Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon? Ek Baar Phir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Astha & Shlok)

Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon... Ek Baar Phir
GenreDrama
Romansa
PembuatStar Plus
SutradaraWaseem Sabir
Yusuf Ansari
Pengarah kreatifShikha Vij
Penggubah lagu temaLalit Sen
Shaurabh Kalsi
Negara asalIndia
Bahasa asliHindi
Marathi
Jmlh. episode542
Produksi
Produser eksekutifKarnika Saxena
ProduserSunjoy Wadhwa
Comall Waddhwa
Lokasi produksiPune
Pengaturan kameraMulti-camera
Durasi21 menit
Rumah produksiSphere Origins
Rilis asli
JaringanIndia Star Plus
Indonesia SCTV
Format gambar1080i (HDTV)
Rilis26 Agustus 2013 (2013-08-26) –
13 Juni 2015 (2015-06-13)

Inikah Cinta? (judul asli: Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon? Ek Baar Phir adalah televisi drama romantis India yang diproduksi oleh Sunjoy Waddhwa di bawah Sphere Origins. Serial ini ditayangkan di Star Plus senin sampai sabtu dari 26 Agustus 2013 hingga 13 Juni 2015, menyelesaikan 542 episode. Serial tersebut dibintangi oleh Avinash Sachdev dan Shrenu Parikh sebagai Shlok dan Aastha.[1][2] Merupakan lanjutan dari Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon? dengan jalan cerita dan karakter baru.[3][4][5] Merupakan pelopor serial yang tayang di slot 18:00 di India.[6]

Pertunjukan berputar di sekitar Shlok dan Aastha dan mengikuti kisah Shlok, yang penuh dengan masalah dari pengalaman masa lalunya yang membentuk kepribadian sombongnya yang berkontribusi pada tindakannya. Di sisi lain, Aastha, seorang wanita progresif yang bertekad membawa perubahan untuk kebaikan, bertemu dengan Shlok yang kesal dengan sifat Aastha. Shlok menunjukkan cinta palsu dan menikahi Aastha, terutama didorong oleh keinginan untuk membalas dendam atas penghinaan terhadap dirinya dan keluarganya, sambil mengarahkan interaksi antara balas dendam yang dimaksudkan dan emosi cinta. Serial ini juga berfokus pada kekerasan dalam rumah tangga. Serial ini mulai tayang di Indonesia tanggal 5 September 2016 di SCTV setiap hari pukul 13:30 WIB.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Aastha adalah wanita yang ceria, lincah, bersemangat, dan menawan yang menghargai hubungan dan mendukung kesetaraan. Sebaliknya, Shlok adalah pria yang sombong, pendiam, dan berpikiran bisnis yang lebih percaya pada kekayaan daripada hubungan. Dia memiliki masa lalu yang menyedihkan yang akhirnya membawanya ke kesombongannya.

Shlok diberitahu tentang kemungkinan kecurangan yang terjadi di institusi universitas. Dia menangguhkan anak laki-laki tetapi mengusir gadis itu. Belakangan, keluarga Agnihotri diundang ke acara penghargaan untuk mengakui reputasi mereka di industri pendidikan atas bisnis mereka. Aastha mengetahui bahwa Shlok telah melakukan ketidakadilan pada gadis itu. Di acara tersebut, dia mempertanyakan Shlok tentang kelalaiannya setelah itu direkam secara langsung dan diekspos ke publik. Publik melabeli Shlok dan keluarganya sebagai pendukung ketidaksetaraan yang menyebabkan bisnis mereka digerebek. Shlok secara keliru percaya bahwa Aastha bertanggung jawab atas penghinaan terus-menerus dari keluarganya, khususnya ayahnya, dan memutuskan untuk membalas dendam.

