Kapuas Hilir, Kapuas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Kapuas Hilir
Kantor camat Kapuas Hilir
Kantor kecamatan Kapuas Hilir
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Tengah
KabupatenKapuas
Pemerintahan
 • Camat...
Populasi
 • Total... jiwa jiwa
Kode Kemendagri62.03.02 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Desa/kelurahan3/5

Kapuas Hilir adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Ibu kota Kecamatan Kapuas Hilir adalah Barimba.

Kecamatan ini memiliki satu buah Puskesmas yaitu Puskesmas Barimba dan beberapa Puskesmas Pembantu, Polindes dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes). Selain itu di Kecamatan ini terdapat banyak sekali gereja, mengingat daerah ini merupakan pusat penyebaran agama Kristen pada akhir abad 19 dan awal abad 20.

Di Kecamatan Kapuas Hilir, tepatnya di Desa Sei Asam, ada satu pabrik Air Minum Dalam Kemasan milik PDAM Kab.Kapuas yang berdiri pada tahun 2008, tetapi sayang tutup pada tahun 2011. Berkat upaya Direktur PDAM Widodo,S.E saat itu (2014) dilakukan lelang untuk mencari mitra Kerja sama Operasional dari pihak swasta. Dan akhirnya pada Tahun 2017 ditanda tangani kesepakatan Kerjasama Operasional (KSO ) dengan PT.Cikahuripan Lestari dibawah pimpinan Kristanto Suryadhi,S.E, untuk mengoperasionalkan kembali pabrik tersebut. Dan pada tanggal 28 Januari 2018 dilakukan Re-launching Produk AMDK milik masyarakat Kapuas dengan merk New Danum,oleh Bupati Kab.Kapuas Ir.Ben Brahim S Bahat, M.M, M.T., setelah memperoleh Sertifikat SNI, Ijin Edar dari BPOM dan Sertifikat Halal dari MUI.