Bahasa-bahasa Nenets

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Nenets
Dituturkan di Russia
Wilayah Okrug Otonomi Nenets, Okrug Otonomi Yamalo-Nenets, Krasnoyarsk Krai, Republik Komi, Oblast Murmansk
Etnis 44,600 suku Nenets (sensus 2010)[1]
Penutur bahasa
[1]
Uralik
Dialek
Kode bahasa
ISO 639-3 yrk
Glottolog nene1249[2]

Nenets (awalnya juga disebut Yurak) adalah sebuah kumpulan bahasa-bahasa yang digunakan di utara Russia oleh suku Nenets. Bahasa-bahasa tersebut sering dibagi dalam dua dialek dengan bahasa yang sama. Bahasa-bahasa tersebut adalah Nenets Tundra, bahasa yang paling besar dari dua bahasa tersebut menurut jumlah pemakainya, yang dipakai oleh sekitar 30,000 sampai 40,000 orang[3][4] di wilayah dari Semenanjung Kanin sampai Sungai Yenisei;[5] dan Nenets Hutan, yang dipakai oleh 1,000 sampai 1,500 orang di sekitaran sungai Agan, Pur, Lyamin dan Nadym.[3][4]

Bahasa-bahasa Nenets diklasifikasikan dalam keluarga bahasa Uralik, yang membuat bahasa-bahasa tersebut berkaitan dengan beberapa bahasa nasional Eropa – sebut saja Finlandia, Estonia, dan Hungaria – selain bahasa-bahasa minoritas lainnya yang digunakan di Rusia. Kedua bahasa Nenets sangat dipangeruh oleh bahasa Rusia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Nenets di Ethnologue (ed. ke-18, 2015)
  2. ^ Nordhoff, Sebastian; Hammarström, Harald; Forkel, Robert; Haspelmath, Martin, ed. (2013). "Nenets". Glottolog. Leipzig: Max Planck Institute for Evolutionary Anthropology. 
  3. ^ a b Ethnologue
  4. ^ a b Salminen, Tapani, Ackerman, Farrell (2006). "Nenets". Dalam Brown, Keith. Encyclopedia of Languages & Linguistics. 8 (edisi ke-2). Oxford, Inggris: Elsevier. hlmn. 577–579. 
  5. ^ Staroverov, Peter (2006). Vowel deletion and stress in Tundra Nenets. Moscow, Russia. hlm. 1. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Bahasa Uralik