Bendera Frisia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bendera Frisia (rasio 9:13; de facto 2:3)

Bendera Frisia (bahasa Belanda: Friese vlag atau vlag van Friesland), adalah bendera resmi provinsi Friesland di Belanda.

Terdiri dari empat garis biru dan tiga garis putih miring; di garis putih terdapat tujuh pompeblêden merah, berbentuk daun hati lili air kuning. Baju klub sepak bola sc Heerenveen dan Blauhúster Dakkapel didesain mengikuti bendera ini.

Simbol[sunting | sunting sumber]

Tujuh pompeblêden merah berarti "negara laut" Frisia pada Abad Pertengahan: daerah independen di sepanjang pantai dari Alkmaar ke Weser yang bersatu melawan Viking. Tidak ada yang namanya tujuh pemimpin, tetapi angka tujuh ini berkonotasi "banyak". Sejumlah sumber mengatakan, memang pernah ada tujuh daratan Frisia: West Friesland, Westergoa, Eastergoa, Hunsingo, Fivelingo, Emsingo, dan Jeverland.

The pompeblêden are used in other related flags such as the flag of the Ommelanden in neighbouring Groningen Province, a historically Frisian area, and for a proposed pan-Frisia flag put forth by the Groep fan Auwerk.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Fryske Flagge oan flaggestok.jpg

Sejak abad ke-11 lambang dengan pompeblêdden sudah ada. Buktinya ada pada kalimat-kalimat di Gudrunlied. Sekitar 1200 lambang Skandinavia memperlihatkan tanda-tanda lili air dan hati, sering ditemukan dalam kombinasi dengan gambar singa.

Buku abad ke-15 mengenai perlambangan memperlihatkan bahwa dua lambang berasal dari lambang yang pertama diciptakan: satu lambang memperlihatkan singa dan tujuh pompeblêdden berubah menjadi kotak-kotak kecil, yang lainnya berupa lambang dengan tujuh lili pada garis.