gulir tercapai atau karena kecepatan gulir melambat sehingga akhirnya berhenti. Fitur ini disebut inersia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Beard, David V.; Walker II, John Q. (1990). "Navigational techniques to improve the display of large two-dimensional spaces". Behaviour & Information Technology. 9 (6): 451–466. doi:10.1080/01449299008924259. 
  2. ^ Beaudouin-Lafon, Michel (2004). "Designing interaction, not interfaces". Proceedings of the working conference on Advanced visual interfaces. hlm. 15–22. doi:10.1145/989863.989865. ISBN 1581138679. 
  3. ^ Apple Publications Style Guide 2008 Diarsipkan June 12, 2009, di Wayback Machine.
  4. ^ a b c Bates, Cary Lee; Day, Paul Reuben. "User interface component and method of navigating across a boundary coupled to a scroll bar display element". Google Patents. 
  5. ^ Shu, Andy. "Scroll bar input device for mouse". Google Patents. 
  6. ^ Workaround for Having No Scrollbar Arrows in Mac OS X Lion
  7. ^ Hoffman, Chris. "How To Use Windows 8's Gestures on a Laptop Trackpad". How to Geek. How-To Geek LLC.