Asia's Next Top Model, Siklus 4

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Asia's Next Top Model, Siklus 4
Asia's Next Top Model Season 4.jpeg
Kontestan Siklus 4
Negara asal Singapura
No. episode 13
Rilis
Saluran asal STAR World
Tayang perdana 9 Maret 2016 – 1 Juni 2016
Kronologi Musim
← Sebelumnya
Siklus 3
Selanjutnya →
Siklus 5

Asia's Next Top Model, Siklus 4, disingkat AsNTM4, adalah acara televisi pencarian bakat model top Asia yang merupakan bagian franchise acara America's Next Top Model. Acara ini telah memasuki musim ke-4. Pemenang dari ajang ini akan mendapatkan gelar "Asia's Next Top Model" dan berkesempatan meniti karier sebagai model adibusana di agensi model, Storm di London, tampil di halaman utama Harper's Bazaar Singapura, Wajah TRESemmé Tahun 2016, dan memenangkan mobil Subaru. Acara ini menampilkan model-model potensial yang berasal dari berbagai negara-negara di Asia.

Pada siklus ke-4, juri yang tergabung terdiri dari model fashion asal Thailand dan pemenang ajang kontes kecantikan Cindy Bishop yang mengantikan Georgina Wilson pada musim sebelumnya. Supermodel asal Indonesia, Kelly Tandiono mengantikan Joey Mead King sebagai Model Mentor, dan kreatif konsultan America's Next Top Model, Yu Tsai bergabung ke dalam panelis juri.

Di musim ke-4 ini, penilaian juri menggunakan sistem baru yaitu metode skor yang dilakukan pada saat panelis juri berlangsung. Masing-masing juri panelis pada setiap episode memberikan nilai dari skala 0 - 10 untuk penilaian sesi pemotretan editorial/kampanye. Kontestan yang mendapatkan skor terendah pada nilai kumulatif dari skor nilai tantangan dan skor nilai pemotretan memiliki peluang besar untuk tereliminasi.

Siklus ke-4 kali ini menampilkan 14 kontestan: 3 kontestan berasal dari Filipina, 2 kontestan berasal dari Indonesia dan 2 konstan lain berasal dari Thailand, kontestan lain masing-masing memiliki satu perwakilan berasal dari Hong Kong, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Singapura, Korea Selatan dan Vietnam. Pada musim ke-4, terdapat perwakilan model yang bergabung pertama kali pada kontes ini yang berasal dari negara Mongolia dan Myanmar, sedangkan China, India, Jepang, Nepal, dan Taiwan tidak memiliki perwakilan di musim ini.

Tawan Kedkong, kontestan perwakilan Thailand diumumkan sebagai pemenang pada 1 Juni 2016, mengalahkan 2 finalis lainnya, Patricia Gunawan dari Indonesia, dan Sang-in Kim dari Korea Selatan. Tawan menjadi pemenang kedua yang berasal dari Thailand setelah Jessica dari siklus pertama.

Audisi[sunting | sunting sumber]

Tahapan audisi dilaksanakan di tiga negara sebagai berikut:[1]

Calon kontestan dapat juga melakukan audisi daring jika tidak memungkinkan melakukan audisi secara langsung.[2]

Kontestan[sunting | sunting sumber]

Berikut ini ke-14 kontestan terpilih yang mengikuti tahap selanjutnya.

(Usia tercantum adalah usia saat kontes berlangsung)[3][4]

Asal Kontestan Usia Tempat tinggal Tinggi Hasil
 Thailand Wanvisa "Maya" Goldman 22 Chiang Mai 1.73 m (5 ft 8 in) Tereliminasi diluar panel juri pada Episode 1
 Mongolia Adina "Tugs" Saruul 24 Ulaanbaatar 1.80 m (5 ft 11 in) Tereliminasi pada Episode 2
 Vietnam Ngo Thi Quynh Mai 20 Ho Chi Minh City 1.73 m (5 ft 8 in) Tereliminasi pada Episode 3
 Filipina Gwendoline "Gwen" Ruais 25 Muntinlupa 1.80 m (5 ft 11 in) Tereliminasi pada Episode 4
 Filipina Alaiza Malinao 21 Sulop 1.73 m (5 ft 8 in) Mengundurkan Diri pada Episode 4
 Hong Kong Jessica Lam 21 Hong Kong 1.76 (5 ft 9½ in) Tereliminasi pada Episode 5
 Indonesia Aldila Zahraa 23 Jakarta 1.73 m (5 ft 8 in) Tereliminasi pada Episode 6
 Myanmar That "May" Htet Aung 17 Yangon 1.74 m (5 ft 8½ in) Tereliminasi pada Episode 7
 Malaysia Nuraini "Tuti" Noor 24 Kuching 1.75 m (5 ft 9 in) Tereliminasi pada Episode 9
 Singapura Angela "Angie" Watkins 19 Singapore City 1.74 m (5 ft 8½ in) Tereliminasi pada Episode 10
 Filipina Julian Flores 25 Manila 1.74 m (5 ft 8½ in) Tereliminasi pada Episode 11/12
 Korea Selatan Sang In Kim 23 Incheon 1.76 m (5 ft 9½ in) Runner-up
 Indonesia Patricia Gunawan 25 Jakarta 1.68 m (5 ft 6 in)
 Thailand Jiratchaya "Tawan" Kedkong 20 Pattani 1.77 m (5 ft 10 in) Pemenang

Hadiah[sunting | sunting sumber]

Hadiah utama bagi pemenang AsNTM4 akan mendapatkan satu unit mobil Subaru XV, menjadi Wajah TRESemmé Tahun 2016, tampil sebagai gadis sampul Harper's Bazaar Singapura, dan kontrak model manajemen Storm, London. Selain itu, terdapat juga hadiah lain yang diberikan kepada model yang memenangkan tantangan atau mendapatkan skor tertinggi setiap episodenya:

