Biara Břevnov

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Biara Břevnov
Břevnovský Benedict, Anno 993

Biara Břevnov (bahasa Ceska: Břevnovský klášter, Jerman: Stift Breunau) adalah sebuah kompleks biara agung dan basilika Katolik yang dikelola oleh Benediktin di distrik Břevnov di Praha, ibu kota Republik Ceko. Didirikan oleh Santo Adalbert, Uskup Praha kedua, pada tahun 993 M dengan dukungan Adipati Bohemia Boleslaus II. Biara laki-laki Benediktin pertama di Bohemia, juga memiliki tradisi tertua dalam pembuatan bir di Republik Ceko.[1] Pembuatan bir terhenti beberapa kali di sejarah, namun hingga saat ini, Pabrik Bir Biara Břevnov membuat birnya di sini.[2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Biara ini didirikan pada tahun 993 oleh Adalbert dari Praha. Adalbert dari Praha meninggalkan Bohemia pada tahun 994 karena berselisih dengan penguasa. Dorongan baru datang dengan Adipati Ceko Bretislav I yang memulai pembangunan gereja batu dan mengelola sisa-sisa biara Gunther dari Bohemia, biarawan dari Biara Niederaltaich di Bavaria. Biara berbakti didirikan di Broumov dan Polisi di Bohemia utara.

Selama Perang Hussite pada tahun 1420-an, kepala biara dan biara melarikan diri ke Broumov dan seluruh biara termasuk tempat pembuatan bir hampir hancur. Setelah Perang Tiga Puluh Tahun, pembangunan kompleks biara Barok telah dilaksanakan di bawah pimpinan Kepala Biara Othmar Daniel Zinke pada tahun 1708–1740 sesuai dengan rencana yang dirancang oleh Christoph Dientzenhofer. Bagian dalam bangunan, termasuk gereja St Margaret, bangunan konventual, dan rumah prelatus dirancang oleh putranya Kilian Ignaz Dientzenhofer, dengan altar karya Petr Brandl, lukisan langit-langit karya Cosmas Damian Asam dan pekerjaan plesteran oleh saudaranya Egid Quirin Asam. Pada saat yang sama, produksi bir tahunan mencapai 5.000 hl. Tempat pembuatan bir ditutup pada tahun 1889 terutama karena kapasitas ruang bawah tanah yang tidak mencukupi.

Setelah Pendudukan Jerman di Cekoslowakia pada tahun 1938, biara tersebut direbut oleh pasukan Wehrmacht selama Perang Dunia II dan akhirnya diambil alih oleh pemerintah Komunis Cekoslowakia pada tahun 1950. Kepala Biara Anastáz Opasek (1913–1999 ) dihukum karena pengkhianatan tingkat tinggi dan spionase dalam pertunjukan persidangan, biara dibubarkan dan biarawan yang tersisa dideportasi, jika mereka tidak melarikan diri ke Bavaria Braunau di Biara Rohr yang didirikan kembali oleh saudara Broumov mereka pada tahun 1946.

Kompleks ini digunakan hingga tahun 1990 oleh StB, setelah Revolusi Beludru, diperbaiki secara menyeluruh dari tahun 1991 hingga peringatan 1000 tahunnya pada tahun 1993. Pada tahun 1997 dikunjungi oleh Paus Yohanes Paulus II dan diangkat ke pangkat Archabbey.

Biara ini menjadi basis Red Rose Mansion (2005) dalam serial anime/manga terkenal Naoki Urasawa Monster. Sejak tahun 2011, Biara Břevnov Pabrik Bir (Břevnovský klášterní pivovar) melanjutkan tradisi produksi bir, mereka membuat bir dengan merek Břevnovský Benedict.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 50°05′04″N 14°21′25″E / 50.08444°N 14.35694°E / 50.08444; 14.35694