Basilika Santo Yulianus, Brioude

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Yulianus
Basilika Minor Santo Yulianus
Prancis: Basilique Saint-Julien
Basilika Santo Yulianus
LokasiBrioude
Negara Prancis
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Clermont

Basilika Santo Yulianus (Inggris: Basilique Saint-Julien) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di wilayah komune Brioude, di departemen Haute-Loire di wilayah Auvergne-Rhône-Alpes, Prancis. Basilika ini diklasifikasikan sebagai monumen bersejarah.

Lokasi[sunting | sunting sumber]

Basilika Santo Yulianus terletak di tepi selatan bekas Keuskupan Clermont, di kotamadya Brioude, di departemen Haute-Loire Prancis.[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Tempat suci pertama yang didedikasikan untuk Santo Yulianus dibangun pada akhir abad ke-4. Bangunan ini dibangun di atas makam sang santo oleh seorang wanita Spanyol, sebagai tanda terima kasih atas pemenuhan sumpahnya.[2] Gregorius dari Tours melaporkan bahwa ketenaran orang suci itu menyebar, menarik para peziarah. Gereja pertama kemudian dibangun. Duke Victorius, gubernur Auvergne Visigoth, menghiasinya dengan tiang marmer dari monumen kuno; sisa-sisa kolom bergalur yang ditemukan hari ini di ruang bawah tanah mungkin merupakan bagian darinya.[3] Sebuah presbiterium didirikan untuk merayakan Misa dan menyambut umat beriman: Gregorius dari Tours menyebutkan dalam tulisannya keberadaan biara dan biarawan.

Pembangunan gereja Romawi dimulai pada kuartal pertama abad ke-12. Hal ini didukung oleh perkembangan kota Brioude, yang menjadi tempat ziarah dan perhentian di rute ke Santiago de Compostela, Roma, dan Yerusalem. Sebuah milisi diduga dibentuk untuk menjaga makam orang suci tersebut, yang kemudian digantikan oleh Kapitel katedral.[4]

Kapitel ini kemudian berusaha melepaskan diri dari kendali Pangeran Auvergne. Paus Urbanus II, yang datang untuk memberitakan Perang Salib Pertama di Clermont pada tahun 1095, menempatkan Saint-Julian di bawah otoritas langsungnya.[5] Penggantinya, Paus Paskalis II, menegaskan hak kapitel untuk mengangkat kepala biara dan rektornya. Raja Louis VII juga menegaskan bahwa bab ini bergantung padanya. Pertikaian muncul dalam bab itu sendiri, mencerminkan persaingan antara keluarga Mercœur dan Auvergne.[6] Pada tahun 1223, setelah penggabungan Auvergne ke dalam wilayah kerajaan, bab ini membeli kembali hak feodal mereka atas Brioude dari Pangeran Auvergne. Cabang Saint-Julian mempertahankan kendalinya atas Brioude hingga Revolusi, yang menyebabkan pembubarannya. Gereja tersebut, yang ditugaskan kembali untuk digunakan paroki pada tahun 1794, mengalami salah satu menara loncengnya dirobohkan dan menara lainnya dipenggal.[7]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Brioude aux temps féodaux, XIe-XIIIe siècle". calenda.org. Diakses tanggal 2024-03-29. 
  2. ^ "La basilique Saint-Julien, trois étoiles au guide vert Michelin". Brioude Sud Auvergne Tourisme. Diakses tanggal 2024-03-29. 
  3. ^ Cubizolles, Pierre. Le noble chapitre Saint-Julien de Brioude. hlm. 68. 
  4. ^ Base Mérimée: Basilique Saint-Julien, Ministère français de la Culture. (dalam bahasa Prancis)
  5. ^ %201095,%20%C3%A0,allokusi%20sur%20des%20mati%C3%A8res%20agama). "L'appel à la croisade" Periksa nilai |url= (bantuan). classes.bnf.fr. Diakses tanggal 2024-03-29. 
  6. ^ Berger, Jean (27-12-2019). en "Droit, société et parenté en Auvergne médiévale (vie-xive siècle): les écritures de la basilique Saint-Julien de Brioude" Periksa nilai |url= (bantuan). Buletin pusat berita médiévales d'Auxerre | BUCEMA. 23 (2). doi:10.4000/cem.16975. ISSN 1623-5770. 
  7. ^ Keller, Christiane; Damase, Joël. books?id=W7ZJAQAAIAAJ Brioude: la basilique Saint-Julien dans la lumière de Kim En Joong Periksa nilai |url= (bantuan). ISBN 978-2-204-08973 -9.