Betet alap-alap

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kakatua mini
Nymphicus hollandicus

A male cockatiel.
A female cockatiel.
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22684828
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPsittaciformes
FamiliCacatuidae
GenusNymphicus
SpesiesNymphicus hollandicus
Kerr, 1792
Tata nama
Sinonim taksonPsittacus hollandicus Kerr, 1792

Leptolophus hollandicus

Distribusi

Red: all-year resident
EndemikAustralia

Betet alap-alap, kakatua mini ( /ˌkɒkəˈtl/ ; [2] Nymphicus hollandicus ), juga dikenal sebagai weero / weiro [3] [4] atau quarrion, [5] [6] [7] adalah [8] burung bayan berukuran sedang yang merupakan anggota dari cabang keluarga kakatua endemik Australia . Mereka dihargai sebagai hewan peliharaan rumah tangga dan burung nuru pendamping di seluruh dunia dan relatif mudah berkembang biak dibandingkan dengan burung beo lainnya. Sebagai burung piaraan, Betet alap-alap memiliki popularitas kedua setelah budgerigar . [9]

Betet alap-alap adalah satu-satunya anggota genus Nymphicus . Sebelumnya tidak jelas apakah Betet tersebut adalah betet jambul atau kakatua kecil; namun, penelitian molekuler yang lebih baru telah memasukkannya ke dalam subfamilinya sendiri, Nymphicinae . Oleh karena itu, kini diklasifikasikan sebagai subfamili terkecil dari Cacatuidae (keluarga kakatua). Betet alap-alap adalah hewan asli Australia, menyukai lahan basah, semak belukar, dan semak belukar Australia.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Jambul khas betet alap-alap mengekspresikan keadaan emosional hewan tersebut. Jambulnya akan menegak ketika ia terkejut atau bersemangat, agak miring dalam keadaan netral atau santai, dan rata di dekat kepala ketika hewan itu marah atau membela diri. Jambulnya juga dibuat rata tetapi menonjol keluar di bagian belakang ketika betet alap-alap mencoba tampil memikat atau genit. Saat betet alap-alap lelah, jambulnya terlihat berada setengah ke atas, dengan ujung jambul biasanya melengkung ke atas.[10] Berbeda dengan kebanyakan kakatua, betet alap-alap memiliki bulu ekor yang panjang kira-kira setengah dari panjang totalnya.

Bulu betet alap-alap secara normal atau "tipe liar" sebagian besar berwarna abu-abu dengan kilatan putih menonjol di tepi luar setiap sayap. Wajah jantan berwarna kuning atau putih, sedangkan wajah betina sebagian besar berwarna abu-abu atau abu-abu muda, [11] dan kedua jenis kelamin memiliki area oranye bulat di kedua telinga, sering disebut sebagai "pipi kuning keju cheddar". Warna jingga ini umumnya cerah pada jantan dewasa, dan seringkali tidak terlihat pada betina. Atraksi pemikatan visual sering kali dapat dilakukan dengan varian burung ini.

Betet alap-alap adalah burung yang relatif vokal, panggilan jantannya lebih bervariasi dibandingkan betina. Betet alap-alap dapat diajari untuk menyanyikan melodi tertentu, sampai-sampai beberapa Betet alap-alap telah ditunjukkan menyelaraskan melodi mereka dengan nyanyian manusia, [12] dan mengucapkan banyak kata dan frasa. Mereka juga belajar meniru suara manusia atau lingkungan tertentu tanpa diajari cara melakukannya.[13]

Dimorfisme seksual[sunting | sunting sumber]

Sebagian besar anakan dan remaja liar terlihat seperti betina, dan hampir tidak dapat dibedakan dari saat menetas hingga pergantian kulit pertama mereka. Mereka menampilkan garis-garis atau garis-garis kuning horizontal pada permukaan ventral bulu ekornya, bintik-bintik kuning pada permukaan ventral bulu terbang utama sayapnya, jambul dan muka berwarna abu-abu, dan bercak oranye kusam di setiap pipinya. Namun beberapa mutasi modern memiliki hubungan seks dan anak jantan dan betina mudah dibedakan begitu bulunya sudah tumbuh.

