Bayam tinta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bayam tinta
Phytolacca americana

Tumbuhan
Jenis buahBuah beri
Status konservasi
Tampak aman (TNC)
Taksonomi
DivisiTracheophyta
SubdivisiSpermatophytes
KladAngiospermae
Kladmesangiosperms
Kladeudicots
Kladcore eudicots
OrdoCaryophyllales
FamiliPhytolaccaceae
SubfamiliPhytolaccoideae
GenusPhytolacca
SpesiesPhytolacca americana
Linnaeus, 1753

Phytolacca americana, juga dikenal sebagai pokeweed atau bayam tinta[2], adalah tanaman tahunan herba beracun di keluarga Phytolaccaceae. Tumbuhan ini tumbuh 1 hingga 3 meter (4 hingga 10 ft) .[3] Ini memiliki daun sederhana pada batang hijau sampai merah atau keunguan dan akar tunggang putih besar. Bunganya berwarna hijau sampai putih, diikuti oleh buah beri yang matang melalui warna merah sampai ungu sampai hampir hitam yang merupakan sumber makanan burung pengicau seperti burung kucing abu-abu, ajuk-ajuk penebah coklat, kardinal utara, dan ajuk-ajuk penebah coklat, serta burung lain dan beberapa non kecil. -hewan unggas (yaitu, untuk spesies yang tidak terpengaruh oleh racun mamalianya).

Bayam tinta berasal dari Amerika Utara bagian timur, Madyabarat, dan Selatan, dengan populasi yang lebih tersebar di ujung Barat tempat ia diperkenalkan.[4] Tumbuhan ini juga dinaturalisasi di beberapa bagian Eropa dan Asia. Tumbuhan ini dianggap sebagai Hama oleh petani.[5] Bayam tinta beracun bagi manusia, anjing, dan hewan ternak. Di musim semi dan awal musim panas, pucuk dan daun (bukan akarnya) dapat dimakan dengan pemasakan yang benar[6], tetapi kemudian di musim panas mereka menjadi mematikan, dan buah beri juga beracun. Tumbuhan ini digunakan sebagai tanaman hias dalam hortikultura, dan membangkitkan minat untuk berbagai produk alaminya (racun dan kelas lainnya), untuk peran ekologisnya, peran historisnya dalam pengobatan tradisional, dan untuk beberapa kegunaan dalam penelitian biomedis (misalnya, dalam studi tentang pokeweed mitogen). Di alam liar, mudah ditemukan tumbuh di padang rumput, area yang baru dibuka, dan bukaan Padang tiah, habitat tepi seperti di sepanjang barisan pagar, dan di tanah terlantar.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Bayam tinta adalah anggota keluarga Phytolaccaceae, dan merupakan tanaman tahunan herba besar, [7] tumbuh setinggi 25 meter (82 kaki) selama musim panas. [7] Satu hingga beberapa cabang tumbuh dari mahkota akar tunggang yang tebal, putih, dan berdaging; Michael DK Owen mendeskripsikan cabang-cabangnya sebagai "kokoh, halus, [dan] hijau hingga agak keunguan". Sederhana, seluruh daun dengan tangkai daun panjang disusun bergantian di sepanjang batang. [7]

Bayam tinta berkembang biak hanya dengan bijinya yang besar, hitam mengkilap, berbentuk lensa, yang terkandung dalam buah beri berdaging, bersel 10, berwarna ungu hingga hampir hitam yang memiliki jus merah tua. Bunganya sempurna, simetris radial, putih atau hijau, dengan 4–5 sepal dan tanpa kelopak. Bunga berkembang dalam kelompok memanjang yang disebut tandan . [7] [8] Benih memiliki daya hidup yang lama, mampu berkecambah setelah bertahun-tahun di dalam tanah.

Nutrisi[sunting | sunting sumber]

  Satu porsi bayam tinta 100g mengandung 20 kalori dan 3,1 gram karbohidrat, 1,6 gram gula, 1,5 gram serat makanan, 0,4 gram lemak, 2,3 gram protein, dan merupakan sumber yang kaya akan vitamin A, vitamin B2, vitamin C, vitamin K, dan mangan. Ini mengandung kadar vitamin B1, vitamin B6, zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium yang rendah.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "NatureServe Explorer 2.0". explorer.natureserve.org. 
  2. ^ "Indeks Tanaman". www.socfindoconservation.co.id. Diakses tanggal 2023-07-14. 
  3. ^ "Phytolacca americana (American Pokeweed, Common Pokeweed, Garnet, Pidgeon Berry, Poke, Pokeberry, Pokeweed, Scoke) | North Carolina Extension Gardener Plant Toolbox". 
  4. ^ "Tropicos | Name - Phytolacca americana L. Var. Americana". 
  5. ^ Oneto, Scott (August 15, 2018). "Pokeweed: A giant of a weed!". Agriculture and Natural Resources, University of California. 
  6. ^ "Pokeweed: A giant of a weed!". ANR Blogs. 
  7. ^ a b c d Michael D. K. Owen, 1988, "Pokeweed (Phytolacca americana L.)", Publication Pm-746 of the Iowa State University Extension Service, Ames, IA: Iowa State University, see, accessed 2 May 2015
  8. ^ Each flower has 10 stamens and a 10-cell pistil and gives rise to a 10-celled berry