Basilika San Lorenzo, Firenze

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika San Lorenzo
Basilika Minor Santo Laurensius
bahasa Italia: Basilica di San Lorenzo
Basilika San Lorenzo
Basilika San Lorenzo di Florence
Basilika San Lorenzo
Basilika San Lorenzo
Lokasi di Firenze
43°46′29.7″N 11°15′13.9″E / 43.774917°N 11.253861°E / 43.774917; 11.253861Koordinat: 43°46′29.7″N 11°15′13.9″E / 43.774917°N 11.253861°E / 43.774917; 11.253861
LokasiFirenze, Toskana
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiSanto Laurensius
Tanggal konsekrasi393
Arsitektur
StatusBasilika minor
ArsitekFilippo Brunelleschi, Michelangelo
Tipe arsitekturgereja
GayaRenaisans
Peletakan batu pertamaAbad ke-15
Selesai1470
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Firenze

Interior menghadap altar tinggi

Basilica di San Lorenzo (Basilika Santo Laurensius) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di Firenze, Italia, yang terletak di pusat distrik pasar utama kota, dan merupakan tempat pemakaman semua anggota utama keluarga Medici dari Cosimo il Vecchio hingga Cosimo III. Ini adalah salah satu dari beberapa gereja yang mengklaim sebagai gereja tertua di Florence, yang ditahbiskan pada tahun 393 M,[1] di yang saat itu berdiri di luar tembok kota. Selama tiga ratus tahun, tempat ini menjadi katedral kota, sebelum kedudukan resmi uskup dipindahkan ke Santa Reparata.

San Lorenzo adalah gereja paroki keluarga Medici. Pada tahun 1419, Giovanni di Bicci de' Medici menawarkan pendanaan untuk pembangunan gereja baru untuk menggantikan pembangunan kembali Romawi pada abad kesebelas. Filippo Brunelleschi, arsitek Renaisans terkemuka pada paruh pertama abad kelima belas, ditugaskan untuk merancangnya, tetapi bangunan tersebut, dengan perubahan, baru selesai setelah kematiannya. Gereja ini merupakan bagian dari kompleks biara yang lebih besar yang berisi karya arsitektur dan seni penting lainnya: Sakristi Lama ("Sagresta Vecchia") karya Brunelleschi dan memiliki dekorasi interior serta patung karya Donatello; Perpustakaan Laurentian oleh Michelangelo; Kapel Medici, dua bangunan yang mencakup Sakristi Baru ("Sagrestia Nuova") berdasarkan desain Michelangelo; dan Cappella dei Principi ("Kapel Para Pangeran") yang lebih besar merupakan hasil kolaborasi antara keluarga dan arsitek.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Basilika San Lorenzo dianggap sebagai tonggak perkembangan arsitektur Renaisans. Basilika memiliki sejarah bangunan yang rumit. Proyek ini dimulai sekitar tahun 1419, di bawah arahan Filippo Brunelleschi. Kurangnya dana memperlambat pembangunan dan memaksa perubahan pada desain aslinya. Pada awal tahun 1440-an, hanya sakristinya (sekarang disebut Sakristi Lama) yang telah dikerjakan karena dibiayai oleh Medici. Pada tahun 1442, keluarga Medici mengambil alih tanggung jawab keuangan gereja juga. Setelah kematian Brunelleschi pada tahun 1446, pekerjaan tersebut diserahkan kepada Antonio Manetti atau Michelozzo; para sarjana tidak yakin yang mana. Meskipun bangunan ini sebagian besar selesai pada tahun 1459 saat kunjungan Pius II ke Florence, kapel di sepanjang lorong sebelah kanan masih dalam pembangunan selama tahun 1480-an dan 1490-an.

