Beta tertutup

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Beta Tertutup (atau disebut juga sebagai Closed Beta) adalah istilah yang umum digunakan dalam industri game. Istilah ini merujuk pada tahap pengembangan suatu game atau aplikasi terbaru dimana hanya sejumlah kecil orang yang diundang untuk mencobanya.

Pada tahap ini, game atau aplikasi tersebut masih berada dalam tahap pengujian. Pengembang ingin mendapatkan masukan dan umpan balik dari para pemain terpilih dalam melakukan pengujian guna memperbaiki permainan sebelum benar-benar dirilis ke publik.

Ini adalah Tahap pengujian yang lebih lanjut, setelah pengujian oleh tim pengembang dilakukan di Tahap Alpha. Pada tahap Closed Beta ini, para pemain yang terpilih ini diharapkan dapat memberikan masukan dan umpan balik mengenai gameplay, keseimbangan permainan, bug dan masalah teknis lainnya yang mungkin ditemui saat bermain.

Dalam tahap Closed Beta, hanya sejumlah kecil orang yang diundang. Biasanya, mereka yang diundang adalah komunitas gamer yang gemar dengan genre game yang sama atau orang-orang yang telah mendaftar terlebih dahulu pada situs resmi game tersebut. Pada waktu tertentu, pengembang game dapat membuka pendaftaran untuk orang lain untuk bergabung dengan Closed Beta test.

Selain untuk mendapatkan umpan balik, tahap Closed Beta ini bisa menjadi momentum yang baik bagi para gamer untuk mencoba permainan terbaru yang belum dapat diakses oleh masyarakat umum. Namun, sebagian orang menganggap bahwa tahap Beta Tertutup ini adalah cara pengembang game untuk menciptakan hype (sensasi) dan membuat orang semakin penasaran mengenai game tersebut.

Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa tahap Closed Beta ini mempunyai manfaat yang baik, terutama untuk pengembang. Karena saat ini masih dalam tahap pengembangan, sehingga para pengguna yang didaftarkan dalam tahap Closed Beta harus menandatangani perjanjian kerahasiaan sehingga tidak memberitahukan informasi penting mengenai game tersebut kepada publik. Berkat ini, pengembang dapat memperbaiki masalah game atau aplikasi tersebut sebelum benar-benar dirilis ke publik.

Jadi, tahap Closed Beta mempunyai peran penting dalam pengembangan dan pengujian game atau aplikasi yang nantinya akan dirilis ke publik. Bagi gamer yang beruntung bisa bergabung dalam tahap ini, mereka bisa mendapatkan kesempatan terlebih dahulu mencoba permainan terbaru dan membantu pengembang membuat perubahan yang lebih baik pada permainan.