Ajuk-Ajuk utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ajuk-Ajuk utara
Mimus polyglottos
Rekaman
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22711026
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPasseriformes
FamiliMimidae
GenusMimus
SpesiesMimus polyglottos
Linnaeus, 1758
Tata nama
Sinonim takson
  • Turdus polyglottos Linnaeus, 1758
Distribusi

Kisaran Ajuk-Ajuk utara      Kisaran berkembang biak     Kisaran sepanjang tahun

Ajuk-Ajuk utara (bahasa Latin Mimus polyglottos) adalah salah satu jenis Ajuk-Ajuk yang biasa ditemukan di Amerika Utara. Burung ini sebagian besar merupakan penghuni tetap, tetapi Ajuk-Ajuk utara dapat berpindah ke selatan selama cuaca buruk. Spesies ini jarang diamati di Eropa. Spesies ini pertama kali dideskripsikan oleh Carolus Linnaeus dalam Systema Naturae edisi 1758 ke-10 sebagai Turdus polyglottos. Burung Ajuk-Ajuk utara dikenal karena kemampuan menirunya, sebagaimana tercermin dari arti nama ilmiahnya, "many-tongued thrush". Burung Ajuk-Ajuk utara memiliki bulu bagian atas berwarna abu-abu hingga coklat dan perut yang lebih pucat. Ekor dan sayapnya memiliki bercak putih yang terlihat saat terbang.[2]

Ajuk-Ajuk utara adalah sejenis burung omnivora, memakan serangga dan buah-buahan. Jenis ini sering ditemukan di daerah terbuka dan tepi hutan tetapi mencari makan di tanah berumput. Burung Ajuk-Ajuk utara berkembang biak di Kanada tenggara, Amerika Serikat, Meksiko utara, Bahama, Kepulauan Cayman, dan pulau Antillen Besar. Jenis ini juga digantikan lebih jauh ke selatan oleh kerabat terdekatnya yang masih hidup, burung Ajuk-Ajuk tropis. Ajuk-Ajuk sokorro, spesies yang terancam punah, juga berkerabat dekat, bertentangan dengan pendapat sebelumnya. Burung Ajuk-Ajuk utara terdaftar sebagai yang paling tidak diperhatikan menurut Uni Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN).

Burung Ajuk-Ajuk utara dikenal karena kecerdasannya. Sebuah studi tahun 2009 menunjukkan bahwa burung itu mampu mengenali manusia secara individu, terutama mencatat mereka yang sebelumnya pernah menjadi penyusup atau ancaman.[3] Kemudian spesies burung ini juga mengenali tempat berkembang biak mereka dan kembali ke daerah di mana mereka paling sukses di tahun-tahun sebelumnya. Burung perkotaan lebih cenderung menunjukkan perilaku ini.

Ajuk-Ajuk berpengaruh dalam budaya Amerika Serikat, menjadi burung khas negara bagian dari lima negara bagian, muncul dalam judul buku, lagu, dan lagu pengantar tidur, serta membuat penampilan lain dalam budaya populer.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2017). "Mimus polyglottos": e.T22711026A111233524. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-1.RLTS.T22711026A111233524.en. 
  2. ^ "Northern Mockingbird". All About Birds. 
  3. ^ Wilson, Herb. "Human Face Recognition by Northern Mockingbirds; "Wealthy" Song Sparrows – Maine Birds" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-02-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]