Pada saat bangunan selesai dibangun, aspek tata letak dan detailnya sudah tidak sesuai dengan rencana semula. Perbedaan utamanya adalah Brunelleschi membayangkan kapel di sepanjang lorong samping lebih dalam dari yang dibangun dan dia bermaksud agar kapel tersebut menyerupai kapel di transept, satu-satunya bagian bangunan yang diketahui. telah selesai sesuai rancangan Brunelleschi.[2]

Bangunan dalam arsitektur Renaisans[sunting | sunting sumber]

Kolom interior basilika

Basilika San Lorenzo menunjukkan banyak fitur inovatif dari gaya arsitektur Renaisans yang berkembang,

  • hubungan proporsional matematis sederhana menggunakan ruang lorong persegi sebagai modul dan ruang tengah dengan rasio 2x1
  • penggunaan sistem kolom, lengkungan, dan entablatur yang terintegrasi, berdasarkan model Romawi Klasik
  • penggunaan proporsi Klasik untuk tinggi kolom
  • hubungan yang jelas antara kolom dan pilaster, yang terakhir dimaksudkan untuk dibaca sebagai jenis dermaga tertanam
  • penggunaan segmen bola pada kubah gang samping
  • artikulasi struktur dalam pietra serena (Italia: “batu yang tenang”)
Balkon di dinding barat interior dirancang oleh Michelangelo

Menurut seorang sarjana, fitur-fitur seperti Korintus arkade dan panel datar di langit-langit menandai "keberangkatan dari Gotik dan kembali ke Romawi Proto-Renaisans."[3]

Terkadang, desain San Lorenzo mendapat kritik, terutama jika dibandingkan dengan Santo Spirito, juga di Florence dan dianggap dibangun kurang lebih sesuai dengan gagasan Brunelleschi, meskipun ia meninggal sebelum sebagian besar dibangun. Pada abad keenam belas, Giorgio Vasari berkomentar bahwa di sepanjang bagian tengah, tiang-tiangnya seharusnya ditinggikan di atas alas tiang.[4] Tangga di sepanjang lorong yang menopang pilaster juga dianggap menyimpang dari cita-cita Klasik.

Fasad luar dan dalam[sunting | sunting sumber]

Paus Medici Leo X memberi Michelangelo tugas untuk merancang fasad luar basilika dengan marmer putih Carrara pada tahun 1518. Michelangelo membuat model kayu besar yang menunjukkan bagaimana ia menyesuaikan proporsi klasik dari fasad, digambar berdasarkan skala, sesuai dengan proporsi tubuh manusia yang ideal, hingga ketinggian bagian tengahnya.

Model Michelangelo untuk fasad luar basilika

Meskipun fasad luar basilika masih belum dibangun, model kayu besar karya Michelangelo tetap ada.

Michelangelo merancang dan membangun fasad internal basilika yang terlihat dari bagian tengah menghadap ke belakang ke pintu masuk. Ini terdiri dari tiga pintu antara dua pilaster dengan karangan bunga kayu ek dan laurel dan balkon pada dua kolom Korintus.

Dalam beberapa tahun terakhir, asosiasi "Friends of the Elettrice Palatina" dan Comune of Florence meninjau kembali pertanyaan untuk menyelesaikan fasad luar basilika sesuai dengan desain Michelangelo. Untuk membantu debat publik, rekonstruksi terkomputerisasi diproyeksikan ke fasad bata polos pada bulan Februari 2007.[5] Hingga saat ini, belum ada keputusan yang diambil mengenai proyek yang menggunakan desain Michelangelo untuk membangun fasad luar mengikuti model kayunya.

Campanile berasal dari tahun 1740.

Sakristi Lama[sunting | sunting sumber]

Pembukaan transept selatan basilika adalah ruang persegi berbentuk kubah, Sagrestia Vecchia, atau Sacristy Lama, yang dirancang oleh Brunelleschi (1377–1446) dan merupakan yang tertua bagian dari gereja saat ini dan satu-satunya bagian yang diselesaikan pada masa hidup Brunelleschi. Di dalamnya terdapat makam beberapa anggota keluarga Medici. Itu terdiri dari sebuah bola di atas sebuah kubus; kubus bertindak sebagai dunia manusia dan bola sebagai langit.

Sakristi Baru[sunting | sunting sumber]

Di seberang Sakristi Lama di transept utara basilika terdapat Sacristy Baru, dimulai pada tahun 1520 oleh Michelangelo, yang juga merancang makam Medici di dalamnya. Bahwa arsitek sebuah bangunan juga merancang perabotan interiornya adalah hal baru dalam sejarah arsitektur Eropa yang didorong oleh keahliannya sebagai pematung melalui pelatihan. Sakristi baru terdiri dari tiga register, yang paling atas di atasnya terdapat kubah gantung. Artikulasi dinding interior dapat digambarkan sebagai contoh awal Mannerisme Renaisans (lihat Ricetto karya Michelangelo di Perpustakaan Laurentian). Kombinasi pilaster pietra serena pada register bawah diteruskan ke register kedua; namun, dalam gaya Mannerist, elemen arsitektur 'tampaknya mustahil', menciptakan ketegangan dan ketegangan yang terlihat dalam contoh ini.