  • Episode 1: Make up Maybelline, produk TRESemmé, perawatan gigi Close Up bagi semua kontestan.
  • Episode 2: Voucher belanja daring Zalora senilai 1000 dollar Singapura bagi pemenang tantangan
  • Episode 3: Perlengkapan perawatan rambut TRESemmé bagi semua kontestan yang bertahan
  • Episode 4: Duta Merk mobil Subaru Tahun 2016 bagi kontestan peraih skor tertinggi
  • Episode 5: Perlengkapan make up Maybelline bagi semua kontestan yang bertahan dan Perjalanan ke New York Fashion Week 2016 bagi kontestan peraih skor tertinggi
  • Episode 6: Belanja sepuasnya di Butik Zalora Singapura selama 15 detik bagi pemenang tantangan dan menjadi Wajah Zalora 2016 bagi kontestan peraih skor tertinggi
  • Episode 7: Makan malam bersama Tom Rodriguez bagi pemenang tantangan dan anting berlian dari Close Up bagi kontestan peraih skor tertinggi
  • Episode 8: Bagian dari Promosi "Make It Happen!" Maybelinne untuk kontestan yang berhasil memukau di tantangan, dan Duta Kedua Subaru Tahun 2016 bagi kontestan peraih skor tertinggi.
  • Episode 9: Paket perawatan Scholl untuk kontestan pemenang tantangan, dan Wajah Neutrogena 2016 bagi kontestan peraih skor tertinggi.
  • Episode 10: Pembawa acara Peragaan Busana TRESemme Tahun 2016 bagi peraih skor tertinggi.
  • Episode 11: Hadiah bepergian pada siang hari (Pulau Sentosa) dan malam hari (Zookout) sesuai pilihan kontestan.
  • Episode 12: Pemenang Asia's Next Top Model akan mendapatkan hadiah utama.

Dewan Juri[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 02015-12-033 Desember 2015, sebuah rilis akun resmi Instagram, Georgina Wilson mengumumkan bahwa tidak melanjutkan kembali sebagai pembawa acara di ajang tersebut.[5] Alex Perry dan Joey Mead King, keduanya juga dikonfirmasikan tidak kembali muncul pada Siklus Ke-4. Panel juri akan digantikan oleh fashion model dan juga seorang mantan juara kontes kecantikan asal Thailand, Cindy Bishop sebagai host dan ketua juri, supermodel internasional asal Indonesia, Kelly Tandiono sebagai model mentor, dan juga bergabung di panelis, Yu Tsai sebagai konsultan kreatif asal Taiwan, yang berpengalaman di ajang America's Next Top Model.

Beberapa juri tetap pada siklus sebelumnya akan tampil kembali sebagai juri tamu di Siklus 4 seperti Daniel Boey di Episode 4, yang merupakan Direktur Kreatif AsNTM pada Siklus Pertama dan Georgina Wilson yang merupakan mantan ketua juri tetap di AsNTM pada Siklus Ketiga.

Para juri panelis tamu yang diundang merupakan para ahli bidang mode, fashion, fotografer, dan pihak sponsor utama yang terlibat di dalam produksi acara.

Juri Peran Episode
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 13
Cindy Bishop Model Asal Thailand/Pembawa Acara/Ketua Dewan Juri 1
Kelly Tandiono Model Asal Indonesia/Model Mentor 2 2 2 2
Yu Tsai Konsultan Kreatif 2 3 2 3 2 3
Georgina Wilson Model asal Filipina/Duta Merk TRESemmé 4
Daniel Boey Pakar Mode Adibusana Asal Singapura 3 3
Kenneth Goh Pemimpin Redaksi Harper's Bazaar Singapura 3 3 4 3 4
BJ Pascual Fotografer Model 3
Lourd Ramous Hairstylist TRESemmé 4
Glenn Tan Presiden Direktur TC Subaru 4 4
Patricia Field Desainer asal Amerika Serikat 3
Nigel Stanislaus Direktur Make Up Maybelline 4
Meghna Mistry Direktur Mode Zalora 3
Mike Lewis Model dan Aktor asal Indonesia 4
Nicole Warne Fashion Blogger 4
Katie Atkin Perwakilan Agensi Storm Model Management, London 5
     Juri utama yang yang hadir dalam panelis
     Juri utama yang tidak hadir dalam panelis
     Juri tamu yang berpartisipasi dalam panelis
     Kosong

Episode[sunting | sunting sumber]

Episode 1: Gadis yang Tidak Mendapatkan Tempat Tidur[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 9 Maret 2016

Ke-14 model terpilih tiba di Singapore Sports Hub dan mendapat sambutan dari editor-in-chief of Harper's Bazaar Singapura Kenneth Goh dan model mentor Kelly Tandiono yang merupakan juri tetap pada kompetisi ini. Para model diperkenalkan dengan host baru, dan juga ketua juri Cindy Bishop yang berpose panggung dengan berbagai macam sudut lintasan. Para model menyiapkan diri pada tantangan pertama, yaitu The Runaway Challenge, dengan melakukan catwalk dan berpose di setiap sudut lintasan panggung. Patricia, Tawan dan Tuti memukau juri pada tantangan ini, disisi lain aksi Maya di atas panggung runaway tidak terlihat seperti model.

Setelah tantangan berakhir, para model kemudian menuju tempat penginapan baru selama kompetisi berlangsung yaitu di South Beach Hotel, Singapura. Pada saat penentuan kamar dan tempat tidur, Sang-In tidak mendapatkan tempat tidur karena penginapan tersebut hanya memiliki 13 kasur, padahal terdapat 14 model. Para model kemudian menerima Cindy Mail pertama. Cindy (dalam video rekaman) menjelaskan kepada model tentang perubahan format acara: sebuah sistem skor yang diterapkan mulai musim ini, sistem skor ini mengacu kepada versi America's Next Top Model Cycle 19 dimana pertama kali sistem skor diterapkan. Setiap model akan menerima masing-masing skor berdasarkan akumulasi dari setiap tantangan dan sesi pemotretan editorial/kampanye. Cindy mengumumkan bahwa model dengan nilai tantangan terendah Runaway Challenge akan tereliminasi lebih awal. Skor tantangan "Runaway" diumumkan, Patricia mendapatkan nilai tertinggi 9.5 dan membawanya kepada pemenang tantangan, sedangkan Maya mendapatkan skor terendah 3.3, yang berarti dia harus meninggalkan kompetisi ini.

