Hutan Hitam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Woods and pastures of the High Black Forest near Breitnau

Hutan Hitam (bahasa Jerman: Schwarzwald, bahasa Inggris: black forest) adalah areal hutan yang luas di negara bagian Baden-Württemberg di barat daya Jerman. Hutan ini dikelilingi oleh Lembah Rhein dari bagian barat sampai selatan. Puncak tertingginya berada di Feldberg dengan ketinggian 1.493 m. Wilayahnya berbentuk segitiga dengan panjang 160 km (99 mi) dan lebar mencapai 60 km. Tempat ini disebut hutan hitam karena di siang hari hutan ini suasananya masih gelap.

Kawasan Schwarzwald mengelilingi kota-kota di Jerman[1] yang berbatasan dengan Swiss dan Prancis, seperti: Triberg, Baden-Baden, Freiburg, Gengenbach, Calw, dan masih banyak lagi. Kota Triberg memiliki jam kukuk (cuckoo) terbesar di dunia dan air terjun yang tertinggi di Jerman. Berdasarkan cerita jam kukuk pertama dibuat oleh Franz Anton Ketterer pada tahun 1730. Dia adalah seorang pembuat jam yang tinggal di sebuah desa dekat kota Triberg.

Kealamiannya yang belum tereksploitasi oleh manusia yang membuat Schwarzwald menjadi salah satu destinasi wisata tujuan bagi turis yang mengunjungi Jerman.

Taman Alam[sunting | sunting sumber]

Schwarzwald terdiri atas dua taman alam yaitu Schwarzwald Naturpark Mitte/Nord seluas 375.000 hektar di bagian utara dan Sudschwarzwald Naturpark seluas 370.000 hektar di bagian selatan. Keduanya memiliki titik temu di kota Triberg.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ShortCuts, Frommer's (2011-12-06). Black Forest (Schwarzwald), Germany: Frommer's ShortCuts (dalam bahasa Inggris). Wiley. ISBN 9781118184981.