Benteng Karangbolong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Benteng Karangbolong adalah sebuah benteng yang ada di Desa Tambakreja, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap.[1] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah menetapkan Benteng Karangbolong sebagai salah satu cagar budaya Indonesia. Hal ini berdasarkan usulan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap pada tanggal 23 Oktober 2014. Proses verifikasi selesai pada tanggal 14 November 2018.[2] Benteng Karangbolong merupakan benteng buatan Hindia Belanda yang terletak di bagian ujung timur Pulau Nusakambangan, Jawa Tengah. Pertahanan di Benteng Karangbolong dilengkapi dengan menara napoleon sehingga menjadi benteng yang terkuat di Hindia belanda. Luas Benteng Karangbolong sekitar 12 hektare.[3] Dalam pembagian administratif Indonesia, Lokasi Benteng Karangbolong berdekatan dengan benteng-benteng lainnya. Di sebelah barat Benteng Karangbolong ada Benteng Klingker yang berjarak 1,6 kilometer. Benteng Karangbolong terdiri dari gerbang benteng, bangunan induk, sisa-sisa rumah Belanda dan sebuah benteng kecil buatan Jepang. Pembangunan Benteng Karangbolong diselesaikan pada abad ke-19 Masehi. Benteng Karangbolong dijadikan sebagai pertahanan di sekitar pantai untuk mengamankan area pelabuhan Cilacap dari ancaman musuh yang datang dari laut. Benteng Karangbolong juga berdekatan dengan Benteng Pendem Cilacap. Ketiga benteng ini merupakan bagian dari strategi militer Belanda untuk mempertahankan kekuasaannya di Jawa Tengah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah (2018-05-21). "Benteng Karangbolong, Bukti Cilacap Memegang Peranan Penting". Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. Diakses tanggal 11 Juli 2021. 
  2. ^ "Benteng Karangbolong - Sistem Registrasi Nasional Cagar Budaya". cagarbudaya.kemdikbud.go.id. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2021-07-11. Diakses tanggal 11 Juli 2021. 
  3. ^ "Benteng Karang Bolong – Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata". disporapar.cilacapkab.go.id. Diakses tanggal 11 Juli 2021.