  • Pemenang Tantangan: Patricia Gunawan
  • Tereliminasi diluar panel Juri: Maya Goldman

Di hari berikutinya, para model bergabung dalam sesi pemotretan editorial perdana dengan tema "Fashion Transcends Time"; mereka akan bergaya fashion tahun 60'an di dalam sebuah gelembung yang melayang di udara. Di pemotretan ini, Patricia mampu menghibur juri, sedangkan Tuti dan Aldilla memukau juri. Mai Ngo dipuji atas kreativitasnya, namun Angie dikritik karena pose yang tidak sesuai dengan pakaiannya. Tugs, Tawan, dan Gwen, ketiganya gagal memukau juri. Kembali ke penginapan, Alaiza memperhatikan bahwa Mai Ngo selalu mengambil persediaan makanan untuk dirinya sendiri dan tidak membaginya kepada orang lain. Alaiza kemudian memberitahukan perilaku Mai Ngo kepada model yang lain.

Pada saat penjurian, Tuti, Alaiza, Aldilla dan Patricia kesemuanya dipuji karena hasil foto editorial yang memukau, ketika Angie ditegur karena pose yang tidak sesuai dengan pakaian yang dikenakan. Dibelakang panggung, ketika menunggu juri selesai melakukan kalkulasi skor, Alaiza, Angie, dan Tuti bersitegang dengan Mai Ngo terhadap perilakunya yang buruk.

Tuti mendapatkan skor tertinggi di episode ini, ketika Angie dan Gwen mendapat peringkat dua terbawah. Cindy memberikan foto terakhir kepada Angie, dan mengeliminasi Gwen. Akan tetapi, Cindy kemudian menjelaskan bahwa Gwen diselamatkan dari eliminasi karena Maya telah dieliminasi sebelumnya, dan dia memastikan kepada model bahwa akan ada eliminasi yang sesungguhnya di pekan selanjutnya..

Skor[a][b]
No Model Cindy Kelly Kenneth Tantangan "Runaway" Total
1 Tuti 10 10 8.5 9 37.5
2 Aldilla 9 9 8.5 6.7 33.2
3 Alaiza 8 8 8.5 8 32.5
4 Patricia 7 7 8 9.5 31.5
5 Julian 7 8 8 7.7 30.7
6 May 8 7 7.5 6.7 29.2
7 Mai Ngo 7 8 8.5 4 27.5
8 Sang-in 8 7 6 5.3 26.3
9 Tawan 6 5 6 8.3 24.3
10 Tugs 4 2 5 7.5 18.5
11 Jessica 5 5 4 5 19.0
12 Angie 13.8 4.2 18.0
13 Gwen 10.0 7.3 17.3
14 Maya Tereliminasi pada Tantangan "Runaway" 3.3 3.3
  1. ^ Terdapat ketidakcocokan kalkulasi pada Episode 1: Tug (18.5) mendapatkan skor terendah daripada Jessica (19.0), namun dia dipanggil lebih dulu.
  2. ^ Hasil skor pemotretan Juri untuk kontestan Angie dan Gwen tidak diperlihatkan pada acara, hanya akumulasi skor total yang diperlihatkan
  • Dipanggil pertama: Tuti Noor
  • Dua terbawah: Angie Watkins & Gwen Ruais
  • Semula tereliminasi (terselamatkan): Gwen Ruias
  • Tereliminasi diluar panelis juri: Wanvisa "Maya" Goldman
  • Fotografer Sesi Pemotretan: BJ Pascual
  • Tamu Spesial/Juri Tamu: Kenneth Goh

Episode 2: Gadis yang Melambung Tinggi[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 16 Maret 2016

Kembali ke penginapan, ke-13 model yang tersisa berkumpul bersama di ruang santai. Mai Ngo berinisiatif meminta maaf kepada semua model lain terhadap sikapnya pada minggu sebelumnya khususnya Tuti, dan permintaan maaf tersebut diterima dengan baik oleh Tuti dan teman lain. Mai Ngo kemudian berbaur bersama kembali dengan model lain. Hari berikutnya, para model menerima Cindy Mail yang menyebutkan tentang "memantul" dan para model memprediksikan bahwa tema foto selanjutnya berhubungan dengan trampolin.

Keesokan hari, para model dibawa menuju gymnasium Amped Trampoline Park, Singapura. Terdapat Kelly dan Derrick Siu, pelatih trampolin yang memperkenalkan olahraga trampolin kepada para model. Mereka kemudian menjelaskan teknik ketenangan dan berpose elegan ketika memantul di atas trampolin. Selama latihan, para model berlatih dengan baik, tetapi kemudian Jessica mengalami cidera luka yaitu terkilir pada telapak kaki sebelah kanannya, dan untuk mengantisipasi cidera serius pada kakinya, kemudian Jesica dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Kelly kemudian menjelaskan bahwa tantangan selanjutnya adalah tantangan trampolin yang dimana ketenangan, kelincahan, elegan yang menjadi penilaian dalam tantangan tersebut. Angie dan Gwen berhasil memukau Kelly dan pelatih di tantangan ini, dan Angie berhasil memenangkan tantangan dan mendapatkan hadiah kupon belanja SGD 1000 dari Zalora.

  • Pemenang Tantangan: Angie Watkins

Para model kembali pulang ke penginapan kemudian mereka menerima skor hasil tantangan trampolin. Tuti dan Tugs cemas karena mereka mereka mendapatkan skor terendah dan menempatkan posisi tiga terbawah, sementara Jessica mendapat nilai nol pada tantangan tersebut. Jessica kemudian kembali ke penginapan dan melihat hasil tantangan tersebut dan tidak terkejut mendapatkan nilai nol karena tidak berpartisipasi dalam tantangan. Jessica lebih mengkhawatirkan kondisi kesehatannya dan tidak memilih tidak mengikuti tantangan tersebut. Jessica berharap dapat memukau juri pada tantangan foto selanjutnya dan berusaha tidak tereliminasi walaupun nilai tantangannya nol.