Shlok menunjukkan cinta palsu kepada Aastha dan menikahinya dengan alasan palsu. Pada malam Suhag Raat mereka, Shlok mematahkan kalung pernikahan Aastha dan mengungkapkan kepadanya bahwa dia tidak pernah mencintainya dan bahwa dia hanya menikahinya untuk membalas dendam, membuat Aastha patah hati. Shlok dengan marah memberi tahu Aastha bahwa dia menunjukkan cinta palsu untuk membalas dendam atas penghinaan terhadap dirinya dan ayahnya. Dia bertindak lebih jauh dengan mengancamnya bahwa jika dia mengungkapkan ini kepada siapa pun, dia akan membuat ayahnya dijebak dalam kasus korupsi. Sementara itu, Anjali ingin Aastha beradaptasi dengan sempurna dengan tradisi Agnihotri. Varad mengatur bulan madu untuk Shlok dan Aastha. Terlepas dari upaya Aastha untuk membatalkan bulan madu, Shlok dan Aastha pergi. Dalam perjalanan ke bulan madu mereka, Aastha kabur dan tersesat di hutan. Saat mencari Aastha, Shlok bertemu dengannya dan mereka berdua menghabiskan "bulan madu" yang direncanakan di hutan sambil mencoba mencari jalan keluar.

Aastha mengetahui bahwa ayahnya, Avdhoot, dipenjara. Dia berasumsi bahwa Shlok mengirimnya ke penjara dan melampiaskan amarahnya padanya. Sebagai imbalannya, Shlok mencoba membuktikan ketidakbersalahannya bahwa dia tidak mengirimnya ke penjara. Kecewa, Aastha mengungkapkan kebenaran kepada keluarganya dan keluarga Agnihotri tentang pernikahannya dan rencana balas dendam Shlok; mereka terkejut. Kalindi ingin Aastha mengajukan gugatan cerai. Pada sidang pengadilan pertama, Aastha diperintahkan oleh pengadilan untuk tinggal bersama Shlok selama enam bulan. Selama enam bulan, Aastha menemukan masa lalu Shlok yang menyedihkan; di mana Shlok sebenarnya adalah orang yang tidak bersalah dan baik. Aastha mengetahui bahwa Shlok jatuh cinta dengan gadis bernama Swati ini dan perpisahan mereka menyebabkan kebenciannya terhadap wanita. Terlihat Niranjan memerintahkan Anjali untuk membenci Swati, hanya karena dia menentang tradisi Agnihotri yang pada akhirnya menyebabkan perpisahan Shlok, di mana Shlok menyalahkan Anjali, membuatnya patah hati dan seterusnya. Saat mencoba mengembalikan kepribadian Shlok yang sebenarnya, Aastha jatuh cinta pada Shlok dan menyatakan cintanya padanya.

Aditi, yang merupakan putri dari teman dekat Niranjan, tiba di rumah Agnihotri dan bertindak sebagai penipu untuk memisahkan Shlok dan Aastha. Aditi mencoba membunuh Aastha beberapa kali tetapi dia diselamatkan oleh Shlok. Aditi menculik Aastha tapi Shlok menyelamatkannya saat Aditi hendak menembaknya. Terungkap bahwa Aditi adalah adik Swati dan motif utamanya adalah membunuh Aastha agar Shlok menderita. Aditi percaya bahwa Shlok adalah penyebab kesehatan Swati yang memburuk. Shlok kaget melihat Swati yang segera meninggal dunia. Shlok menyadari cintanya pada Aastha dan menyatakan cintanya padanya. Mereka berdua menyempurnakan pernikahan mereka. Di akhir 6 bulan, Shlok dan Aastha sama-sama menyatakan tidak ingin bercerai.

Adik perempuan Shlok, Jyoti, melarikan diri dari mertuanya yang misoginis setelah mereka menginginkan aborsi untuk ketiga kalinya untuk bayi perempuannya yang belum lahir. Saat melarikan diri, dia bertemu dengan Siddharth yang menawan yang kebetulan adalah sepupu Aastha. Tidak menyadari situasi Jyoti, Siddharth merawatnya. Dia mengirimnya ke rumah Kalindi yang kaget melihatnya. Jyoti menjelaskan semuanya pada Kalindi. Abhay dan Sulbha menyusun rencana untuk memberi tahu keluarga Agnihotri dan membuat mereka percaya bahwa mereka tidak bersalah dan Jyoti telah melarikan diri. Siddharth perlahan jatuh cinta pada Jyoti. Saat perayaan ulang tahun Anjali, Abhay menemukan Jyoti dan keluarganya kaget melihatnya. Dia memohon kepada Niranjan untuk membiarkan dia tinggal bersama mereka. Aastha berhasil menangkap Abhay.

