Aslı Bayram

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Aslı Bayram
Asli Bayram.jpg
Aslı Bayram pada 2003.
Lahir 01 April 1981 (umur 36)
Darmstadt, Jerman
Pekerjaan aktris
Situs web http://www.asli-bayram.com/

Aslı Bayram (kelahiran 1 April 1981) adalah seorang aktor dan penulis Jerman keturunan Turki. Sejak 2010, ia menjadi Duta Besar Kehormatan untuk Penumpasan Kejahatan oleh Kementerian Keadilan Hessen, Jerman.

Kehidupan dan karier[sunting | sunting sumber]

Bayram lahir di Darmstadt, Jerman. Pada 1994, ayahnya ditembak mati oleh seorang Neo-Nazi dan ia ditembak di lengan kirinya.[1]

Pada 2005, ini menjadi Miss Germany pertama dengan keturunan Turki dan berpartisipasi dalam kontes Miss Universe 2005 di Bangkok. Bayram menyelesaikan pelatihan aktor dengan Eric Morris, Los Angeles, dan Anne Mertin, Vienna.

Film internasional pertama yang ia bintangi adalah Jump! bersama dengan Patrick Swayze. Setelah itu, ia tampil dalam sebuah peran paling berpengaruh dalam film komedi gelap de (Short Cut to Hollywood), yang mengambil gambar di AS dan ditampilkan di Berlinale pada 2009.

Pada Oktober 2007, Aslı Bayram tampil untuk pertama kalinya secara profesional di atas panggung dan meraih sambutan dalam penampilan teater solo Anne Frank: The Diary di Théatre de la Ville D’Esch di Luxembourg. Sebuah undangan di Festival Teater Berbahasa Jerman di Praha pun datang, dan setelah penampilan perdana Jerman di Frankfurt/Main. Buddy Elias, sepupu Anne Frank, menyertakan Aslı Bayram di proyek ini.

Pada 2008/2009 ia melakukan tur dengan versi bahasa Inggris di Kanada dan AS. Ia menyelesaikan proyek tersebut bertepatan dengan hari ulang tahun Anne Frank ke-80 dengan tiga penampilan di Museum of Tolerance, Los Angeles, Hollywood.[2]

Pada 2009, ia juga mengarang buku Grenzgängerin - Leben zwischen den Welten (Pelintas Batas. Kehidupan antar Dunia) yang diterbitkan pada 2009 oleh Random House.

Pada 2009, ia berpartisipasi dalam produksi Swiss de (180° (film); 180°) dan film Bosnia Sevdah za Karima (judul Inggris: Sevdah for Karim). Untuk kedua peran pada film tersebut, ia meminta agar tidak menggunakan sinkronisasi bibir. Aslı Bayram tampil dalam dua bahasa nasional, bahasa Jerman Swiss dan bahasa Bosnia. Kedua film tersebut meraih kesuksesan di penayangan sirkuit festival di festival-festival Internasional: Zurich, Sarajevo, Pec´, Antalya, Goteborg, Rotterdam dan Berlin.

Hollywood Reporter memuji penampilannya dalam film 180° stating that, "Asli Bayram dalam beberapa adegan memberikan potret mengejutkan dari seorang wanita muda yang bernavigasi antar dua dunia sementara tinggal di antara mereka."[3]

Pada September 2010, buku buatannya yang berjudul Grenzgängerin - Leben zwischen den Welten meraih rekor dalam Guinness World Records untuk jumlah orang terbanyak dengan pembacaan publik berulang-ulang.[4][butuh rujukan]

Aslı Bayram cmengkampanyekan secara terbuka pertentangan terhadap rasisme dan xenofobia. Sejak 2010, Aslı Bayram dipilih menjadi Duta Besar Kehormatan untuk Penumpasan Kejahatan oleh Kementerian Keadilan Hessen, Jerman. Ia juga dijadikan Pelindung Kehormatan dari Riehl-School di Wiesbaden, yang beberapa muridnya berasal dari latar belakang imigran.

Sejak 2011, Aslı Bayram telah menampilkan peran utama perempuan dalam serial televisi Turki di saluran Star TV, Sirat.[5]

Pada Juli 2011, ia menampilkan peran utama dalam film thriller internasional Body Complete, yang ditampilkan dalam bahasa Inggris dan Jerman bersama dengan seorang pemeran veteran Hollywood dan aktor-aktor Broadway. Film tersebut mengambil gambar di Sarajevo dan wilayah-wilayah di sekitarnya, dan Vienna. Body Complete ditayangkan di 14 festival di seluruh dunia dan memenangkan 7 penghargaan. Bayram memenangkan dua penghargaan Aktris Terbaik, di Festival Film New York International Riverlight 2012 dan Festival Film Internasional Amerika 2012.

Pada Agustus 2011, Bayram membintangi film fitur Shanghai Gypsy, sebuah kisah cinta yang difilmkan di Italia dan Slowenia. Dalam peran utama, Bayram tampil dalam bahasa Italia dan bahasa Romani. Pada tahun yang sama, ia juga membintangi film ARD-TV Jerman Die Wüstenärztin (The Desert Doctor), yang melakukan pengambilan gambar di Namibia, Doha dan Vienna.

Yang paling terkini, Asli saat ini tampil dalam sebuah film komedi buatan David Frankel yang berjudul One Chance, bersama dengan James Corden dan Julie Walters, yang utamanya mengambil gambar di Venesia dan Britania Raya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]