Gwen kemudian bercerita kepada model lain bahwa Jessica senang dengan kondisinya yang cideranya dan tidak berusaha mencoba seperti Tugs dan Tuti. Gwen menanggap bahwa Jessica membesar-besarkan kondisi kakinya.

Kemudian, di hari selanjutnya, pemotretan dilakukan di SCAPE Singapura, para model akan berpose editorial di udara dengan menggunakan trampolin. Fotografer yang terlibat kali ini adalah PJ Pascual dan Kelly menjelaskan singkat tema pemotretan kemudian memberikan masukan selama sesi pemotretan. Jessica dapat mengikuti sesi pemotretan tersebut dengan tema khusus "Crunch Couture" dibanding model lain. Di saat model lain menggunakan trampolin, Jessica diizinkan menggunakan kursi roda dan tongkat penyangga selama sesi pemotretan.

Sekembali di penginapan, Angie menerima paket belanja Zalora yang dibawa oleh Kurir Edward. Para model sangat bersemangat dan terkejut dengan banyak paket belanja yang diterima oleh Angie, namun model yang lain lebih memilih menggoda Edward karena wajahnya yang rupawan.

Pada penjurian, Mai Ngo, Julian, Alaiza, dan Angie berhasil memakau juri dan dipuji karena fotonya. Sementara, Patricia gagal memberikan foto yang bagus. Tuti dikritik karena terlalu kaku. Jessica mendapat dipensasi terhadap fotonya dengan kursi roda, sedangkan foto Tugs gagal memukau juri karena posenya seperti kodok tergencet dan tidak seperti foto editorial. Di akhir penjurian, Jessica dan Tugs mendapatkan skor dua terbawa dan Tugs tereliminasi karena skornya yang paling rendah dibandingkan Jessica.

Skor[a]
No Model Cindy Kelly BJ Tantangan Trampolin Total
1 Angie 10 10 10 8.8 38.8
2 Mai Ngo 10 8 10 7 35
3 Julian 9 9 9 7.5 34.5
4 Alaiza 8 8 8 7 31
5 Sang-in 5 8 8 6 27
6 May 7 7 7 5 26
7 Tuti 7 7.5 7 4.5 26
8 Tawan 6 7 6 5.8 24.8
9 Aldilla 6 4 6 7.1 23.1
10 Patricia 4 5 5 6.8 20.8
11 Gwen 6 2 4 8.3 20.3
12 Jessica 16 0 16
13 Tugs 9 4 13
  1. ^ Hasil skor pemotretan juri untuk Jessica dan Tugs tidak diperlihatkan pada acara, hanya akumulasi skor total yang diperlihatkan.
  • Dipanggil pertama: Angie Watkins
  • Dua terbawah: Jessica Lam dan Tugs Saruul
  • Tereliminasi: Tugs Saruul
  • Fotografer Sesi Pemotretan: BJ Pascual
  • Tamu Spesial: BJ Pascual, Derrick Siu
  • Juri Tamu: BJ Pascual

Episode 3: Gadis yang Terpangkas Keluar[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 23 Maret 2016

Kembali ke rumah model, seluruh kontestan mengucapkan selamat kepada Angie yang mendapatkan foto terbaik. Di sisi lain, Jessica membenci model yang membicarakan keburukannya, hanya Sang-in temannya yang tidak membicarakannya di penginapan. Keesokan harinya, Aldilla memanggil seluruh kontestan karena terdapat bungkusan tas berlogo TRESemmé di atas meja. Tak berapa lama, sebuah surat Cindy tiba dilayar dan memberitahukan kepada mereka untuk membuka sebuah hadiah yang dibungkus oleh pita merah, mereka kemudian membuka dan melihat beberapa rambut mainan dalam hadiah tersebut. Para kontestan model sangat bersemangat sebab hadiah itu menunjukan tentang sesi perubahan penampilan. Semua model penasaran terhadap perubahan penampilan yang akan diterimanya, terkecuali Mai Ngo yang berharap bahwa model rambutnya tidak dipotong pendek, dia memilih mati daripada rambutnya pendek sebab dia pernah mendapatkan pengamalan buruk dengan rambutnya yang pendek.

Skor[a][b]
Model Cindy Kelly Kenneth Lourd Total
1 Sang-in 10.0 10.0 10.0 10.0 40.0
2 Tuti 10.0 9.0 9.0 9.0 37.0
3 Aldilla 10.0 8.0 9.0 9.5 36.5
4 Angie 9.0 7.5 8.0 8.2 32.7
5 Jessica 8.0 7.0 7.0 8.1 30.1
6 Tawan 7.0 8.5 6.0 7.0 28.5
7 Patricia 8.0 6.0 5.0 8.0 27.0
8 May 7.0 5.5 5.0 8.0 25.5
9 Julian 8.0 5.0 6.0 6.0 25.0
10 Alaiza 7.0 6.5 4.0 6.0 23.5
11 Gwen 22.0 22.0
12 Mai Ngo 18.0 18.0
  1. ^ Hasil skor pemotretan juri untuk Gwen dan Mai Ngo tidak diperlihatkan pada acara, hanya akumulasi skor total yang diperlihatkan.
  2. ^ Tidak ada tantangan pada episode ini.
  • Dipanggil pertama: Sang-in Kim
  • Dua terbawah: Gwen Ruais dan Mai Ngo
  • Tereliminasi: Mai Ngo
  • Fotografer Sesi Pemotretan: Joel Lim
  • Tamu Spesial: Kenneth Goh, Lourd Ramos, Mervin Wee
  • Juri Tamu: Kenneth Goh dan Lourd Ramos

Episode 4: Gadis yang Hancur dan Terluka[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 30 Maret 2016

Kembali di rumah, semua orang mengagumi foto terbaik Sang-in. Cindy menyebutkan sebelumnya bahwa Sang-in akan menerima hadiah khusus sebagai bagian dari kemenangan foto terbaiknya, yang ternyata adalah menelopon keluarganya selama 40 menit, dia dapat memilih untuk menggunakan 40 menit semua untuk dirinya sendiri atau untuk berbagi dengan orang lain. Ketegangan berlangsung ketika Jessica bertanya May jika dia bisa pindah ke tempat tidur lama Mai Ngo, dengan cepat May menolaknya. Frustrasi menyebabkan Jessica untuk memberitahu kepada Sang-in bahwa panggilan dengan keluarganya benar-benar akan memberikan kekuatan ekstra baginya untuk terus melanjutkan kompetisi, sehingga Sang-in setuju untuk berbagi 10 menit haidahnya dengan Jessica.

