Triberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Triberg adalah sebuah kota yang terletak di di bagian selatan (barat daya) Jerman, tepatnya di negara bagian Baden-Wurttemberg. Kota ini berada pada ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut dan berada di barat laut Villingen.

Di kota ini memiliki sebuah kenampakan alam yang dikenal yaitu hutan hitam (bahasa Jerman: Schwarzwald; bahasa Inggris: black forest) yang merupakan salah satu kenampakan alam di negara Jerman. Ini seringkali dikenali sebagai Rimba Hitam. Disebut rimba hitam karena di siang hari hutan ini suasananya masih gelap. Hutan ini memiliki luas 7.500 km2 dengan panjang 150 kilometer dan lebar 50 kilometer.

Kota Triberg memiliki jam kukuk (cuckoo) terbesar di dunia. Berdasarkan cerita yang berkembang, jam kukuk pertama dibuat oleh Franz Anton Ketterer pada tahun 1730. Dia adalah seorang pembuat jam yang tinggal di sebuah desa dekat kota Triberg. Jam yang dibuatnya terinspirasi oleh suara orgel dari gereja desa. Selain itu Ketterer menggunakan pipa orgel untuk menghasilkan suara yang mirip dengan burung kukuk yang dipasang di jam. 

Selain itu, Triberg juga memiliki air terjun yang dikenal sebagai air terjun tertinggi di Jerman. Air terjun ini bernama Gutacher (Gutacher Wasserfall).[1] Tinggi dari air terjun ini mencapai 162 meter. Keberadaan air terjun ini begitu menakjubkan karena pemandangan alam yang ada di sekitarnya.

Taman Alam Schwarzwald[sunting | sunting sumber]

Schwarzwald berada di sepanjang aliran sungai Rhine.[2] Schwarzwald terletak Kawasan ini membentang sejauh 150 kilometer yang terdiri atas kawasan hutan dan pegunungan. Hutan ini terdiri atas pepohonan pinus dan cemara yang tumbuh tinggi sampai puluhan meter. Hutan ini sangat lebat, sehingga menyebabkan tidak ada sinar matahari yang mampu menembusnya sehingga suasananya selalu gelap dan terciptalah sebutan rimba hitam (Schwarzwald). Schwarzwald merupakan sebuah area hutan yang luas yang mengelilingi kota-kota di Jerman[3] yang berbatasan dengan Swiss dan Prancis, seperti: Triberg, Baden-Baden, Freiburg, Gegenbach, Calw, dan masih banyak lagi. Kealamiannya yang belum tereksploitasi oleh manusia yang membuat Schwarzwald menjadi salah satu destinasi wisata tujuan bagi turis yang mengunjungi Jerman.

Schwarzwald terdiri atas dua taman alam yaitu Schwarzwald Naturpark Mitte/Nord seluas 375.000 hektar di bagian utara dan Sudschwarzwald Naturpark seluas 370.000 hektar di bagian selatan. Keduanya memiliki titik temu di kota Triberg. Keduanya dipisahkan oleh lembah Kinzig yang membentang dari Offenburgh hingga Alpirsbach.

Schwarzwald semakin dikenal karena tulisan yang ditulis oleh Grimm bersaudara. Keduanya merupakan novelis yang sering menggunakan Schwarzwald sebagai salah satu latar belakang ceritanya. Mereka berdua menceritakan tempat ini sebagai sarang makhluk mitologi seperti penyihir, kurcaci, manusia serigala, dan lain sebagainya.[4]

Di Triberg juga memiliki museum Schwarzwald yang menyajikan tentang sejarah dan kehidupan masa lampau di kota Triberg utamanya yang hubungan dengan kebudayan di sekitar Schwarzwald.[5] Museum ini terletak di pusat kota dan bisa dijangkau langsung dari air terjun Gutacher yang terkenal akan tingginya. Letaknya ada di pintu masuk di bawah air terjun. Di sekitar air terjun dan pusat kota tersedia banyak toko yang menawarkan berbagai kerajinan kayu dan souvenir yang merupakan hasil setempat. Produk ini memiliki sebagian besar memiliki kualitas yang tinggi.

Schwarzwald yang dalam bahasa Inggris disebut black forest juga memiliki makanan khas yaitu kue blackforest sebagaimana yang sudah terkenal hingga ke seluruh penjuru dunia.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ McLachlan, Gordon (2004). The Rough Guide to Germany (dalam bahasa Inggris). Rough Guides. ISBN 9781843532934. 
  2. ^ Schwarzwald: Ansichten und Einblicke (dalam bahasa Inggris). DRW. 2007. 
  3. ^ ShortCuts, Frommer's (2011-12-06). Black Forest (Schwarzwald), Germany: Frommer's ShortCuts (dalam bahasa Inggris). Wiley. ISBN 9781118184981. 
  4. ^ Bekker, Henk (2005). Adventure Guide Germany (dalam bahasa Inggris). Hunter Publishing, Inc. ISBN 9781588435033. 
  5. ^ "Home". www.schwarzwaldmuseum.de (dalam bahasa British English). Diakses tanggal 2017-12-13.