August Heinrich Hoffmann von Fallersleben

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Potret dengan tanda tangan
Carte de visite Hoffmann, kartu no. "1324" buatan seorang fotografer yang tak teridentifikasikan dengan mahkota yang bertuliskan huruf "P", sekitar 1860

August Heinrich Hoffmann von Fallersleben (Tentang suara ini listen ; 2 April 1798 – 19 Januari 1874), yang juga menggunakan sebutan Hoffmann von Fallersleben sebagai nama pena-nya, adalah seorang penyair Jerman. Ia paling dikenal karena penylisan "Das Lied der Deutschen", stanza ketiganya yang sekarang menjadi lagu kebangsaan nasional Jerman, dan sejumlah lagu anak-anak terkenal, yang dianggap menjadi bagian dari gerakan Jerman Muda.

Biografi[sunting | sunting sumber]

August Henrich Hoffmann buatan Carl Georg Christian Schumacher (1819)

Hoffmann lahir di Fallersleben (sekarang Wolfsburg), Brunswick-Lüneburg, yang menjadi bagian dari Kekaisaran Romawi Suci.

Sebagai putra dari pedagang dan Wali kota kota asalnya, ia dididik di sekolah klasik Helmstedt dan Braunschweig, dan setelah itu di universitas Göttingen dan Bonn. Ketertarikan awalnya adalah mempelajari teologi, namun kemudian ia beralih ke bidang sastra. Pada 1823, ia dipilih menjadi custodian perpustakaan universitas di Breslau, sebuah jabatan yang ia pegang sampai 1838. Ia juga menjadi profesor luar biasa bahasa Jerman dan sastra di universitas tersebut pada 1830, dan profesor biasa pada 1835.

Pada pengasingannya, ia berkunjung ke Jerman, Swiss dan Italia, dan tinggal selama dua atau tiga tahun di Mecklenburg, dimana ia menjadi warga negara yang dinaturalisasikan. Setelah revolusi 1848, ia kembali ke Prusia, dimana ia dikembalikan hak-haknya, dan mendapatkan gaji dari sebuah jabatan yang menjanjikan. Ia menikah pada 1849, dan pada sepuluh tahun berikutnya mula-mula tinggal di Bingerbrück, setelah itu di Neuwied, dan kemudian di Weimar, dimana bersama dengan Oskar Schade (1826–1906) ia menyunting Weimarische Jahrbuch (1854–1857).

Pada 1860, ia dipilih menjadi pustakawan untuk Victor I, Adipati Ratibor di istana kebiaraan Corvey dekat Höxter di Weser, dimana ia meninggal pada 1874.[1]

Karya[sunting | sunting sumber]

Hoffmann von Fallersleben adalah salah satu penyair paling terkenal di Jerman pada masa sekarang.

Salah satu puisi yang paling terkenal adalah puisi patriotik "Das Lied der Deutschen" yang dimulai dengan kata Deutschland, Deutschland über alles dan dibuat nadanya pada 1797 oleh Joseph Haydn. Lirik tersebut ditulis pada 1841 di pulau Helgoland, yang berada dalam kekuasaan Inggris.[2]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Hoffmann von Fallersleben". Gym Muenchenstein. 
  2. ^ Setelah pulau tersebut diberikan kepada Jerman pada 1890, sebuah monumen didirikan pada 1891 untuk mengenangnya. Monumen tersebut kemudian dihancurkan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]