Biara Rein, Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Rein, fasad Barat dari gereja basilika biara

Biara Rein (Jerman: Stift Rein) adalah sebuah kompleks biara Katolik yang dikelola oleh ordo Sistersien di Rein dekat Gratwein, Styria, di Austria. Juga dikenal sebagai "Tempat Kelahiran Styria" ("Wiege der Steiermark"), biara ini adalah komunitas Sistersien tertua yang masih ada di dunia.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Biara ini didirikan pada tahun 1129 oleh Margrave Leopold the Strong dari Styria dan dihuni oleh para biarawan dari Biara Ebrach di Bavaria di bawah kepala biara pertama, Yang Mulia Abbas Gerlacus. Itu adalah biara Sistersien ke-38 yang didirikan. 37 biara sebelumnya semuanya telah dibubarkan, menjadikan Rein sebagai biara Sistersien tertua yang masih ada di dunia. Biara tersebut tetap menjadi komunitas Sistersien sejak saat itu di lokasi yang sama, kecuali selama pengasingan sementara selama beberapa tahun selama Perang Dunia II ketika tempat tersebut disita oleh Nazi dan para biarawan diusir sampai mereka dapat kembali pada tahun 1945.

Rein adalah rumah induk Biara Wilhering dekat Linz pada tahun 1146, dan kemudian Biara Stična dan Biara Neukloster.

Pada tanggal 19 September 1276, biara ini menjadi lokasi pengambilan Sumpah Rein (Jerman: Der Reiner Schwur), ketika bangsawan Styrian dan Carinthian berjanji setia kepada Rudolf dari Habsburg, Raja Romawi, sehingga memajukan pendirian Habsburg sebagai penguasa Austria dan berakhirnya pemerintahan Raja Ottokar II dari Bohemia.

Dari tahun 1950 hingga 1990 komunitas di Rein juga menampung para Cistercian yang diasingkan dari Biara Hohenfurt di bekas Cekoslowakia, dan pada waktu itu dikenal sebagai Biara Rein-Hohenfurt, hingga para biarawan Ceko akhirnya dapat kembali ke biara yang dibuka kembali di Republik Ceko sekarang, sekarang Biara Vyšší Brod.

Biara ini juga menampung kelas-kelas yang melimpah dari Gymnasium setempat dari tahun 1950-an hingga 1970-an, dan meminjamkan sebagian bangunan tambahannya untuk digunakan oleh Institut für künstlerische Gestaltung, bagian dari Technische Universität Graz. Pada tahun 2014, Biara telah meminjamkan sebagian bangunan tambahannya kepada Bundesgymnasium Rein.

Bangunan[sunting | sunting sumber]

Jendela Kapel Salib Gotik

Gereja biara dan bangunan konventual berasal dari Romawi. Pada awal abad ke-17, peningkatan jumlah memerlukan perluasan bangunan konventual. Perubahan tersebut, termasuk pembangunan kembali biara lama, dilakukan antara tahun 1629 dan 1632 oleh arsitek Bartholomäus di Bosio, yang membangun Neues Konvent dengan halaman dan arkade Renaisans .

Di bawah Kepala Biara Placidus Mailly (1710-1745) diputuskan untuk memperbarui gereja dengan gaya Barok. Karya tersebut, oleh pembangun istana Johann Georg Stengg dari Graz, diselesaikan antara tahun 1738 dan 1747. Lukisan-lukisan dinding, yang berasal dari tahun 1766, dibuat oleh Josef Adam von Mölk, dan lukisan di altar tinggi (dari Adoration of the Shepherds) tahun 1779, oleh Martin Johann Schmidt. Sejak tahun 1786 gereja biara juga menjadi gereja paroki. Itu diangkat menjadi basilika minor oleh Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1979.

Bangunan-bangunan tersebut rusak akibat banjir besar pada tahun 1975.

Pada musim panas tahun 2006 selama pekerjaan restorasi di kapel paduan suara Barok, penggalian arkeologis dilakukan oleh tim dari Universitas Graz, dan fondasi bekas rumah kapitel bergaya Romawi ditemukan, serta sejumlah kuburan, termasuk makam pendirinya, Margrave Leopold I dari Styria. Mantan sakristi Barok didedikasikan oleh kepala biara sebagai Kapel Wanita pada tanggal 4 Februari 2007, sejak madonna tertua biara ditempatkan di sini.

Kapel Salib Gotik, dibangun pada tahun 1406–1409, memperingati Santo Eberhard dari Salzburg, yang meninggal di Rein pada tanggal 22 Juni 1164.

Fitur penting lainnya termasuk galeri kepala biara, yang berisi potret semua kepala biara dari tahun 1129 dan seterusnya, gereja St. Ulrich, makam Margrave Ottakar III dari Styria (putra pendiri), dan monumen Ernest, Adipati Austria (w. 1424).

Perpustakaan[sunting | sunting sumber]

Perpustakaan biara, yang terdiri lebih dari 100.000 item, berisi antara lain 390 manuskrip dan 150 incunabula, yang paling terkenal adalah fragmen Parzival abad ke-13.

Komunitas[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2007 komunitas ini terdiri dari sepuluh biarawan dan kepala biara, Petrus Steigenberger, yang merupakan kepala biara ke-56 sejak pendiriannya. Pada tahun 2014 komunitas ini terdiri dari enam belas biarawan dan kepala biara, Christian Feurstein, yang merupakan kepala biara ke-57 sejak pendiriannya.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 47°08′16″N 15°16′58″E / 47.13778°N 15.28278°E / 47.13778; 15.28278