Tantangan mereka berlangsung di pantai dan melibatkan gadis-gadis berlatih papan dayung yoga dengan Nicole Chung, di mana mereka harus meniru gaya yoga Nicole berpose di papan selancar sementara mengambang di air. Penentuan Gwen tidak bisa menghentikan dia dari menjadi yang pertama jatuh dari papan, dan pada akhirnya itu antara Angie dan Julian untuk memenangkan tantangan. Angie menang dan memenangkan tantangan kedua berturut-turut. Dia menerima skor tantangan yang sangat tinggi yaitu 15 poin sebagai hadiahnya.

  • Pemenang tantangan: Angie Watkins

Gadis-gadis itu kemudian dibawa ke pemotretan mereka dan disambut oleh Daniel Boey, yang pernah menjadi juri pada siklus pertama. Pemotretan melibatkan mereka berpose mengenakan gaun panjang di depan Subaru Forestercars yang sedang dikendarai dengan cepat. Model diperkenalkan kepada CEO Subaru sendiri, Glenn Tan, bersama dengan dua model dari siklus sebelumnya, Natalie dari siklus 2 dan Monika dari siklus 3. Semua orang berjuang untuk beberapa saat, tapi Daniel sangat terkesan oleh performa Tawan .

Pada panel, gadis-gadis itu diperkenalkan ke Yu Tsai, direktur kreatif dari America's Next Top Model, yang akan menjadi juri keempat mereka malam itu. Meskipun cara dia memperkenalkan diri dikritik, Tawan membuat semua orang di dalam ruangan kagum dengan fotonya, sementara orang lain menerima komentar acak. Alaiza ditegur oleh Cindy karena ketidakyakinannya pada gairah untuk mengikuti bisnis modeling, sementara Gwen sekali lagi gagal untuk mengesankan juri. Cindy kemudian mengumumkan bahwa akan ada eliminasi ganda minggu itu.

Tawan menerima foto terbaik, dan bahwa ia akan diberikan kekebalan untuk pemotretan minggu depan, dan juga akan terpilih sebagai Duta Subaru 2016 oleh Glenn Tan. Cindy menjadi marah ketika Alaiza menjawab "kita lihat" ketika dia ditanya apakah modeling adalah gairahnya. Pada akhirnya, Aldilla, Gwen, dan Sang-in, berakhir sebagai tiga terbawah. Gwen tereliminasi pertama, dengan Aldilla mengikuti tidak lama setelahnya. Namun, Cindy mengumumkan bahwa dia tidak bisa mengeliminasi Aldilla saat ia melihat tekad untuk masih berada di kompetisi, dan melanjutkan untuk bertanya Alaiza apakah dia ingin tinggal di kompetisi atau mengundurkan diri. Setelah berpikir sejenak, Alaiza mengatakan tidak dan mundur dari kompetisi, yang membuat model lain kaget, sehingga secara otomatis memberikan tempat untuk Aldilla agar masih berada di kompetisi.

Skor[a]
Model Cindy Daniel Yu Tsai Glenn Tantangan Yoga Total
1 Tawan 10.0 10.0 10.0 10.0 6.0 46.0
2 Angie 8.0 8.0 7.0 7.0 15.0 45.0
3 Alaiza 7.0 7.0 6.0 6.0 9.0 35.0
4 Patricia 8.0 7.0 6.0 6.0 7.0 34.0
5 Tuti 8.0 8.0 7.0 5.0 6.0 34.0
6 Julian 7.0 5.0 5.0 4.0 12.0 33.0
7 May 9.0 8.0 6.0 3.0 5.0 31.0
8 Jessica 8.0 6.0 6.0 5.0 3.0 28.0
9 Sang-in 18.0 2.0 20.0
10 Aldilla 15.0 4.0 19.0
11 Gwen 14.0 1.0 15.0
  1. ^ Hasil skor pemotretan juri untuk Gwen, Aldilla, dan Sang-in tidak diperlihatkan pada acara, hanya akumulasi skor total yang diperlihatkan.
  • Dipanggil pertama: Tawan Kedkong
  • Tiga terbawah: Sang-in Kim, Aldilla Zahraa, dan Gwen Ruais
  • Tereliminasi: Gwen Ruais
  • Semula tereliminasi (terselamatkan): Aldilla Zahraa
  • Mengundurkan diri: Alaiza Malinao
  • Fotografer Sesi Pemotretan: Nat Prakobsantisuk
  • Tamu Spesial: Daniel Boey, Glenn Tan, Natalie Pickles, Monika St. Maria, Nicole Chung, Yu Tsai
  • Juri Tamu: Daniel Boey, Glenn Tan

Episode 5: Gadis yang Terbang ke Kota Apel New York[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 6 April 2016

Julian mengatakan bahwa dia merasa kesepian setelah Gwen dan Alaiza dieliminasi, mengingat mereka sesama berasal dari Filipina, sementara di sisi lain Jesscca senang akan hal itu. Semua gadis tiba di pusat perbelanjaan Bugis+, di mana mereka bertemu perancang dan model busana Thai, Madeaw (Apichet Atilattana) untuk tantangan mereka. Gadis-gadis diminta untuk berpose sebagai manekin selama 30 menit sementara mereka ditata oleh Madeaw, dan harus menahan pose mereka. Sang-in terpilih sebagai pemenang tantangan. Sebagai hadiah, dia diberikan hak untuk memutuskan kelompok dalam sesi foto grup mendatang.

