Babai, Karau Kuala, Barito Selatan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Babai
Negara Indonesia
ProvinsiKalimantan Tengah
KabupatenBarito Selatan
KecamatanKarau Kuala
Kode Kemendagri62.04.03.2004 Edit the value on Wikidata
Luas111,00 km²
Jumlah penduduk9.318 jiwa (2015)[1]
Kepadatan38 jiwa/km²

Babai adalah sebuah desa yang termasuk dalam Kecamatan Karau Kuala, Barito Selatan, Kalimantan Tengah. Desa ini memanjang sekitar 3 km dan meliuk seperti huruf U dikarenakan kondisi geografis dari sungai Barito.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Mata pencaharian penduduknya beragam jenis, tetapi yang lebih dominan dan merupakan mata pencaharian utama adalah rotan (uei) dan karet (gita). Sekitar 80 % penduduknya menggeluti pekerjaan di bidang rotan, mulai dari memotong rotan (manetes), membersihkan rotan (maruntih) dan lain-lain. Rotan merupakan salah satu komoditas ekspor pemerintah ke luar negeri. Barang ekspor rotan ini lebih banyak ditemukan di kalimantan, khususnya kalimantan tengah. Menurut data bahwa desa Babai merupakan penghasil rotan terbesar di kabupaten Barito Selatan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di segi pendidikan, desa Babai memiliki 5 sekolah dasar sederajat, 4 SDN dan 1 Madrasah Ibtidayah. 2 SLTP sederajat, 1 SMP dan 1 Madrasah Tsanawiyah. Dan 2 SMA sederajat, 1 SMA dan 1 Madrasah Aliyah.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Desa ini termasuk kategori desa terpencil karena akses ke kota sangat jauh dan satu-satunya akses transportasi menuju ke kota kabupaten dan desa tetangga menggunakan perahu/taksi motor (Klotok ± 3 jam sampai kabupaten (Buntok)/Speed Boat ± 1 jam sampai kabupaten Buntok).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kecamatan Karau Kuala tahun 2010, Tabel 3.1

Pranala luar[sunting | sunting sumber]