Aastha menyaksikan Niranjan menunjukkan perilaku kekerasannya terhadap Anjali dan mengetahui kebenaran tentang sifat asli Niranjan dan bagaimana dialah yang mengendalikan Anjali untuk menutupi keinginan buruknya. Saat Aastha mengonfrontasi Anjali tentang hubungan mereka, mereka berdua menjadi emosional saat Anjali menerima bahwa Niranjan membuatnya tidak berdaya. Aastha berjanji pada Anjali bahwa dia akan mengungkap sifat asli Niranjan dan bahwa dia akan menghapus kesan salah yang dimiliki setiap orang tentang Anjali. Niranjan ingin Abhay dibebaskan dari penjara dan meminta Anjali untuk membuat Jyoti menandatangani surat jaminan. Jyoti mulai mengembangkan kebencian terhadap ibunya. Ketika Niranjan secara tidak langsung berhasil membuat Jyoti menandatangani surat jaminan, Abhay memaksa Jyoti untuk membawanya pulang. Anjali menghentikan ini terjadi dan Niranjan sangat marah. Namun, Jyoti mulai melihat sifat manis Anjali. Abhay menculik Jyoti' Putrinya dan Shlok memukulinya. Setelah meyakinkan keluarga, Siddharth dan Jyoti akhirnya menikah.

Aastha mencoba mengungkap identitas Niranjan yang sebenarnya kepada Shlok beberapa kali, tetapi dia tidak mempercayainya. Dia berhasil mendapatkan rekaman di mana Niranjan terlihat mengakui niat buruknya, namun Niranjan menghancurkan bukti tersebut. Takut Aastha berhasil mengungkap Niranjan, dia mulai membuat kesalahpahaman antara Shlok dan Aastha. Aastha terus menyalahkan Niranjan karena mengendalikan Anjali dan tidak merawat Jyoti. Marah dengan tuduhan Aastha, Shlok memutuskan untuk membagi rumah dan memerintahkan Aastha untuk tinggal di salah satu bagian rumah. Aastha segera bergabung dengan Anjali setelah itu dia juga menyalahkan Niranjan karena menipu semua orang. Niranjan tercengang melihat Anjali melawannya. Tapi segera setelah itu, Jyoti menyaksikan Niranjan mengakui tindakannya terhadap Jyoti dan menjelek-jelekkan Anjali. Dia hancur melihat ayahnya Itu sifat sejati. Dia bergabung dengan Anjali dan Aastha, dan memberitahu Shlok bahwa dia sedang ditipu.

Segera setelah itu, Niranjan mengetahui bahwa Aastha memiliki bukti yang memberatkannya dan menghancurkannya. Niranjan menculik Aastha dan mengikatnya pada undang-undang yang akan segera terbakar. Niranjan menghentikan Anjali untuk menyelamatkannya dan membawanya pergi. Anjali mengkritik Niranjan. Shlok menyelamatkan Aastha dan dia membawanya ke tempat Niranjan terlihat mengakui kesalahannya kepada Anjali. Shlok akhirnya mengetahui kebenaran tentang ayahnya dan hancur. Shlok menyesali kesalahannya dengan Anjali dan Aastha. Dia mendapat pemikiran emosional tentang masa lalunya; perlakuan buruknya terhadap Anjali, dan kesalahpahamannya terhadap Aastha. Shlok menyebut Anjali sebagai ibunya dan memeluknya. Mereka berdua menjadi emosional. Keesokan harinya, Shlok, Aastha dan Anjali meninggalkan rumah Agnihotri. Shlok dan Aastha mulai mencari nafkah dengan menjalankan bisnis truk makanan dan hidup sederhana. Ketiadaan Shlok membuat Niranjan merasa kesepian.

Varad dengan bodohnya menandatangani kontrak dengan Indrajeet Sarkar dan keluarga Agnihotri kehilangan bisnis dan rumah mereka. Niranjan sangat ingin menemukan Shlok. Saat dia bertemu dengan Shlok, Aastha, dan Anjali dia meminta maaf dan dimaafkan. Varad juga meminta maaf atas kebodohannya dan dimaafkan. Keluarga Agnihotri yang bersatu kembali tinggal bersama di sebuah rumah kecil. Keluarga Agnihotri dengan terampil mengembangkan rencana untuk mendapatkan kembali aset mereka dari Sarkar.