Betet alap-alap dewasa dengan warna umum (tubuh abu-abu dengan kepala kuning) bersifat dimorfik seksual, meskipun tingkatnya lebih rendah dibandingkan banyak spesies burung lainnya. Hal ini hanya terlihat setelah pergantian kulit pertama, biasanya terjadi sekitar enam hingga sembilan bulan setelah menetas: jantan kehilangan garis putih atau kuning dan bintik-bintik di bagian bawah bulu ekor dan sayapnya. Bulu abu-abu di pipi dan jambulnya digantikan oleh bulu kuning cerah, sedangkan pipi oranye menjadi lebih cerah dan berbeda. Wajah dan jambul betina biasanya sebagian besar berwarna abu-abu dengan semburat kekuningan, dan bercak oranye di pipi yang kurang cerah. Selain itu, betina biasanya mempertahankan garis horizontal di bagian bawah bulu ekornya.

Warna pada Betet alap-alap berasal dari dua pigmen : melanin (yang memberikan warna abu-abu pada bulu, mata, paruh, dan kaki), dan psittacofulvins (yang memberikan warna kuning pada wajah dan ekor serta warna oranye pada bagian pipi. ). Warna abu-abu dari melanin menggantikan warna kuning dan oranye dari psittacofulvin ketika keduanya ada.

Kandungan melanin menurun pada wajah jantan saat dewasa, sehingga psittacofulvin kuning dan oranye lebih terlihat, sedangkan peningkatan kandungan melanin pada ekor menyebabkan hilangnya garis kuning horizontal pada ekor.

Selain ciri-ciri yang terlihat ini, vokalisasi pejantan dewasa biasanya lebih keras dan lebih kompleks dibandingkan vokalisasi betina.

Mutasi warna[sunting | sunting sumber]

Di seluruh dunia saat ini terdapat 22 mutasi warna Betet alap-alap yang terjadi dalam budidaya burung, delapan di antaranya eksklusif di Australia. Mutasi di penangkaran muncul dalam berbagai warna, beberapa di antaranya sangat berbeda dari yang terlihat di alam. Betet alap-alap liar berwarna abu-abu dengan perbedaan yang terlihat jelas antara jantan dan betina. Betet alap-alap kelabu jantan biasanya memiliki kepala berwarna kuning sedangkan betina memiliki kepala berwarna abu-abu. Remaja cenderung terlihat seperti betina dengan paruh berwarna merah muda. Mutasi warna belang belang pertama kali muncul di California pada tahun 1949. Mutasi ini berupa bercak warna pada burung yang berwarna solid. Misalnya, ini mungkin tampak sebagai bercak abu-abu pada Betet alap-alap kuning.

Pewarnaan Lutino pertama kali terlihat pada tahun 1958. Burung-burung ini tidak memiliki warna abu-abu seperti burung liar lainnya dan berwarna putih hingga kuning lembut. Ini adalah warna yang populer; karena perkawinan sedarah, betet alap-alap ini sering kali memiliki botak kecil di belakang jambulnya. Mutasi kayu manis, yang pertama kali terlihat pada tahun 1950an, sangat mirip dengan warna abu-abu; Namun, burung ini mempunyai warna yang lebih hangat dan coklat. Pearling pertama kali terlihat pada tahun 1967. Ini terlihat sebagai bulu dengan satu warna dengan warna tepi berbeda, seperti bulu abu-abu dengan ujung kuning. Pola khas ini terdapat pada sayap atau punggung burung. Mutasi warna albino adalah kurangnya pigmen. Burung ini berwarna putih dengan mata merah. Betet alap-alap putih kusam pertama kali muncul sekitar tahun 1970-an. Mutasi ini terlihat pada burung dengan warna kayu manis dengan bagian kuning.

Mutasi warna Betet alap-alap bisa menjadi lebih kompleks karena seekor burung dapat mengalami banyak mutasi warna. Misalnya, Betet alap-alap lutino kuning mungkin memiliki bintik-bintik putih seperti mutiara di punggung dan sayapnya. Ini adalah mutasi ganda. Contoh mutasi empat kali lipat adalah Betet alap-alap kayu manis dengan warna muka kuning dengan tanda mutiara dan bercak belang.[14]

Berkembang biak dan masa hidup[sunting | sunting sumber]

Pembiakan dipicu oleh curah hujan musiman. Betet alap-alap bersarang di lubang pohon dekat sumber air tawar, sering kali memilih pohon eukaliptus/getah. Burung betina bertelur 4-7 butir, satu butir setiap dua hari sekali, yang diinkubasinya selama 17–23 hari. Anakan menjadi dewasa setelah 5 minggu.[15] Betet alap-alap dalah satu-satunya spesies kakatua yang dapat bereproduksi pada akhir tahun pertama.

