BDSM

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

BDSM adalah berbagai praktik atau permainan peran yang seringkali erotis yang melibatkan perbudakan, disiplin, dominasi dan ketundukan, sadomasokisme, dan dinamika antar individu terkait lainnya. Beberapa praktik tersebut mungkin dilakukan oleh orang-orang yang tidak menganggap diri mereka sebagai orang yang dilatih oleh pelatih komunitas BDSM. Inklusi dalam komunitas atau subkultur BDSM biasanya tergantung pada identifikasi diri dan pengalaman bersama.

Istilah "BDSM" pertama kali dicatat dalam postingan Usenet dari tahun 1991,[1] dan ditafsirkan sebagai gabungan dari singkatan B/D (Bondage dan Discipline), D/s (Dominance dan submission), dan S/M (Sadism dan Masochism). BDSM sekarang digunakan sebagai frase menyeluruh yang mencakup berbagai kegiatan, bentuk hubungan interpersonal, dan subkultur yang berbeda. Komunitas BDSM pada umumnya menyambut siapa pun yang memiliki karakter non-normatif yang mengidentifikasi diri dengan komunitas tersebut; ini mungkin termasuk orang yang suka menggunakan pakaian lintas busana, penggemar modifikasi tubuh, bermain peran sebagai hewan, juga orang yang suka mengenakan busana fetisisme berbahan karet, dan lainnya.

Kegiatan dan hubungan dalam konteks BDSM sering ditandai oleh para peserta yang mengambil peran untuk saling melengkapi, tetapi tidak setara; dengan demikian, persetujuan dari kedua mitra menjadi sangat penting. Istilah "tunduk" dan "dominan" sering digunakan untuk membedakan peran-peran ini: pasangan dominan ("dom") mengambil kendali psikologis atas submisif ("sub"). Istilah "atas" dan "bawah" juga digunakan: bagian "atas" adalah penghasut tindakan sedangkan bagian "bawah" adalah penerima tindakan. Dua rangkaian istilah ini sedikit berbeda: misalnya, seseorang dapat memilih untuk bertindak sebagai bagian "bawah" terhadap orang lain, misalnya, dengan dicambuk, murni secara rekresif, tanpa implikasi menjadi didominasi secara psikologis oleh mereka, atau tunduk untuk dipijat oleh pasangan dominan mereka. Meskipun bagian "bawah" melakukan tindakan dan bagian "atas" menerima, belum tentu mereka berganti peran.

Singkatan "sub" dan "dom" lebih sering digunakan dan berasal dari kata "submissive" dan "dominant". Kadang-kadang istilah khusus penyebutan wanita seperti "nyonya", "domme" atau "dominatrix" digunakan untuk menggambarkan wanita dominan, alih-alih berasal dari istilah "dom" yang netral jenis kelamin. Individu yang dapat berubah antara peran "atas"/dominant dan "bawah"/submissive—apakah dari hubungan ke hubungan atau dalam hubungan yang diberikan—dikenal sebagai "pergantian peran". Definisi yang tepat dari peran dan identifikasi diri adalah subjek umum yang masih diperdebatan di dalam komunitas.[2]

Prinsip dan dasar[sunting | sunting sumber]

"BDSM" adalah istilah umum untuk jenis perilaku erotis tertentu antara orang dewasa yang saling menyetujui. Ada beberapa subkultur yang berbeda dari istilah ini. Terminologi untuk peran sangat bervariasi di antara subkultur. Top dan dominant banyak digunakan untuk para mitra dalam hubungan atau kegiatan, yang masing-masing peserta aktif sebagai pengendali secara fisik. Bottom dan submissive secara luas digunakan untuk para mitra dalam hubungan atau kegiatan, yang masing-masing peserta secara fisik reseptif atau terkendali. Interaksi antara top dan bottom—di mana kendali fisik atau mental dari bagian bawah diserahkan ke atas—kadang-kadang dikenal sebagai "pertukaran kekuasaan", baik dalam konteks pertemuan atau hubungan.[3]

BDSM terjadi selama periode waktu tertentu yang disepakati oleh kedua belah pihak, praktik ini disebut sebagai "permainan", "adegan", atau "sesi". Peserta biasanya mendapatkan kesenangan dari hal ini, meskipun banyak dari praktik—seperti menimbulkan rasa sakit, penghinaan atau ditahan—akan menjadi tidak menyenangkan dalam keadaan lain. Aktivitas seksual eksplisit, seperti penetrasi seksual, dapat terjadi dalam satu sesi, tetapi hal tersebut tidaklah penting.[4] Interaksi seksual eksplisit semacam itu, untuk alasan hukum, jarang terlihat di tempat umum, dan kadang-kadang secara khusus dilarang oleh aturan komunitas. Tempat praktik diadakan mulai dari pesta di ruang bawah tanah yang mapan hingga tempat yang disediakan di klub malam atau acara sosial. Beberapa komunitas memiliki kebijakan seperti penggunaan celana dalam/stiker puting untuk wanita (juga pakaian dalam untuk pria) dan beberapa memungkinkan ketelanjangan penuh dengan memperbolehkan interaksi seksual secara eksplisit.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "BDSM n. (in entry B, n.)". Oxford English Dictionary Online (edisi ke-draft). Oxford University Press. June 2013. Diakses tanggal 29 November 2015. 
  2. ^ Grau, Johnson (1995). "What do B&D, S&M, D&S, "top", "bottom" mean". Leather Roses. Diarsipkan dari versi asli tanggal 11 January 2008. Diakses tanggal 27 January 2008. 
  3. ^ a b "Dictionary of BDSM Terms". Diakses tanggal 26 November 2014. 
  4. ^ Miller, Phillip; Devon, Molly; Granzig, William A. (1995). Screw the Roses, Send Me the Thorns: The Romance and Sexual Sorcery of Sadomasochism. Mystic Rose Books. hlm. 55. ISBN 978-0-9645960-0-9. 

Bacaan terkait[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]