Lompat ke isi

Bahasa Frisia Goesharde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bahasa Frisia Goesharde
Gooshiirder
Dituturkan diJerman
WilayahGoesharde, Nordfriesland
Penutur
Dialek
Goesharde Utara
Goesharde Tengah
Goesharde Selatan
Kode bahasa
ISO 639-3
Glottolognord1237[1]
Linguasfer52-ACA-eai to 52-ACA-eak[2]
Lokasi penuturan
Dialek-dialek bahasa Frisia Utara
 Portal Bahasa
L • B • PW   
Sunting kotak info  Lihat butir Wikidata  Info templat

Bahasa Frisia Goesharde (bahasa Frisia Utara: Gooshiirder; bahasa Jerman: Goesharder Friesisch) adalah istilah kolektif untuk tiga dialek sangat berkaitan dari sepuluh dialek bahasa Frisia Utara. Bahasa ini dituturkan di Husum bagian utara di wilayah bersejarah Goesharde. Tiga dialek berbeda adalah Goesharde Utara, Tengah, dan Selatan. Yang terakhir ini punah dengan kematian dua penutur terakhir pada tahun 1980 dan 1981 di Hattstedt.[3] Oleh karena itu, Frisia Goesharde Tengah sekarang menjadi dialek paling selatan yang masih ada dari kelompok Frisian Utara Daratan Utama. Dua ragam Goesharde Utara setempat telah dikamuskan secara luas, yaitu yang dituturkan di sekitar desa Langenhorn (Hoorninger Fräisch) dan Ockholm (Hoolmer Freesch).[4]

Tata bahasa

[sunting | sunting sumber]

Kata kerja

[sunting | sunting sumber]

Di bawah ini adalah beberapa kata kerja umum dalam dialek Frisia Goesharde ragam Ockholm.

jadi punya
Infinitivus wee'e heewe
Partisipium lampau wään heeft
Pihak Kini
Pertama tunggal bän hääw
Kedua tunggal bäst hääst
Ketiga tunggal äs heet
Jamak sän hääwe
Pihak Lampau
Pertama & ketiga tunggal wås häi
Kedua tunggal weerst häist
Jamak weern häin

Keadaan terkini

[sunting | sunting sumber]

Dua dialek Frisia Goesharde yang tersisa juga terancam oleh kepunahan akut. Pada awal abad ke-20, hanya Ockholm di wilayah Goesharde Utara yang dikenal sebagai desa yang "Frisia Sejati" dengan mayoritas rumah tangga dan anak-anak berbahasa Frisia. Frisia Goesharde Tengah juga sangat terancam.[5] Pada tahun 2006, penutur setempat terakhir meninggal di Bohmstedt dan hanya sedikit penutur yang tersisa di Drelsdorf.[3]

  1. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2023). "Norder-Mittelgoesharde". Glottolog 4.8. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History. 
  2. ^ "g" (PDF). The Linguasphere Register. hlm. 170. Diakses tanggal 1 March 2013. 
  3. ^ a b Århammar, Nils (October–December 2007). Munske, Horst Haider, ed. "Das Nordfriesische, eine bedrohte Minderheitensprache in zehn Dialekten: eine Bestandsaufnahme". Sterben die Dialekte aus? Vorträge am Interdisziplinären Zentrum für Dialektforschung an der Friedrich-Alexander-Universität Erlangen-Nürnberg (dalam bahasa Jerman). Universitas Erlangen-Nürnberg. 
  4. ^ Jörgensen, V. Tams (1981): Kleines friesisches Wörterbuch der Nordergoesharder Mundart von Ockholm und Langenhorn. Huuchtjüsch-Freesch/Fräisch. Bredstedt/Bräist.
  5. ^ Laabs, Ingo (2009). "Der deutsch-nordfriesische Sprachkontakt". Dalam Stolz, Christel. Neben Deutsch: Die autochthonen Minderheiten- und Regionalsprachen Deutschlands (dalam bahasa Jerman). Universitätsverlag Brockmeyer. hlm. 26. ISBN 978-3-8196-0730-1.