Ben Sargent

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Ben Sargent (lahir 26 November 1948) adalah pensiunan[1] Amerika kartunis editorial . Dia mulai menggambar kartun editorial untuk Austin American-Statesman pada tahun 1974 dan pensiun pada tahun 2009.[2] kartun miliknya juga didistribusikan secara nasional oleh Universal Press Syndicate.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Sargent lahir di Amarillo, Texas, dalam keluarga surat kabar. Dia mempelajari perdagangan percetakan sejak usia dua belas tahun dan mulai bekerja untuk harian lokal sebagai proof runner pada usia empat belas tahun. Dia kuliah di Amarillo College dan menerima gelar Sarjana Jurnalisme dari Universitas Texas di Austin pada tahun 1970.

Sargent memenangkan Pulitzer Prize for Editorial Cartooning pada tahun 1982. Ia juga menerima penghargaan dari Women in Communications, Inc., Common Cause of Texas, dan Cox Newspapers.

Dia adalah penulis Texas Statehouse Blues (1980) dan Big Brother Blues (1984).

Sargent menikah dengan Diane Holloway, mantan kritikus televisi untuk Austin American-Statesman; Sargent dan Holloway keduanya pensiun dari surat kabar tersebut pada Maret 2009. Mereka memiliki dua anak, Sam dan Elizabeth.

Dalam profil yang diterbitkan di majalah The Good Life edisi Januari 2005, Sargent menyatakan, "Sebagai jurnalis surat kabar, Anda secara profesional berkewajiban untuk bersikap adil, akurat, lengkap, dan seimbang. Namun ada dua halaman di dalamnya bagian belakang kertas di mana kita diwajibkan untuk bersikap adil, akurat dan lengkap—tetapi kita tidak harus 'seimbang'. Saya bukan ahli jajak pendapat. Bagi saya, Anda sebagai jurnalis opini wajib mengekspresikan pandangan Anda, apa pun kondisi politik saat ini. Jika tidak, orang akan berkata, 'Mengapa saya harus membaca pendapat orang ini? katakan? Dia bahkan tidak tahu di mana dia berdiri?' Itu membuat posisi Anda sebagai jurnalis opini tidak berguna."

Referensi[sunting | sunting sumber]

Templat:Daftar ulang

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:PulitzerPrize EditorialKartun 1976–2000

Templat:Kartunis-AS-stub

  1. ^ sargent-on-track-to-restore/nkg9b/ "Pensiunan Kartunis Sesuai Rencana" Periksa nilai |url= (bantuan). 2015-03-28. Diakses tanggal 2015-08-10. 
  2. ^ fulltext/?cid=114871 "Kartunis Pemenang Hadiah Pulitzer Pensiun" Periksa nilai |url= (bantuan). BigCountryhomepage.com. 2009-03-14. Diakses tanggal 29-03-2009.  [pranala nonaktif]