Michelangelo juga menyelesaikan sebagian besar patung untuk sakristi baru, namun patung kedua santo pelindung tersebut rencananya akan menemani Madonna dan Kanak-kanak Yesus yang rencananya akan ditempatkan di dinding utama dan elemen pahatan dari sakristi baru tersebut. kedua sarkofagus itu dibiarkan tidak terselesaikan ketika dia dialihkan ke proyek lain oleh paus, situasi politik di Florence berubah, dan perubahan kemudian terjadi dalam suksesi kepausan. Meskipun sakristi baru ditutup pada tahun 1524, keadaan ini terjadi, pengasingan sementara keluarga Medici (1527), kematian Giulio, akhirnya menjadi Paus Klemens VII, dan kepergian Michelangelo secara permanen ke Roma pada tahun 1534, berarti Michelangelo tidak pernah menyelesaikan proyek tersebut dan dia menolak untuk menyelesaikannya secara langsung.

Patung-patung yang diukir Michelangelo pada saat kepergiannya belum ditempatkan pada tempatnya dan dibiarkan berantakan di dalam kapel. Pada tahun 1545, mereka dipasang oleh Niccolò Tribolo.[6] Atas perintah Cosimo I, sisa pekerjaan diselesaikan pada tahun 1555 oleh Giorgio Vasari dan Bartolomeo Ammannati.[7]

Dalam pernyataan dalam biografi Michelangelo yang diterbitkan pada tahun 1553 oleh muridnya, Ascanio Condivi, dan kabarnya didasarkan pada lBerdasarkan ingatan Michelangelo sendiri, Condivi memberikan gambaran berikut tentang patung yang direncanakan untuk sarkofagus:

Patung-patung itu berjumlah empat, ditempatkan di sakristi... sarkofagus ditempatkan di depan dinding samping, dan di tutup masing-masing terdapat dua sosok besar, lebih besar dari kehidupan, yaitu, seorang pria dan seorang wanita. ; mereka menandakan Siang dan Malam dan, bersamaan dengan itu, Waktu yang melahap segala sesuatu... Dan untuk menandakan Waktu dia berencana untuk membuat seekor tikus, setelah meninggalkan sedikit marmer pada pekerjaan itu (yang kemudian [rencana] tidak dia bawa keluar karena dicegah oleh keadaan), karena hewan kecil ini tak henti-hentinya menggerogoti dan memakan sebagaimana waktu melahap segalanya.[8][9]

Koridor tersembunyi ditemukan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1976, sebuah koridor tersembunyi dengan gambar karya Michelangelo di dindingnya ditemukan di bawah Sakristi Baru.[10][11]

Pada tahun 1527 warga Florence memberontak melawan Medici; Michelangelo mendukung mereka. Setelah Medici merebut kembali kota itu pada tahun 1530, Paus Klemens VII, seorang Medici, menjatuhkan hukuman mati kepada Michelangelo. Diperkirakan Michelangelo bersembunyi selama dua bulan di sebuah ruangan kecil di bawah kapel Medici di Basilika San Lorenzo dengan cahaya hanya dari jendela kecil, membuat banyak gambar arang dan kapur yang tetap tersembunyi hingga ruangan itu ditemukan kembali pada tahun 1975, dan dibuka. kepada sejumlah kecil pengunjung pada tahun 2023. Michelangelo akhirnya diampuni oleh keluarga Medici dan hukuman mati dicabut, sehingga ia dapat menyelesaikan pekerjaan di Kapel Sistina dan makam keluarga Medici. Dia meninggalkan Florence menuju Roma pada tahun 1534.[12]

Cappelle Medicee[sunting | sunting sumber]

Basilika berbentuk salib dengan Kapel Medici apsidal berkubah luas; di biara adalah Perpustakaan Laurentian
Kemuliaan Orang Suci Florentine di bagian dalam kubah di atas penyeberangan

