Babakan, Karanglewas, Banyumas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Desa Babakan adalah salah satu dari 13 desa di wilayah Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Lokasinya berada 4 km di sebelah utara Karanglewas. Jalan menuju Desa Babakan adalah jalan beton, dan transportasi umum yang dapat digunakan adalah angkutan pedesaan, taksi, dan moda angkutan berbasis online. Batas-batas Desa Babakan meliputi: sebelah Utara berbatasan dengan Desa Sunyalangu, sebelah Timur berbatasan dengan Desa Dawuhan Kulon, sebelah selatan berbatasan dengan Desa Jipang, dan sebelah Barat berbatasan dengan Desa Singasari. Selain Desa Dawuhan Kulon yang masuk wilayah Kecamatan Kedung Banteng, batas-batas desa lainnya masuk wilayah kecamatan yang sama, yaitu Kecamatan Karanglewas.

Kondisi wilayah Desa Babakan terdiri atas perkampungan, persawahan, dan hutan. Sebagian besar pekerjaan penduduknya adalah petani, dan sebagian lainnya terdiri atas pegawai negeri sipil, karyawan, wiraswasta, serta pedagang. Di wilayah Desa Babakan dilintasi oleh rel kereta api. Di sana pula ada satu stasiun, yaitu Stasiun Karanggandul yang masuk wilayah Daerah Operasi (Daop) V Purwokerto, tetapi di stasiun ini tidak diperuntukkan bagi pemberangkatan dan tujuan penumpang karena hanya stasiun pembantu. Selain dilintasi rel kereta api, juga dilintasi sungai yang cukup besar yaitu Sungai Logawa.

Letak geografis Desa Babakan menjadi sangat strategis karena dilintasi jalan yang menjadi akses antar wilayah di sekitarnya.

http://babakan.karanglewaskec.banyumaskab.go.id/ Diarsipkan 2019-04-09 di Wayback Machine.

Babakan
Negara Indonesia
ProvinsiJawa Tengah
KabupatenBanyumas
KecamatanKaranglewas
Kode Kemendagri33.02.18.2012 Edit the value on Wikidata
Luas... km²
Jumlah penduduk... jiwa
Kepadatan... jiwa/km²

Babakan adalah desa di kecamatan Karanglewas, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia.