Basilika Santo Florianus, Kraków

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Santo Florianus
Basilika Minor Santo Florianus
bahasa Polandia: Kościół św. Floriana w Krakowie
Basilika Santo Florianus
LokasiKraków
Negara Polandia
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
GayaBarok
Selesai1216
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Kraków

Basilika Santo Florianus atau Gereja Kolegiat Santo Florianus (bahasa Polandia: Kościół św. Floriana w Krakowie) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Kraków, Polandia. Basilika ini berdiri di ujung utara Lapangan Matejko dan bekas pusat kota abad pertengahan Kleparz, yang sekarang menjadi distrik Kraków. Bangunan ini menandai awal dari Royal Road.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gereja St. Florianus dibangun antara tahun 1185 dan 1216. Gereja ini terbakar berkali-kali pada abad ke-12, 16, dan 17. Khususnya, selama pengepungan Swedia di Kraków, Jenderal Stefan Czarniecki memerintahkan pembakaran pinggiran kota. Namun, selama kebakaran di seluruh kota yang menghanguskan sebagian besar Kraków pada tahun 1528, gereja – yang berisi relik St. Florian – selamat. Sejak itu St. Florian, biasanya digambarkan sebagai perwira legiun Romawi yang membawa air, dihormati di Polandia sebagai santo pelindung petugas pemadam kebakaran dan penyapu cerobong asap. Penampilan gereja saat ini adalah hasil renovasi Barok setelah perang Polandia–Swedia.

Sejak abad ke-16 Gereja telah menjadi Universitas Perguruan Tinggi. rute penobatan dimulai di sana, dengan rektor senat universitas menyambut raja-raja baru. Gereja juga menjadi titik awal prosesi pemakaman kerajaan ke Katedral Wawel.

Pada tahun 1667 jenazah Ratu Marie Louise Gonzaga, istri Raja John II Casimir, ditempatkan di sana untuk sementara, begitu pula jenazah Tadeusz Kościuszko pada tahun 1818. Dari 17 September 1949 hingga September 1951, Pastor Karol Wojtyła, yang kemudian menjadi Paus Yohanes Paulus II, bekerja di sana sebagai vikaris. Sebagai Paus, pada tahun 1999 ia mengangkat Gereja menjadi basilika minor. Dia juga mengunjungi Gereja dalam ziarah kepausannya ke Polandia pada tanggal 18 September 2002.[1]

Legenda[sunting | sunting sumber]

Legenda mengatakan bahwa pada tahun 1184 lembu membawa sisa-sisa St. Florian – calon santo pelindung Polandia – relik tersebut secara ajaib menjadi terlalu berat untuk dibawa lebih jauh ke dalam kota dan tetap berada di Kleparz sampai diputuskan untuk membangun Gereja di tempat tersebut.[2] Sang martir tidak ada hubungannya dengan Polandia sebelum masa pemerintahannya. peninggalan dibawa dari Roma ke Kraków. Kraków membutuhkan orang suci karena alasan politik, untuk menegaskan kembali perannya sebagai ibu kota Polandia, yang diperebutkan oleh kota Gniezno.

Distrik Kleparz didirikan oleh Casimir Agung pada tahun 1366 sebagai kota terpisah, di sekitar Gereja St. Kota ini dinamai oleh Raja Casimir sebagai Florencja (Inggris: Florence) sesuai dengan nama gerejanya yang terletak di pusat kota, atau dalam bahasa Latin, Clepardia. Kleparz tetap menjadi pinggiran kota tidak resmi di Kraków hingga tahun 1792, ketika Parlemen Polandia memasukkannya ke dalam kota.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]