Bahasa Acholi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bahasa Acholi
Lwo
Dituturkan diUganda, Sudan Selatan
EtnisAcholi
Penutur bahasa
1,5 juta  (2000-2014)e22
Nilo-Sahara?
Dialek
Labwor (Thur)
Nyakwai
Dhopaluo (Chope)[1]
Kode bahasa
ISO 639-2ach
ISO 639-3Mencakup:
ach – Acholi
lth – Thur
Glottologacol1236[2]
Artikel ini mengandung simbol fonetik IPA. Tanpa bantuan render yang baik, Anda akan melihat tanda tanya, kotak, atau simbol lain, bukan karakter Unicode.

Bahasa Acholi (disebut juga sebagai Acoli, Akoli, Acooli, Atscholi, Shuli, Gang, Lwoo, Lwo, Log Acoli, Dok Acoli) adalah sebuah bahasa yang terutama dipertuturkan oleh bangsa Acholi di distrik-distrik Gulu, Kitgum dan Pader, sebuah daerah yang dikenal dengan nama Tanah Acholi di sebelah utara Uganda. Bahasa Acholi juga dipertuturkan di sebelah selatan Distrik Opari di Sudan.

Pada tahun 1996, dilaporkan ada sekitar 773.800 penutur bahasa Acholi di dunia. Namun, secara bertahap jumlah ini sudah naik menjadi 800.000 jiwa. Lagu Lawino & Lagu Ocol, yang dikenal secara baik pada kesusastraan Afrika, ditulis dalam bahasa Acholi oleh Okot p'Bitek.

Bahasa Acholi adalah salah satu dari bahasa-bahasa Luo, cabang Nilotik Barat dari rumpun bahasa Nilo-Sahara. Bahasa Acholi, Alur dan Lango memiliki antara 84 dan 90 persen kosakata yang sama dan dianggap sebagai persamaan yang bisa saling dimengerti atau mutually intelligible dalam bahasa Inggris.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^
  2. ^ Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2019). "Acoli". Glottolog 4.1. Jena, Jerman: Max Planck Institute for the Science of Human History.