Basilika Misi San Buenaventura, Ventura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Misi San Buenaventura
Basilika Minor Misi San Buenaventura
Inggris: Mission San Buenaventura Basilica
Basilika Misi San Buenaventura
LokasiVentura, California
Negara Amerika Serikat
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif

Basilika Misi San Buenaventura (Inggris: Mission San Buenaventura Basilica, Spanyol: Misión San Buenaventura), yang secara resmi dikenal sebagai Mission Basilica of San Buenaventura, adalah sebuah gereja basilika minor Katolik yang terletak di kota Ventura, California, Amerika Serikat. Basilika ini adalah bagian dari misi Spanyol yaitu Misi San Buenaventura yang didirikan oleh Ordo Fratrum Minorum. Didirikan pada tanggal 31 Maret 1782, ini adalah misi Spanyol kesembilan yang didirikan di Alta California (atau Nueva California) dan yang terakhir didirikan oleh kepala misi Fransiskan di California, Junípero Serra. Ditunjuk sebagai California Historical Landmark, misi ini adalah salah satu dari banyak landmark yang ditetapkan secara lokal di pusat kota Ventura.

Nama misi ini diambil dari nama St Bonaventura. Pada tanggal 9 Juni 2020, Paus Fransiskus mengangkat gereja tersebut menjadi basilika minor, dan pada tanggal 15 Juli 2020, hari raya santo pelindungnya, pengumuman mengenai tindakan Paus diumumkan dibuat dan peningkatan status misi secara resmi diproklamirkan oleh Uskup Agung José Gómez dari Los Angeles. Nama misi diubah untuk mencerminkan status baru ini di Gereja Katolik.[1]

Basilika Misi San Buenaventura rencananya akan didirikan pada tahun 1770, namun pendiriannya tertunda karena rendahnya ketersediaan pengawal militer yang diperlukan untuk mendirikan misi tersebut. Pada tahun 1793, gereja pertama terbakar. Ketika misi tersebut selesai, misi tersebut mencakup segi empat yang berdekatan dengan ruang tamu dan ruang kerja. Yang tersisa dari misi aslinya hanyalah gereja dan tamannya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ /pope-francis-declares-mission-san-buenaventura-a-basilica.html "Paus Fransiskus mendeklarasikan Misi San Buenaventura sebagai Basilika" Periksa nilai |url= (bantuan). Sumber Berita Vatikan.