  • Pemenang tantangan: Sang-in Kim

Kemudian para gadis dibawa ke Universal Studios Singapore sebagai bagian dari pemotretan kelompok untuk Maybelline di mana mereka harus berpose bersama sebagai New York "It Girl". Pada saat sesi foto, Yu Tsai bergabung dengan perancang busana Patricia Field, direktur makeup Maybelline, Nigel Stanislaus, dan fotografer Jesper McIlroy. Sang-in memilih Aldilla dan Julian sebagai rekannya untuk sesi foto. Kelompok kedua terdiri dari Jessica, May dan Patricia, sementara kelompok ketiga terdiri dari Angie, Tawan dan Tuti. May dan Sang-in unggul dalam sesi mereka, sementara Aldilla, Angie, Jessica, dan Julian mengalami kesulitan.

Grup Model
Satu Sang-in, Aldilla, Julian
Dua Patricia, Jessica, May
Tiga Angie, Tawan, Tuti

Pada panel, hasil foto May, Patricia, dan Sang-in dipuji, terutama karena foto mereka sudah memenuhi persyaratan dan dapat disebut sebagai "It Girl". Tuti dan Tawan menerima komentar campuran sementara Aldilla, Julian, Jessica, dan Angie dikritik karena tidak memenuhi perintah dan memberikan ekspresi kosong.

Selama eliminasi, May menerima total skor tertinggi dan mendapatkan tiket untuk pergi ke New York Fashion Week 2016. Jessica dan Julian berada pada dua terbawah, tapi Jessicalah yang menerima skor terendah dan harus tersingkir dari kompetisi.

Skor[a]
Model Cindy Yu Tsai Patricia Nigel Tantangan Manekin Total
1 May 10.0 10.0 10.0 10.0 8.0 48.0
2 Sang-in 9.0 9.5 10.0 8.0 10.0 46.5
3 Patricia 9.0 8.0 7.5 7.0 8.0 39.5
4 Tuti 7.0 7.0 7.0 7.0 9.7 37.7
5 Tawan 7.0 7.0 6.0 8.0 8.0 36.0
6 Angie 7.0 7.0 5.0 5.0 7.3 31.3
7 Aldilla 6.0 5.0 5.0 5.5 9.0 30.5
8 Julian 22.0 8.0 30.0
9 Jessica 17.0 6.0 23.0
  1. ^ Hasil skor pemotretan juri untuk Jessica dan Julian tidak diperlihatkan pada acara, hanya akumulasi skor total yang diperlihatkan.
  • Imunitas: Tawan Kedkong
  • Dipanggil pertama: May Htet Aung
  • Dua terbawah: Jessica Lam & Julian Flores
  • Tereliminasi: Jessica Lam
  • Fotografer Sesi Pemotretan: Jesper McIlroy
  • Tamu Spesial: Madeaw, Patricia Field, Nigel Stanislaus
  • Juri Tamu: Patrica Field, Nigel Stanislaus

Episode 6: Gadis yang Terjatuh dari Kapal[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 13 April 2016

Model Warna
Aldilla, Angie Merah
Patricia, Tuti Biru
May, Tawan Hijau
Julian, Sang-in Kuning
  • Pemenang tantangan: Tuti Noor
Skor[a]
Model Cindy Yu Tsai Meghna Tantangan Mode Total
1 Sang-in 10.0 10.0 9.0 7.5 36.5
2 Tuti 10.0 6.0 8.0 10.0 34.0
3 Tawan 8.0 5.0 10.0 8.8 31.8
4 May 8.0 7.0 7.0 6.5 28.5
5 Angie 8.0 6.0 7.0 6.5 27.5
6 Patricia 7.0 6.0 5.0 7.0 25.0
7 Julian 16.0 8.8 24.8
8 Aldilla 16.0 8.3 24.3
  1. ^ Hasil skor pemotretan juri untuk Julian dan Aldilla tidak diperlihatkan pada acara, hanya akumulasi skor total yang diperlihatkan.
  • Dipanggil pertama: Sang-in Kim
  • Dua terbawah: Aldilla Zahraa & Julian Flores
  • Tereliminasi: Aldilla Zahraa
  • Fotografer Sesi Pemotretan: Joel Liem
  • Tamu Spesial: Meghna Mistry, Daniel Boey
  • Juri Tamu: Meghna Mistry

Episode 7: Gadis dengan Senyum Menawan[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 20 April 2016

Model Skenario
Angie Sebuah kunjungan ke dokter gigi
Julian Diberhentikan polisi karena mengebut
May Menaksir seorang pria di klub
Patricia Model yang menggoda fotografer
Sang-in Merayu pria di kereta
Tawan Romeo dan Juliet
Tuti Lupa membawa dompet ketika membayar kopi
Skor
No Model Cindy Kelly Yu Tsai Mike Tantangan Akting Total
1 Patricia 9.0 47.5
2 Tawan 8.5 40.0
3 Angie 7.0 39.5
4 Julian 7.0 38.5
5 Sang-in 6.0 37.0
6 Tuti 25.0 6.0 31.0
7 May 22.0 8.0 30.0

Episode 8: Gadis yang Mencuri Perhatian[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 27 April 2016

No. Model Maybelline Dzojchen Zenchi
1 Patricia Ya Tidak Ya
Tuti Tidak Ya Ya
2 Angie Tidak Ya Ya
Julian Tidak Ya Tidak
3 Sang-in Tidak Tidak Tidak
Tawan Tidak Tidak Ya
  • Pemenang tantangan: Angie Watkins


