Biara Santo Blasius di Hutan Hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Santo Blasius
Biara Santo Blasius di Hutan Hitam
Jerman: Kloster Sankt Blasien
LokasiHutan Hitam, Baden-Württemberg
Negara Jerman
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBiara, paroki
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Freiburg

Biara Santo Blasius (Jerman: Kloster Sankt Blasien) adalah sebuah biara Katolik yang dikelola oleh Ordo Benediktin di desa Sankt Blasien di Hutan Hitam, Baden-Württemberg, Jerman.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Abad ke-9-12[sunting | sunting sumber]

Sejarah awal biara ini tidak jelas. Pendahulunya pada abad ke-9 diperkirakan adalah sel Biara Rheinau, yang dikenal sebagai cella alba ("sel putih"), namun garis perkembangan antara sel tersebut dan keberadaan biara Santo Blasius pada abad ke-11 tidak jelas. Pada titik tertentu, pendirian baru tersebut harus independen dari Rheinau, yang dalam prosesnya mungkin Reginbert dari Seldenbüren (meninggal sekitar tahun 962), yang secara tradisional disebut sebagai pendirinya, mungkin memainkan peran tertentu. Namun kepala biara pertama St Blaise adalah Werner I (1045? –1069). Pada tanggal 8 Juni 1065 biara tersebut menerima hibah kekebalan dari Kaisar Henry IV, meskipun biara tersebut memiliki hubungan dengan keluarga anti-raja Rudolf dari Rheinfelden .

Antara tahun 1070 dan 1073 tampaknya telah terjadi kontak antara St. Blaise dan biara Cluniac yang aktif di Fruttuaria di Italia, yang menyebabkan St. Blaise mengikuti reformasi Fruttuarian, memperkenalkan saudara awam atau "conversi" dan mungkin bahkan reformasi biara menjadi biara ganda bagi biarawan dan biarawati (para biarawati dikatakan telah menetap kembali di Biara Berau pada tahun 1117).

Bernold dari Constance (ca 1050–1100) dalam sejarahnya menganggap St Blaise bersama Biara Hirsau sebagai biara-biara reformasi Swabia yang terkemuka. Rumah keagamaan lain yang direformasi oleh, atau didirikan sebagai biarawati, St Blaise adalah: Biara Muri (1082), Biara Ochsenhausen (1093), Biara Göttweig (1094), Biara Stein am Biara Rhein (sebelum 1123) dan Biara Prüm (1132). Hal ini juga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap biara Alpirsbach (1099), Ettenheimmünster (1124) dan Sulzburg (ca 1125), dan biara-biara Weitenau ( ca 1100), Bürgeln (sebelum 1130) dan Sitzenkirch (ca 1130). Daftar kemitraan doa, yang dibuat sekitar tahun 1150, menunjukkan betapa luasnya hubungan antara St Blaise dan komunitas agama lainnya.

Namun selama abad ke-12 semangat para biarawan mereda, karena perhatian mereka semakin terfokus pada perolehan, pengelolaan, dan eksploitasi perkebunan besar mereka, yang pada abad ke-15 meluas ke seluruh Hutan Hitam dan tidak hanya mencakup biara biara yang disebutkan di atas, tetapi juga biara di Gutnau dan kehidupan Niederrotweil, Schluchsee, Wettelbrunn, Achdorf, Hochemmingen, Todtnau, Efringen, Schönau, Wangen, Plochingen, Nassenbeuren dan banyak lagi lainnya.[1]

Abad 13-17[sunting | sunting sumber]

Batu batas, Bonndorf (1767)

Vogtei (ketuhanan pelindung) yang asli dari Uskup Basle dihilangkan cukup awal: piagam Kaisar Henry V tertanggal 8 Januari 1125 menegaskan bahwa biara tersebut memiliki perlindungan kekaisaran dan pemilihan bebas atas Vogt mereka. Namun demikian, kantor tersebut kemudian menjadi milik Zähringer, dan setelah kepunahan mereka pada tahun 1218, dipegang atas kemauan dan pemberian Kekaisaran di bawah Kaisar Frederick II. Meskipun hal ini mungkin menjaga ikatan tertentu dengan Kaisar, tampaknya tidak diragukan lagi bahwa St Blaise memiliki status "Reichskloster".

Sejak pertengahan abad ke-13, Vögte (ketuhanan yang melindungi) menjadi Habsburg yang hal ini semakin menarik St. Blaise ke dalam lingkup pengaruh Austrian. Namun, ikatan dengan Kekaisaran tetap ada: biara tersebut disebutkan antara tahun 1422 dan 1521 dalam daftar wilayah kekaisaran dan Lingkaran Swabia mencoba dengan sia-sia pada tahun 1549 untuk mengklaim St Blaise sebagai biara kekaisaran. Empat kekuasaan kekaisaran yang diperoleh St Blaise pada akhir abad ke-13 — Blumegg, Bettmaringen, Gutenburg dan Berauer Berg — sebenarnya membentuk inti dari kekuasaan reichsunmittelbar di Bonndorf, dibentuk pada tahun 1609, yang darinya Pangeran-Kepala Biara memperoleh status mereka di Kekaisaran Romawi Suci.[2]

Abad ke-17 – sekarang[sunting | sunting sumber]

Biara ini dibubarkan selama sekularisasi pada tahun 1806 dan bangunan biara tersebut kemudian digunakan sebagai salah satu pabrik mekanis paling awal di Jerman. Namun para biarawan, di bawah kepemimpinan Pangeran-Kepala Biara terakhir Dr Berthold Rottler, menemukan jalan mereka ke St. Biara Paul di Lavanttal di Austria, tempat mereka menetap pada tahun 1809.

Sejak tahun 1934, sisa bangunan telah ditempati oleh perguruan tinggi Jesuit yang terkenal, Kolleg St. Blasien.

"Katedral" St Blaise[sunting | sunting sumber]

Gereja biara terbakar pada tahun 1768, dan dibangun kembali sebagai gereja bundar Neoklasik oleh arsitek Pierre Michel d'Ixnard, dengan kubah besar berukuran lebar 46 meter dan tinggi 63 meter (kubah ketiga -terbesar di Eropa utara Pegunungan Alpen), selama tahun-tahun hingga 1781 di bawah Pangeran-Kepala Biara Martin Gerbert. Ia ditahbiskan pada tahun 1784.[3]

Bangunan ini tetap bernama Dom St Blasius, atau "Katedral St Blaise" (disebut demikian karena ukuran dan kemegahannya, bukan karena merupakan katedral dalam pengertian gerejawi atau administratif). Dom dengan tepat menunjukkan atau berarti gereja penting (sebagai gereja utama di suatu kota), bukan katedral (kursi uskup), Kathedrale dalam bahasa Jerman. Dampak bencana kebakaran lainnya pada tahun 1874 baru dapat diatasi pada tahun 1980an.

Gallery[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Dom St. Blaise. Zur Geschichte des Doms.
  2. ^ Dom St Blaise. Zur Geschichte des Doms.
  3. ^ Johann Baptist Weiß Festrede, gehalten am 8. Tage der Feierlichkeiten bei Einweihung der neuen Kirche zu St. Blasien. Gallen, 1784 (Pidato resmi disampaikan pada hari ke-8 perayaan pentahbisan gereja baru di St. Blasien)