Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Berjo
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKaranganyar
KecamatanNgargoyoso
Kodepos57793
Luas-
Jumlah penduduk5516 jiwa
Kepadatan-

Berjo adalah sebuah desa di kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Indonesia. Desa ini yang terletak di lereng Gunung Lawu. Desa Berjo memiliki topografi berupa daerah yang tinggi, berada di ketinggian ± 1.500 mdpl, dengan suhu udara rata – rata ± 22 °C sampai dengan 32 °C dan beriklim tropis. Desa Berjo mempunyai luas wilayah 1623,865 Ha dan memiliki batas wilayah sebagai berikut: sebelah utara Desa Berjo dibatasi oleh desa Girimulyo, sebelah timur dibatasi oleh hutan Lawu, sebelah selatan dibatasi oleh kecamatan Tawangmangu, dan sebelah barat dibatasi oleh desa Puntukrejo.

Penggunaan lahan dan wilayah desa Berjo sebagian besar adalah tanah pekarangan yang berupa tegal/kebun yaitu seluas 1.918.650 Ha, dan selebihnya berupa pekarangan/bangunan seluas 817.120 Ha, hutan negara seluas 1.236 Ha, serta tanah sawah dengan irigasi seluas 84 Ha.

Dari hasil data monografi desa tahun 2005, desa Berjo memiliki jumlah penduduk 5516 jiwa, dengan jumlah laki – laki 2769 jiwa dan jumlah perempuan 2747 jiwa.

Mayoritas penduduk desa Berjo bermata pencaharian sebagai petani. Lahan pertanian mereka kebanyakan berupa tegal/kebun yaitu seluas 1.918.650 Ha dan selebihnya berupa tanah sawah yang diolah dengan irigasi. Sektor industri yang menjadi andalan Desa Berjo adalah makanan kecil, minuman instan dan penyulingan cengkih, yang kesemuanya tergolong kedalam industri kecil (rumah tangga).

Desa Berjo memiliki beberapa tempat wisata seperti Candi Sukuh, air terjun Jumog, dan telaga Madigda di lembah Gunung Purung. Desa Berjo terdiri dari beberapa dusun, yaitu: Tagung, Tambak, Berjo, Pabongan, Gandu, Selorejo, Sukuh, Gero, Moroto, Tlogo.

Sukuh[sunting | sunting sumber]

Sukuh adalah nama sebuah dusun di Karanganyar, Jawa Tengah. Tetapi nama lebih dikenal sebagai nama candi peninggalan Hindu. Terletak di lereng barat Gunung Lawu. Secara administrasi masuk wilayah kelurahan Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, provinsi Jawa Tengah. Candi ini berbentuk unik, yaitu piramida terpancung. Wilayah tempat candi ini berada masih sangat alami, dengan pemandangan yang menawan. Di dekat candi Sukuh ini terdapat kawasan wisata yang terkenal seperti air terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Candi Ceto, dan Gunung Lawu sendiri. Hawanya dingin dengan ketinggian 800 m di atas permukaan laut, yang kental dengan nuansa kultur pedesaan.