Total Skor
No Model Cindy Yu Tsai Daniel Glenn Tantangan Booking Total
1 Patricia 9.0 9.3 10.0 10.0 7.7 46.0
2 Angie 9.0 9.2 10.0 9.0 8.3 45.5
3 Tawan 10.0 8.0 9.0 8.0 7.3 42.3
4 Julian 9.0 9.0 8.0 6.0 7.3 39.3
5 Sang-in 23.0 7.0 30.0
6 Tuti 21.5 7.5 29.0
  • Dipanggil pertama: Patricia Gunawan
  • Dua terbawah: Sang-in Kim dan Nuraini "Tuti" Noor
  • Tereliminasi (tapi terselamatkan): Nuraini "Tuti" Noor
  • Sutradara Video: Kevin Ou
  • Tamu Spesial: Daniel Boey, Glenn Tan, Pevita Pearce, Chelsea Scott-Blackhall, dan Zenchi
  • Juri Tamu: Daniel Boey dan Glenn Tan

Episode 9: Gadis yang Hilang Tanpa Jejak[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 4 Mei 2016

Sementara semua model merayakan bahwa tidak ada yang terelimasi pada penjurian sebelumnya, Tuti meragukan apakah dia layak kesempatan kedua yang diberikan. Keesokan harinya, para model dibangunkan oleh pelatih kebugaran Amirrudin Ong dan Desmond Yeo yang mengejutkan penginapan. Mereka kemudian bergegas dan menuju kampus ITE College East, di mana mereka bertemu Kelly, Yu Tsai, dan pelatih untuk kegiatan tantangan dan kebugaran terkait. Para model diberikan beberapa latihan menyiksa dan kemudian diharuskan untuk melakukan peragaan busana setelahnya. Enam model kemudian dibagi menjadi tiga tim yang terdiri dari dua orang. Para tim berjuang untuk mendapatkan hasil yang terbai dan Tuti terpilih sebagai pemenang tantangan. Sebagai hadiahnya, ia mendapatkan perawatan pedicure rumah dan membagi hadiah bersama dengan Tawan.

Tim
Tawan & Tuti
Julian & Sang-in
Angie & Patricia
  • Pemenang tantangan: Tuti Noor

Keesokan harinya, para model menerima Cindy Mail yang menyebutkan tentang cipratan air. Kemudian para model dibawa ke sebuah studio di mana mereka disambut oleh Yu Tsai, Kenneth Goh dan finalis AsNTM 3 Aimee Cheng-Bradshaw, yang merupakan wajah Neutrogena. Para Model kemudian diberitahukan bahwa mereka akan mengambil bagian dalam pemotretan kecantikan tanpa make-up ketika sedang disiram dengan air. Dalam pemotretan tersebut, setiap model harus mengambarkan produk dan tema yang diberikan:

Model Produk Tema
Angie Ultra sheer waterlight sun block Percaya diri
Julian Hydro boost renewal serum Kecantikan alami
Patricia Rainbath shower gel Peremajaan diri
Sang-in Cucmber green hydrating oil cleanser Kesegaran Kembali
Tawan Deep clean brightening mulberry ultra foam cleanser Kesegaran
Tuti Deep clean foaming cleanser Jiwa muda dan kepolosan

Pada panel juri, setiap orang menerima kritikan yang beragam terhadap foto mereka. Foto Julian disukai, tetapi Kenneth dan Yu Tsai menganggap foto tersebut hanyalah foto keberuntungan. Sementara foto Patricia dianggap terlalu banyak daya tarik fesyen kelas atas daripada foto komersial. Sang-in dipuji, tapi kekurangannya adalah tubuhnya terlalu tegang. Seperti yang diperkirakan, foto Tuti dan Tawan ini tidak memberikan interpretasi yang sesuai dengan produk yang diwakilkan. Foto Angie dipuji karena menarik walaupun dalam pengambilan foto Angie kesulitan, kemudian ia ditanya oleh Kelly, Cindy dan Kenneth terkait masalah kesopanan bukan sikap profesional. Yu Tsai, bagaimanapun, membela Angie bahwa setiap model berhak memilih dan menghargai pilihannya tersebut apapun pilihannya apakah terkait kesopanan ataupun profesionalisme.

Pada akhirnya, Sang-in mendapatkan skor tertinggi untuk ketiga kalinya, dan mendapatkan hadiah sebagai wajah Neutrogena 2016. Julian, Patricia, dan Angie tampak terkejut mendapatkan peringkat kedua dan ketiga, sedangkan Tuti dan Tawan berada di dua terbawah. Keduanya tenggelam setelah sebelumnya pernah mendapat predikat penampil terbaik. Hasil akhir diumumkan dan Tuti sekali lagi mendapat skor terendah, kali ini dia benar-benar hilang dari kompetisi.

Papan Skor[a]
Model Cindy Yu Tsai Kelly Kenneth Tantang Fisik dan Peragaan Busana Total
1 Sang-In 10.0 9.5 9.0 8.5 8.3 45.3
2 Julian 10.0 9.5 10.0 6.5 7.5 43.5
3 Patricia 9.0 8.0 8.0 6.0 7.8 38.8
4 Angie 7.0 8.0 6.0 5.5 7.0 33.5
5 Tawan 26.0 7.0 33.0
6 Tuti 23.0 9.0 32.0
  1. ^ Penilaian masing-masing dewan juri untuk Tawan dan Tuti tidak dipublikasikan, hanya nilai total saja yang diumumkan.
  • Dipanggil pertama: Sang-in Kim
  • Dua terbawah: Tawan Kedkong & Tuti Noor
  • Tereliminasi: Tuti Noor
  • Fotografer Sesi Pemotretan: Chan Wai Teik
  • Tamu Spesial: Amirrudin Ong, Desmond Yeo, Vincent Quek, Kenneth Goh, Aimee Cheng-Bradshaw
  • Juri Tamu: Kenneth Goh

Episode 10: Gadis yang Tersandung dan Terjatuh[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 11 Mei 2016

Tawan merasa hancur pasca-tereliminasinya Tuti, dan setelah dihibur oleh para model lain, Ia menyatakan bahwa akan memenangkan kompetisi untuk sahabatnya. Sementara itu, Angie bertanya-tanya apakah dia benar-benar pantas berada di lima besar dan lebih lebih dari Tuti? Hari berikutnya, Cindy dan Kelly datang ke apartemen model dan memberikan tips dan trik cara melakukan catwalk di pagelaran busana. Para model diajarkan dua jenis gaya berbeda tentang cara berjalan: seksi dan couture. Patricia sekali lagi membuat kagum semua model di dalam ruangan yang mampu berjalan bagai bintang untuk kedua jenis catwalk, sementara Angie dan Sang-in menerima paling banyak masukan dari mentor terkait postur tubuh saat berjalan.