Bagian San Lorenzo yang paling terkenal dan termegah adalah Cappelle Medicee (Kapel Medici) di apse. Keluarga Medici masih membayarnya ketika, pada tahun 1743, anggota keluarga terakhir yang masih hidup, Anna Maria Luisa de' Medici, meninggal. Pada tahun 1742, dia menugaskan Vincenzo Meucci untuk melukis Kemuliaan Orang Suci Florentine, sebuah lukisan dinding, di dalam kubah.[13] Sekitar lima puluh anggota keluarga Medici dimakamkan di ruang bawah tanah. Desain akhir (1603–1604) dibuat oleh Bernardo Buontalenti, berdasarkan model Alessandro Pieroni dan Matteo Nigetti. Di atas adalah Cappella dei Principi (Kapel Para Pangeran), sebuah aula segi delapan yang besar namun berkubah canggung tempat para adipati agung dimakamkan. Gayanya menunjukkan keeksentrikan Mannerist dalam bentuknya yang tidak biasa, cornice yang rusak, dan jendela berukuran asimetris. Di bagian dalam, dekorasi ambisius dengan marmer berwarna mengalahkan upaya desain baru.[14] Bagian tengahnya seharusnya menampilkan Makam Kudus, dipindahkan dari Yerusalem, meskipun upaya untuk membeli dan, jika gagal, mencurinya gagal.Ref.?

Capella Corbelli[sunting | sunting sumber]

Kapel Corbelli, di transept selatan, berisi monumen karya pematung Giovanni Dupre kepada istri Pangeran Moltke-Hvitfeldt, mantan duta besar Denmark untuk Istana Napoli.[15]

Karya seni[sunting | sunting sumber]

Rosso Fiorentino, Pernikahan Perawan

Monumen pemakaman[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Haegen, Anne Mueller von der; Strasser, Ruth F. Seni & Arsitektur: Tuscany. Potsdam. ISBN 978-3-8480-0321-1. 
  2. ^ Eugenio Battisti. Filippo Brunelleschi: Karya Lengkap. (New York: Rizzoli, 1981)
    • Lihat juga: Howard Saalman. Filippo Brunelleschi: Bangunannya. (London: Zwemmer, 1993).
  3. ^ Weigert, Hans. Busch, Harald; Lohse, Bernd, ed. Bangunan Eropa: Eropa Renaisans. New York: Perusahaan Macmillan. hlm. 7. 
  4. ^ Battisti. Ibid.
  5. ^ Perdebatan untuk menyelesaikan fasad San Lorenzo | Arttrav.com
  6. ^ {{cite book|first=Charles|last= Avery|title= Patung Renaisans Florentine|publisher=John Murray Publishing|tahun= 1970|halaman= 190} }
  7. ^ Antonio Paolucci. Museum Kapel Medici dan Gereja San Lorenzo. Penerbitan Sillabe 1999.
  8. ^ Panofsky, Erwin. /pdf/The_Mouse_Michelangelo_Failed_to_Carve.pdf "Tikus yang Gagal Diukir Michelangelo" Periksa nilai |url= (bantuan) (PDF) (edisi ke-Esai Untuk Mengenang Karl Lehmann). 
  9. ^ {{cite journal |penulis = Barenboim P.D. / Peter Barenboim |url= http://www.florentine-society.ru/The_Mouse_that_Michelangelo_Did_Carve.htm |title= Tikus yang Diukir Michelangelo di Kapel Medici: Komentar Oriental terhadap Artikel Terkenal Erwin Panofsky |date=2017} }
  10. ^ Peter Barenboim, Sergey Shiyan, Michelangelo: Misteri Kapel Medici, SLOVO, Moskow, 2006. ISBN 5-85050-825-2
  11. ^ Peter Barenboim, Gambar Michelangelo: Kunci Interpretasi Kapel Medici , Moskow, Letny Sad, 2006, ISBN 5-98856-016-4
  12. ^ "sketsa rahasia Michelangelo di bawah gereja di Florence terbuka untuk umum". The Guardian. 
  13. ^ Acton, Harold (1980). Medici Terakhir . Macmillan. hal. 309–310 ISBN 0-333-29315-0
  14. ^ Wittkower, R. p. 126
  15. ^ Walks in Florence and Its Environs, Volume 1, oleh Susan Horner, 1884, halaman 116.