Shlok dan Aastha menyamar sebagai Balvankar Singh dan Sapna untuk mendapatkan kembali aset mereka yang hilang; Aastha bekerja sebagai asisten Indrajeet dan Shlok bekerja sebagai pengasuh anak-anaknya. Mereka justru bekerja sama untuk memiliki dokumen Surat Kuasa . Akhirnya, Shlok dan Aastha berhasil mendapatkan surat-surat itu. Pada hari mereka mendapatkan semuanya kembali, keluarga Sarkar mengungkapkan kebenaran yang mengejutkan kepada keluarga Agnihotri yang membuat Anjali hancur dan anggota keluarga lainnya terkejut. Tak lama kemudian, Shlok, Anjali dan Aastha bertemu dalam sebuah kecelakaan di mana Shlok mengalami koma, Anjali meninggal dan Aastha kehilangan ingatannya.

6 Bulan Kemudian

Ketika Shlok bangun dari koma, dia sangat terpukul saat mengetahui bahwa Anjali meninggal dalam kecelakaan itu. Dia bertanya tentang Aastha di mana Varad mengatakan dia hilang. Setelah pencarian putus asa, Shlok akhirnya bertemu dengan Aastha yang tidak dapat mengenalinya, membuat Shlok patah hati. Terungkap bahwa Indrajeet memanfaatkan hilangnya ingatan Aastha dan membuatnya percaya bahwa dia adalah suaminya. Shlok mulai membuat ulang kejadian sebelumnya sehingga Aastha mendapatkan kembali ingatannya, membuat marah Indrajeet. Pada hari pernikahan mereka dengan Indrajeet, dia telah menculik Shlok. Perlahan mengingat masa lalunya, ibu Aastha, Kalindi, membantu Aastha mengingat. Shlok berhasil menghentikan pernikahan dan menyelamatkan Aastha. Aastha senang melihat Shlok. Indrajeet ditangkap. Shlok dan Aastha mengadopsi anak Indrajeet dan hidup bahagia bersama.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Avinash Sachdev sebagai Shlok Agnihotri: suami Aastha, putra Niranjan dan Anjali (2013–2015)
  • Shrenu Parikh sebagai Aastha Agnihotri: istri Shlok, putri Avdhoot dan Kalindi (2013–2015)

Pendukung[sunting | sunting sumber]

  • Manish Wadhwa sebagai Niranjan Agnihotri: ayah Shlok, suami Anjali (2013–2015)
  • Geetanjali Tikekar sebagai Anjali Agnihotri: ibu Shlok, istri Niranjan (2013–2015)
  • Samir Sharma sebagai Varad Agnihotri: saudara laki-laki Shlok, suami Sojal (2013–2015)
  • Shalmalee Desai sebagai Sojal Agnihotri: istri Varad (2013–2015)
  • Grace Girdhar sebagai Kavya Agnihotri: putri Varad dan Sojal (2013–2015)
  • Sachin Parikh sebagai Vinayak Agnihotri: adik laki-laki Niranjan (2013–2014)
  • Tushar Dalvi sebagai Avdhoot Kirloskar: ayah Aastha, suami Kalindi (2013-2015)
  • Prachee Shah sebagai Kalindi Kirloskar: ibu Aastha, istri Avdhoot (2013-2015)
  • Minal Karpe sebagai "Ajju": nenek Aastha, ibu Avdhoot (2013-2015)
  • Kabeer Maira sebagai Ankush Joshi: saudara tiri Aastha, putra Kalindi (2014–2015)
  • Ankit Modgil sebagai Siddharth Lokhande: suami kedua Jyoti (2014–2015)
  • Sheetal Dabholkar sebagai Jyoti Lokhande: Adik perempuan Shlok, istri Siddharth (2013–2015)
  • Nupur Alankar sebagai Renuka Lokhande: ibu Siddharth (2014–2015)
  • Sharmin Kazi sebagai Riya Lokhande: saudara perempuan Siddharth
  • Deep Jaitley sebagai Abhay Deshmukh: mantan suami Jyoti (2013–2014)
  • Pratibha Goregaonkar sebagai Sulbha Deshmukh: ibu mertua Jyoti (2013–2014)
  • Manjushree Kulkarni sebagai Jaya: ibu Sojal (2013–2015)
  • Neha Sargam sebagai Aditi/Gayatri: saudara perempuan Swati, musuh Shlok & Aastha (2014)
  • Shivani Tomar sebagai Swati: cinta pertama Shlok
  • Anchal Sabharwal sebagai Mansi: mantan pacar Varad (2014)
  • Karan Gangwal sebagai Suresh: asisten Shlok (2013–2014)
  • Aakshi Khari sebagai Apsara (2014–2015)
  • Priya Raina sebagai dr. Surbhi: Teman Masa Kecil Shlok (2015)
  • Aarav Chowdhary sebagai Indrajeet Sarkar: musuh keluarga Agnihotri (2015)
  • Dolly My the Ahilya Vinas (2015)
  • Roma Bali sebagai Kavita Sarkar (2015)
  • Swati Rajput sebagai Poornima Sarkar: saudara perempuan Indrajeet (2015)
  • Lakshya Wahi sebagai Shantanu Sarkar: putra Indrajeet (2015)
  • Reet Sharma sebagai Mishti Sarkar: putri Indrajeet (2015)
  • Satish Sharma sebagai Pradeep Vinas: paman Indrajeet (2015)
  • Jaanvi Sangwan sebagai Mousami Vinas: bibi Indrajeet (2015)

