Basilika Roh Kudus, La Grita

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Roh Kudus
Basilika Minor Roh Kudus
Spanyol: Basílica del Espíritu Santo
Basilika Roh Kudus
LokasiLa Grita
Negara Venezuela
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Interior

Basilika Roh Kudus[1] (Spanyol: Basílica del Espíritu Santo) atau Basilika La Grita adalah sebuah gereja basilika minor Katolik, dibangun pada tahun 1886, yang terletak di Plaza Bolivar La Grita, ibu kota Jáuregui[2] di negara bagian Táchira, di Andes, negara Venezuela di Amerika Selatan.[3][4] Basilika Roh Kudus menampung gambar suci Kristus Suci dari La Grita.

Denahnya berbentuk persegi panjang dengan menara yang dilengkapi kubah setengah lingkaran, dinding beton, balok tanah liat dan semen. Jendela-jendelanya memiliki beragam kaca patri, pintu kayu berukir, dan lantai granit. Bagian dalam basilika memiliki tiga bagian tengah dan sebuah kubah di altar, yang terbuat dari marmer, 20 kolom Gotiknya membagi kapal.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Basilika Roh Kudus di La Grita
  2. ^ Duque, Ana Hilda; Leal, Jesús A. Barreto; Cardozo, Baltazar Enrique Porras. Jáuregui, siglo y medio después: memoria del sesquicentenario de natalicio, 1848-1998. ISBN 9789802929085. 
  3. ^ La Dama, el Cura dan el Maestro en el Siglo XIX. ISBN 9789801107798. 
  4. ^ Cardozo, Baltazar Enrique Porras; Duque, Ana Hilda; Soto, Raquel Morales. El patrimonio eclesiástico venezolano: pasado y futuro. ISBN 9789802444755.