Berliner Maschinenbau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Plat perusahaan pada sebuah lokomotif uap
Lokomotif uap Maschinenfabrik L. Schwarzkopff DT-N 2 0-8-0 bersepur sempit.
Lokomotif 01 1066 di Koblenz

Berliner Maschinenbau AG dulunya adalah sebuah produsen lokomotif asal Jerman.

Perusahaan ini didirikan oleh Louis Victor Robert Schwartzkopff pada tanggal 3 Oktober 1852 dengan nama Eisengießerei und Maschinen-Fabrik von L. Schwartzkopff di Berlin.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Perusahaan ini didirikan pada tanggal 3 Oktober 1852 dengan nama Eisengießerei und Maschinen-Fabrik von L. Schwartzkopff di Berlin oleh Louis Victor Robert Schwartzkopff. Pasca kebakaran pada tahun 1860 dan ekspansi pabrik, perusahaan ini mulai memproduksi pemutar rel, sistem air, dan wesel untuk beberapa perusahaan perkeretaapian. Lokomotif pertama buatan perusahaan ini dikirim pada tanggal 1 February 1867 ke Niederschlesisch-Märkische Eisenbahn atau NME. Pada tanggal 1 Juli 1870, perusahaan ini resmi didaftarkan sebagai perseroan terbatas dengan nama Berliner Maschinenbau-Actien-Gesellschaft vormals L. Schwartzkopff, Berlin.[1] Pada tahun 1897, BMAG membuka pabrik kedua di Wildau. Mulai tahun 1899, BMAG juga mulai memproduksi mesin linotype untuk pabrik Mergenthaler di Berlin. Pada tanggal 4 Juli 1907, BMAG mengadakan joint venture dengan Maffei untuk mendirikan Maffei-Schwartzkopff-Werke GmbH di samping pabrik BMAG di Wildau. Perusahaan ini mulai memproduksi lokomotif listrik dan peralatannya pada tahun 1910. Pada tahun 1924, perusahaan ini mulai memproduksi lokomotif diesel. Pada tahun 1932, Maffei-Schwartzkopff-Werke bangkrut.

Pada tahun 1945, pasca kehancuran pabrik akibat Perang Dunia II dan pembongkaran pabrik di Berlin dan Wildau, produksi lokomotif Berliner Maschinenbau akhirnya dihentikan. Pada tanggal 20 September 1945, BMAG mulai memproduksi komponen besi cetak, mesin linotype, dan mesin peniup kaca di bangunan pabrik yang masih tersisa. Pada tahun 1961, BMAG membeli produsen traktor, Moorburger Treckerwerke. Pada tahun 1966, Berliner Maschinenbau digabung dengan Deutsche(n) Industrieanlagen Gesellschaft mbH (DIAG).[2]

Program Lokomotif[sunting | sunting sumber]

Berliner Maschinenbau terlibat dalam produksi lokomotif berikut :

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Aktie der neuen AG aus dem Jahr 1932[pranala nonaktif permanen], bei Effectenwelt, accessed on 13 March 2009
  2. ^ "Bund gegen Böses", Der Spiegel, 13 September (34), hlm. 33, 1966