Babat Ramba Jaya, Babat Supat, Musi Banyuasin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Babat Ramba Jaya
Negara Indonesia
ProvinsiSumatra Selatan
KabupatenMusi Banyuasin
KecamatanBabat Supat
Kodepos
30755
Kode Kemendagri16.06.14.2015 Edit the value on Wikidata
Jumlah penduduk< 5000 jiwa
ilustrasi perkebunan kelapa sawit Penduduk
ilustrasi perkebunan karet penduduk

Babat Ramba Jaya adalah salah satu Desa di Kecamatan Babat Supat, Kabupaten Musi Banyuasin, Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dengan Kode Pos 30755.

Etnis penduduk di Desa ini beragam mulai dari Melayu, Komering, Jawa, Sunda, Batak, dan lain lain.

Bahasa yang digunakan Penduduk pun cukup beragam, seperti bahasa Palembang, bahasa Musi, dan bahasa Indonesia. tetapi mayoritas penduduk desa biasanya menggunakan bahasa Palembang sebagai bahasa sehari - hari .

Salah satu Desa di Kabupaten Musi Banyuasin ini, mayoritas Penduduknya bekerja di bidang pertambangan dan perkebunan.

kelapa sawit dan karet adalah komoditas andalan penduduk desa ini.[1]PT. Pertamina EP Field Ramba adalah Perusahaan migas yang beroperasi di desa ini.[2]

Wilayah Desa ini di kelilingi rawa - rawa dan sungai kecil yang biasanya dimanfaatkan penduduknya untuk memperoleh sumber air dan sumber lauk - pauk berupa ikan.

ilustrasi polusi udara

Curah hujan di Desa ini cukup tinggi per tahun. Tetapi apabila memasuki musim kemarau, " polusi udara di desa ini cukup mengkhwatirkan terutama polusi debu yang kurang di perhatikan dampaknya ".

Fasilitas penunjang di desa ini sudah cukup memadai untuk kriteria desa di Negara berkembang,[3] seperti sekolah, puskesmas, listrik Negara, tempat olahraga, dan lain lain. Hanya saja untuk jalan utama akses keluar masuk Desanya perlu di carikan solusi terbaiknya oleh pemerintah agar penduduk desa bisa hidup lebih sejahtera, mengingat infrastruktur jalan adalah salah satu faktor utama pendongkrak ekonomi penduduk.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ News, Sumatera. "Sebagai Penghasil Komoditas Sawit dan Karet, Muba Siap Jadi Pioner VSA | sumateranews". Diakses tanggal 2019-06-22. 
  2. ^ Negara, Fadjrin Kurnia@Kementerian Badan Usaha Milik. "Kementerian BUMN". http://bumn.go.id/ (dalam bahasa Inggris). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-06-22. Diakses tanggal 2019-06-22.  Hapus pranala luar di parameter |website= (bantuan)
  3. ^ Media, Kompas Cyber. "Bukan Mustahil Indonesia Jadi Negara Maju, Ini Syaratnya". KOMPAS.com. Diakses tanggal 2019-06-22. 
  4. ^ "PUPR Bangun 984 KM Jalan Desa Sepanjang 2018". ekonomi (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-22.