Baji-baji

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Baji-baji
Platycephalus indicus

Status konservasi
Kekurangan data
IUCN155105
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoScorpaeniformes
FamiliPlatycephalidae
GenusPlatycephalus
SpesiesPlatycephalus indicus
Linnaeus, 1758

Baji-baji[2], adalah spesies ikan bersirip pari laut yang termasuk dalam famili Platycephalidae, Flatheads . Spesies ini ditemukan di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat, serta telah menginvasi Laut Mediterania timur.

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Baji-baji memiliki kepala cekung yang halus, selain dari tonjolan parieto-oksipital rendah, skapular dan preoperkular, yang tidak berduri atau bergerigi. Ada tulang belakang pendek dan tumpul di depan mata. Preoperculum berakhir dengan 2 duri yang kuat dan sedikit terbalik. Ada gigi taring seperti vomerine, dengan satu baris gigi mirip taring yang jelas di palatine sementara rahangnya memiliki pita lebar gigi villiform. Sirip punggung pertama memiliki duri pertama pendek terpisah dan 7-9 duri lebih lanjut, sirip punggung kedua memiliki 13 jari lunak, seperti halnya sirip dubur . . Margin belakang sirip punggung kedua dan sirip dubur memiliki sayatan yang dalam di selaput antara sinar. Warna keseluruhannya kecoklatan, ada 8 atau 9 pita kehitaman yang tidak jelas di bagian belakang. Bagian atas kepala berbintik-bintik halus dengan bintik-bintik yang kurang lebih bulat yang masing-masing tertutup cincin pucat> bagian bawah tubuh berwarna kekuningan. sirip, selain sirip ekor, memiliki deretan bintik kehitaman pada sinar sirip sedangkan sirip ekor memiliki pita hitam membujur di tengahnya, dengan 2 pita hitam diagonal di atas dan di bawahnya. [3] Spesies ini memiliki panjang total maksimum 100 cm (39 in) yang dipublikasikan, meskipun 60 cm (24 in) lebih tipikal, dan berat publikasi maksimum 35 kg (77 pon) . [4]

Sirip ekor

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Knapp, L.W. (2010). "Platycephalus indicus": e.T155105A4708518. doi:10.2305/IUCN.UK.2010-4.RLTS.T155105A4708518.en. 
  2. ^ "Arti kata baji-baji - Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Online". kbbi.web.id. Diakses tanggal 2023-05-16. 
  3. ^ J. C. Hureau (ed.). "Indian flathead (Platycephalus indicus)". Fishes of the NE Atlantic and the Mediterranean. Marine Species Identification Portal. 
  4. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2006). "Platycephalus indicus" di situs FishBase. Versi April 2006.