Produksi[sunting | sunting sumber]

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Awalnya, tim produksi mempertimbangkan judul potensial untuk acara tersebut yang meliputi: Dard-E-Dil atau Iss Dil Ka Kya Karoon, tetapi akhirnya memilih Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon Ek Baar Phir. Akibatnya, itu menjadi bagian kedua dari seri Iss Pyaar Ko Kya Naam Doon.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Avinash Sachdev terpilih untuk memerankan Shlok Agnihotri. Berbicara tentang tantangan untuk musim kedua, Sachdev berkata, "Saya berperan sebagai chauvinis pria yang tidak menghormati wanita... Sekarang, dengan namanya, ini menjadi tantangan yang lebih besar." Tanpa mengetahui nama acaranya, dia juga menambahkan bahwa "Saat ini adalah sekuel IPKKND, saya masih memberikan 100% saya." Berbicara tentang persiapannya, Sachdev menyebutkan bahwa "Saya belum menonton acara aslinya...". Sachdev mengatakan tentang perannya, "... Ini adalah pertama kalinya saya akan memainkan anti-pahlawan di layar kecil. Sementara saya menantikan peran seperti itu, saya sangat senang bahwa itu datang kepada saya begitu cepat." Dia lebih lanjut menambahkan "Dia adalah seorang taipan bisnis yang dinamis yang percaya dia bisa memenangkan apapun...dia suka menantang dirinya sendiri..." Sachdev mengikuti audisi untuk pertunjukan tersebut pada Januari 2013 tetapi tidak mulai syuting sampai April 2013.

Siaran[sunting | sunting sumber]

Serial ini awalnya ditayangkan pada pukul 18:00 (IST) pada hari kerja. Pada 26 Januari 2015, slot waktu diubah menjadi 17:30 (IST) setelah mendapat perpanjangan.

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Nominasi Hasil
2014 Star Parivaar Awards Favourite Patni Shrenu Parikh Menang
Favourite Naya Sadasya (female) Nominasi
Favourite Jodi Shrenu Parikh dengan Avinash Sachdev Nominasi
Indian Telly Awards Best New Actor In Negative Role(Male) Manish Wadhwa Nominasi[7]
Jury Award for Best Stylist Tara Desai Nominasi
Jury Award for Best Dialogue Writer Ritesh Shah Nominasi

Penayangan Internasional[sunting | sunting sumber]

  • Turki ditayangkan dengan judul Bir Garip Ask
  • Arab Saudi ditayangkan dengan judulMen Nazra Thanya
  • Vietnam ditayangkan dengan judulMối Tình Kì Lạ
  • Indonesia ditayangkan dengan judul Astha & Shlok di SCTV [8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]