Peperangan Husite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Perang Hussite)
Peperangan Husite

Jan Žižka dengan seorang pendeta Husite mengamati kota Praha setelah Pertempuran Bukit Vítkov
Tanggal30 Juli 1419 – 30 Mei 1434
LokasiEropa Tengah, mayoritas di Wilayah Mahkota Bohemia
Hasil

Kemenangan kaum Husite[1]

Pihak terlibat

Husite(1419-1423)


Husite Radikal
(1423-1434)


Keharyapatihan Lituania

Didukung oleh:
Kerajaan Polandia

Gereja Katolik
Kekaisaran Romawi Suci

Kerajaan Hungaria
Negara Gereja
Ordo Malta
Ordo Teutonik
Kerajaan Inggris Kedespotan Serbia


Huiste Modern (Utraquisme)(1423-1434)

Tokoh dan pemimpin

Peperangan Husite, juga disebut Peperangan Bohemia atau Revolusi Husite, adalah konflik yang berlangsung antara kelompok Husite melawan raja-raja Eropa yang ingin memaksakan wewenang Gereja Katolik Roma atas kaum Husite; berbagai faksi Husite juga saling berseteru, terutama kelompok Utraquis yang menentang Husite bersama dengan orang Katolik. Perang ini berlangsung dari tahun 1419 hingga tahun 1434.

Sebagian besar populasi Ceko di Kerajaan Bohemia merupakan pengikut Husite dan mereka menjadi kekuatan militer yang besar. Mereka berhasil mengalahkan lima perang salib yang diproklamirkan oleh Paus pada tahun 1420, 1421, 1422, 1427, dan 1431. Mereka juga melakukan intervensi di negara-negara tetangga. Peperangan Husite juga dikenal karena menjadi salah satu contoh pertama penggunaan senjata api berupa meriam tangan.

Perang berakhir setelah tahun 1434 ketika faksi Utraquis yang moderat dalam kelompok Husite mengalahkan faksi Taborite yang radikal. Kelompok Husite menyatakan kesediaannya untuk tunduk kepada Raja Bohemia dan Gereja, tetapi tetap diperbolehkan menjalankan ritus yang agak berbeda.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Reeves, Michael, and Mark Dever. The Unquenchable Flame: Discovering the Heart of the Reformation. Nashville, TN: B & H Academic, 2010. Print.

Bacaan lanjut[sunting | sunting sumber]