Bejana kacang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bejana kacang berukuran tiga liter, satu liter (antik), dan setengah pint (suvenir)

Bejana kacang adalah wadah yang dalam, berperut lebar, dan berleher pendek yang digunakan untuk memasak hidangan berbahan dasar kacang . Bejana kacang biasanya terbuat dari keramik, meski ada juga yang terbuat dari bahan lain, seperti besi cor . Mulut bejana kacang yang relatif sempit meminimalkan penguapan dan kehilangan panas, sedangkan badannya yang dalam, lebar, dan berdinding tebal memudahkan waktu memasak yang lama dan lambat. [1]

Bejana kacang umumnya diasosiasikan dengan New England, khususnya Boston, Massachusetts . Asosiasi ini terlihat dari julukan Beantown, dan penggunaan nama beanpot untuk acara Boston seperti turnamen hoki es Beanpot . [2]

Bejana kacang menyerupai handi India [3] dan olla Spanyol, Meksiko, atau asli Amerika, [4] dan mungkin terkait dengan wadah yang terakhir.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "How to make the perfect Boston baked beans – recipe | Felicity Cloake's How to make the perfect…". the Guardian (dalam bahasa Inggris). 19 January 2022. 
  2. ^ "Gallery: Boston University wins opening round of Beanpot against Harvard 4-3". Boston Herald. 8 February 2022. 
  3. ^ Heck, Mary-Frances; Gr, Paige; February 21, jean Updated. "How to Get Started with Clay Pot Cooking". Food & Wine (dalam bahasa Inggris). 
  4. ^ "Got an hour? Make these easy chipotle black beans". San Diego Union-Tribune. 12 January 2022.