Bendera Curaçao

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Bendera Curaçao

Bendera Curaçao berwarna biru dengan garis kuning melintang di bawah garis tengah dan dua bintang putih berujung lima di kanton. Biru menandakan laut dan langit (bagian bawah dan atas) yang dipotong oleh garis kuning menggambarkan matahari yang menyinari pulau. Dua bintang menggambarkan Curaçao dan Klein Curaçao, tetapi juga 'Cinta & Kesenangan'. Lima ujung pada setiap bintang menandakan lima benua asal penduduk Curaçao.

Menurut Flags of the World, garis melintang memiliki rasio 5:1:2. Bintang-bintangnya memiliki diameter 1/6 dan 2/9 tinggi bendera. Diameter bintang yang kecil 1/6 tinggi bendera dari ujung kiri dan atas, dan diameter bintang besar 1/3 dari ujung kiri dan atas. Warna birunya Pantone 280, dan kuningnya, Pantone 102.

Setelah diambil dari bendera Aruba, Curaçao memperoleh persetujuan bendera pada tahun 1979. 2.000 rancangan dikirim kepada dewan khusus. 10 dipilih dan dewan memutuskan tanggal 29 November 1982. Dengan beberapa pengubahan, bendera disetujui tanggal 2 Juli 1984.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]