Barimba, Kapuas Hilir, Kapuas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Barimba
Kelurahan
Kantor lurah Barimba
Kantor kelurahan Barimba
Negara  Indonesia
Provinsi Kalimantan Tengah
Kabupaten Kapuas
Kecamatan Kapuas Hilir
Kodepos 73524
Luas 11 km²
Jumlah penduduk 1.768 jiwa
Kepadatan 160,73 jiwa/km²

Barimba adalah salah satu kelurahan di wilayah Kecamatan Kapuas Hilir, Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia.

Barimba merupakan salah satu tempat bersejarah bagi Kabupaten Kapuas. Di daerah inilah pertama kalinya, Temenggung Dayak beserta rakyatnya di-Kristenkan oleh Belanda. Kristenisasi daerah Barimba ini dilakukan oleh Perhimpunan Pekabaran Rhein (RMG) mulai tahun 1836.[1]. Perhimpunan ini meninggalkan Barimba pada tahun 1926.[2]

Di daerah ini pada awal tahun 1930-an pernah dibangun rumah sakit oleh misionaris.[3] Rumah sakit ini melayani warga masyarakat sekitar dan juga memiliki tempat penampungan bagi penderita kusta yang disebut Kampung Kabulat.[4]

Terdapat situs-situs bersejarah berupa Gereja-gereja tua[5] dan peninggalan suku-suk1u dayak sebelum masuknya agama modern.

Pada tahun 1929, Muhammadiyah mendirikan cabangnya di Kuala Kapuas (yang saat itu berada di Barimba).[6]. Sejak saat itu mulailah dilakukan penyebaran agama Islam di kawasan Kuala Kapuas dan sekitarnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]