Basilika Bunda Maria dari Gunung Karmel, Catania

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Basilika Bunda Maria dari Gunung Karmel
Basilika Minor Bunda Maria dari Gunung Karmel
bahasa Italia: Basilica Santuario della Madonna del Carmine
Basilika Bunda Maria dari Gunung Karmel
LokasiCatania
Negara Italia
DenominasiGereja Katolik Roma
Sejarah
DedikasiBunda Maria dari Gunung Karmel
Arsitektur
StatusBasilika minor
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Catania

Basilika Bunda Maria dari Gunung Karmel (bahasa Italia: Basilica di Maria Santissima Annunziata al Carmine) adalah sebuah gereja basilika minor Katolik dan Gua Maria yang terletak di Piazza Carlo Alberto, di kota Catania, Sisilia, Italia.

Sejarah dan deskripsi[sunting | sunting sumber]

Diduga situs tersebut telah berdiri banyak gereja. Gereja pertama yang dibangun di sini, berjudul Santa Lucia fuori le mura, didirikan di atas atau di antara reruntuhan kuil pagan yang didedikasikan untuk Jove. Ketika gereja ini hancur akibat gempa bumi pada tahun 1075, sebuah gereja yang didedikasikan untuk Perawan Kabar Sukacita dibangun. Suatu saat pada abad ke-13, Para Romo Karmelit mengambil alih dan membangun sebuah biara besar di dekatnya.[1] Gereja ini rusak parah selama gempa bumi Sisilia tahun 1693 dan dibangun kembali dalam bentuknya yang sekarang pada tahun 1729. Gereja ini diangkat menjadi basilika kecil pada tahun 1988. Biara di dekatnya telah menjadi barak sejak abad ke-19 -abad.

Legenda menyatakan bahwa gereja ini pernah menjadi tempat pemakaman pertama Santa Agatha, namun selain itu, area tersebut pada era Romawi Kuno berfungsi sebagai pekuburan. Di dalam biara yang berdekatan terdapat sisa-sisa batu makam Romawi Kuno, yang oleh beberapa penulis disebut Makam Stesichorus.[2]

Fasad eksteriornya terkenal karena susunan kolomnya yang raksasa, dengan desain yang dikaitkan dengan Francesco Battaglia. Di belakang relung dengan patung Perawan Carmine di timpani superior terdapat serangkaian lonceng abad ke-19. Sebuah pasar diadakan di piazza di luar gereja.

Interiornya memiliki sejumlah altar besar, dan monumen pemakaman, serta ikon kayu yang dimaksudkan untuk menggambarkan St Agatha tetapi meniru donor aristokrat untuk gereja, Rosalia Petruso Grimaldi, yang dibunuh pada tahun 1784 oleh suaminya yang cemburu. [3] Di antara berbagai altar adalah:

Panti Umat Kanan[sunting | sunting sumber]

  • Uskup San Spiridione dari Trimitonte (1946) oleh Sebastiano Conti Consoli, ini adalah salinan lukisan sebelumnya yang hancur selama pemboman perang dunia kedua. Sistem ini analog dengan serangan tahun 1860 selama dan dibombardir oleh konflik dunia kedua.
  • Visi St Joseph oleh Santa Teresa di Gesù (1782) oleh Francesco Gramignani Arezzi.
  • Santa Maria Maddalena de' Pazzi (1818) oleh Giuseppe Zacco.
  • Madonna dari Karmel oleh Pastura.
  • Mimpi St Joseph (abad ke-17) anonim.

Panti Umat Kiri[sunting | sunting sumber]

  • Sant'Angelo di Gerusalemme (1818) oleh Giuseppe Zacco.
  • Saints Agatha dan Lucy (1791) oleh Antonio Pennisi
  • Nabi Elias (1750) oleh Olivio Sozzi

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Catania vetusta, oleh Vito Messina , (1901); halaman 93.
  2. ^ 0YFQAAAAYAAJ Archivio storico per la Sicilia orientale, Edisi 3-4, 1906, halaman 144.
  3. ^ Kunjungi entri Catania.