Rentang hidup rata-ratanya adalah 12 hingga 15 tahun, [16] meskipun di penangkaran dan dalam kondisi kehidupan yang sesuai, seekor Betet alap-alap diperkirakan dapat hidup antara 16 hingga 25 tahun.[17] Spesimen Betet alap-alap tertua yang masih hidup dan terkonfirmasi dilaporkan berusia 36 tahun.[18]

Distribusi dan habitat[sunting | sunting sumber]

Betet alap-alap berasal dari Australia, di mana mereka banyak ditemukan di negara kering atau semi-kering tetapi selalu dekat dengan air. Sebagian besar bersifat nomaden, spesies ini akan berpindah ke tempat di mana makanan dan air tersedia. [19] Mereka biasanya terlihat berpasangan atau dalam kelompok kecil. [19] Terkadang, ratusan orang berkumpul di sekitar satu perairan. Betet alap-Lap liar biasanya memakan biji-bijian, terutama Akasia, gandum, bunga matahari, dan Sorgum . [20] Banyak petani yang kecewa karena mereka sering memakan tanaman budidaya. Betet alap-alap dapat diamati di dan sekitar bagian barat New South Wales dan Queensland, Alice Springs, wilayah Kimberley dan sudut barat laut Australia Barat . Mereka tidak terdapat di sudut barat daya dan tenggara negara yang paling subur, gurun terdalam di Australia Barat, dan Semenanjung Cape York .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2018). "Nymphicus hollandicus". 2018: e.T22684828A132056250. doi:10.2305/IUCN.UK.2018-2.RLTS.T22684828A132056250.en. 
  2. ^ "cockatiel". Collins English Dictionary (edisi ke-13th). HarperCollins. 2018. ISBN 978-0-008-28437-4. 
  3. ^ Australia, HarperCollins Publishers (1985). Australia's Amazing Wildlife (dalam bahasa Inggris). Bay Books. ISBN 978-0-85835-830-0. 
  4. ^ Gray, Jeannie; Fraser, Ian (2013-05-15). Australian Bird Names: A Complete Guide (dalam bahasa Inggris). Csiro Publishing. ISBN 978-0-643-10470-9. 
  5. ^ Esser, A. (2012-12-06). Behavior and Environment: The Use of Space by Animals and Men (dalam bahasa Inggris). Springer Science & Business Media. ISBN 978-1-4684-1893-4. 
  6. ^ Pizzey, G.; Doyle, R. (1980). A Field Guide to the Birds of Australia. Sydney: Collins Publishers. hlm. 177. ISBN 073222436-5. 
  7. ^ "8 Best Medium-Sized Pet Bird Species". The Spruce Pets (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-03. 
  8. ^ "8 Best Medium-Sized Pet Bird Species". The Spruce Pets (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-03. 
  9. ^ "Factsheets:Cockatiel". Australian Museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-13. Diakses tanggal 2008-08-30. 
  10. ^ "How to Understand a Cockatiel by His Crest". PetHelpful (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-08-22. 
  11. ^ Chua, Alex (25 August 2021). "How to Identify A Cockatiel's Gender". Clever Pet Owners. Clever Pet Owners. Diakses tanggal 2 December 2021. 
  12. ^ seki, Yoshimasa (3 September 2021). "Cockatiels sing human music in synchrony with a playback of the melody". PLOS ONE. 16 (9): e0256613. Bibcode:2021PLoSO..1656613S. doi:10.1371/journal.pone.0256613. PMC 8415583alt=Dapat diakses gratis Periksa nilai |pmc= (bantuan). PMID 34478436 Periksa nilai |pmid= (bantuan). 
  13. ^ birdy (2022-05-28). "How to Get a Cockatiel to Like You [Proven Tips]". birdsology (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-05-13. 
  14. ^ Grindol, Diane (1998-07-20). The Complete Book of CockatielsPerlu mendaftar (gratis). Wiley. ISBN 978-0-87605-178-8. 
  15. ^ "Nymphicus hollandicus (Cockatiel)". 
  16. ^ Pollock, Christal (2012). "Basic Information Sheet: Cockatiel". LafeberVet. Diakses tanggal June 26, 2023. 
  17. ^ Eleanor McCaffrey. "Cockatiels 101". cockatielcottage.net. 
  18. ^ Brouwer, K.; Jones, M.L.; King, C.E.; Schifter, H. (2000). "Longevity records for Psittaciformes in captivity". International Zoo Yearbook. 37 (1): 299–316. doi:10.1111/j.1748-1090.2000.tb00735.x. 
  19. ^ a b "Factsheets:Cockatiel". Australian Museum. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-06-13. Diakses tanggal 2008-08-30. 
  20. ^ "COCKATIEL (Nymphicus hollandicus)". World Parrot Trust. Diakses tanggal 7 March 2022.