Bandung, Kebumen, Kebumen

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bandung
Desa
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenKebumen
KecamatanKebumen
Kodepos54317
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Bandung (atau kadang disebut Bandungsruni) adalah sebuah desa di kecamatan Kebumen, Kebumen, Jawa Tengah, Indonesia. Desa Bandung berjarak sekira 6 Kilometer berkendara dari pusat Kebumen maupun dari pusat kecamatan Kebumen. Desa Bandung berada di sebelah utara dari wilayah kecamatan Kebumen berbatasan langsung dengan Kecamatan Alian.

Batas-batas Wilayah[sunting | sunting sumber]

Pembagian Wilayah[sunting | sunting sumber]

  1. Dusun Bandung Selatan
  2. Dusun Bandung Tengah
  3. Dusun Bandung Utara
  4. Dusun Kebonsari
  5. Dusun Ketanggeran
  6. Dusun Krajan

Geografi[sunting | sunting sumber]

Desa Bandung berada di sebelah utara dari wilayah kecamatan Kebumen berbatasan langsung dengan Kecamatan Alian. Wilayah Desa Bandung seluruhnya merupakan dataran rendah yang setengah wilayahnya digunakan untuk persawahan produktif berjaraingan irigasi dari Waduk Wadaslintang terutama dibagian barat. Sisanya untuk permukiman penduduk yang lebih terkonsentrasi diwilayah bagian timur desa. Selain itu Desa Bandung juga dilintasi oleh tiga sungai yaitu Sungai Kedungbener di sebelah timur, Sungai Abang di tengah dan Sungai Kalijaya atau Sungai Kwarasan di sebelah barat.

Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Mayoritas masyarakat Desa Bandung beragama Islam sejak lahir. Kegiatan masyarakat Desa Bandung banyak dipengarui unsur Islam sebab terdapat pondok pesantren Nurul Hidayah di desa ini yang kerap kali mengadakan pengajian baik untuk warga setempat maupun sekitar sehingga Desa Bandung kerap disebut Desa Santri. Masyarakat Desa Bandung setempat umumnya bercocok tanam padi, menjahit dan berdagang. Desa Bandung ini juga terkenal akan produksi peci sehingga kerap disebut sebagai Desa Peci.

Sarana dan Prasarana[sunting | sunting sumber]

Terdapat jalan desa, jalan dusun, jembatan, beberapa masjid jami' sebagai tempat peribadatan, taman kanak-kanak, dua unit SD, tempat penggilingan padi, puskesmas dan areal pemakaman.