Keesokan hari, Para model dibawa ke studio dengan pagelaran busana TRESemme, di mana mereka disambut oleh dua mentor mereka dan para stylist Mervin Wee, dan fotografer, Nat Prakobsantisuk. Cindy menjelaskan bahwa untuk minggu ini, tantangan dan pemotretan akan berlangsung serentak. Tantangannya terdiri dari berjalan di pagelaran busana kemudian di ujung titian dilakukan sesi pemotretan dengan berpose dengan stylist tamu, Jing Monis di ujung titian. Tawan merasa puas terhadap hasil pemotretan dan tantangan , sementara Julian melakukan tantangan dan pemotretan dengan sangat baik, namun keliru pada saat keluar dari pagelaran busana, ia menuju arah yang salah. Patricia dianggap kuat di pagelaran busana namun lemah pada sesi pemotretan, sementara Angie dan Sang-in paling berjuang pada tantangan dan pemotretan. Kembali ke apartemen model, Patricia telah dinobatkan sebagai pemenang tantangan peragaan busana, dan mengukuhkannya sebagai pemenang tantangan untuk ketiga kalinya.

Pada panelis dewan juri, juri yang bergabung dengan mantan host AsNTM 3 dan duta TRESemme, Georgina Wilson. Setiap kontestan mendapatkan kritikan yang beragam. Foto Tawan mampu memukau juri, terkecuali Yu Tsai, sementara Patricia dikritik karena tampil jauh lebih tua dari foto seharusnya. Foto Julian disukai oleh juri termasuk Yu Tsai, sementara Angie dan Sang-in menerima kritikan paling banyak karena tidak memberikan foto yang terbaik.

Selama eliminasi, Julian menerima predikat kontestan dengan nilai tertinggi, sementara Angie dan Sang-in berada di dua terbawah. Skor akhir terungkap, Sang-in tersandung, namun Angie terjatuh keluar dari kompetisi.

Papan Skor[a]
Model Cindy Yu Tsai Kelly Georgina Tantangan "Runaway" 2 Total
1 Julian 10.0 9.0 10.0 9.0 8.3 46.8
2 Tawan 8.0 5.0 9.0 7.0 9.3 38.3
3 Patricia 8.0 6.0 8.0 6.0 10.0 38.0
4 Sang-in 28.0 7.3 35.3
5 Angie 23.0 8.0 31.0
  1. ^ Penilaian masing-masing dewan juri untuk Sang-in dan Angie tidak dipublikasikan, hanya nilai total saja yang diumumkan.
  • Dipanggil pertama: Julian Flores
  • Dua terbawah: Angie Watkins & Sang-in Kim
  • Tereliminasi: Angie Watkins
  • Fotografer Sesi Pemotretan: Nat Prakobsantisuk
  • Tamu Spesial: Georgina Wilson, Mervin Wee, Jing Monis
  • Juri Tamu: Georgina Wilson

Episode 11: Gadis dalam Sampul Majalah[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 18 Mei 2016

  • Pemenang Tantangan: Sang-in Kim
  • Dipanggil pertama: Patricia Gunawan & Sang-in Kim
  • Dua terbawah: Tawan Kedkong & Julian Flores
  • Tereliminasi: Diumumkan pada Episode Selanjutnya
  • Fotografer Sesi Pemotretan: Yu Tsai
  • Tamu Spesial: Kenneth Goh, Nicole Warne, Tay Cheng Cheng, Kate Upton (video message)
  • Juri Tamu: Kenneth Goh, Nicole Warne

Episode 12: Gadis dalam Perjalanan Menuju Final[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 25 Mei 2016

  • Dua terbawah: Tawan Kedkong & Julian Flores
  • Tereliminasi: Julian Flores
  • Tamu Spesial: Kenneth Goh

Dalam episode ini, diungkapkan bahwa yang tereliminasi adalah Julian. Episode ini menunjukkan rekaman-rekaman dan adegan yang belum pernah ditunjukkan sebelumnya, termasuk acara makan malam para model dan perbincangan mereka dengan Kenneth Goh, juga pendapat para juri tentang kompetisi musim ini.

Episode 13: Gadis yang Memenangkan Hadiah Utama[sunting | sunting sumber]

Tayangan Perdana: 1 Juni 2016

  • Tiga Teratas: Patricia Gunawan, Sang-in Kim, Tawan Kedkong
  • Runner-up: Sang-in Kim & Patricia Gunawan
  • Pemenang: Tawan Kedkong
  • Fotografer Sesi Pemotretan: Joel Lim
  • Tamu Spesial: Kenneth Goh, Miss J Alexander (pesan video), Katie Atkin, Daniel Boey, Julian Flores, Angela "Angie" Watkins, Nuraini "Tuti" Noor, That "May" Htet Aung, Aldila Zahraa
  • Juri Tamu: Kenneth Goh, Katie Atkin

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Rekapitulasi Pemeringkatan Kinerja Kontestan[sunting | sunting sumber]

Rekapitulasi pemeringkatan kinerja kontestan berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh juri panelis terhadap keberhasilan kontestan dalam menyelesaikan tantangan dan sesi pemotretan pada setiap episode. Setiap kontestan akan diurutkan kinerjanya dengan catatan kontestan yang dipanggil pertama kali adalah kontestan dengan kinerja terbaik sedangkan kontestan dengan nilai terendah akan tereliminasi dan meninggalkan kompetisi. Setiap kontestan akan dipanggil berurutan oleh ketua juri panelis/pembawa acara pada akhir acara. Ketua juri panelis/pembawa acara akan menyerahkan foto kepada kontestan yang berhasil lolos ke babak selanjutnya, sedangkan kontestan yang tidak mendapatkan foto menandakan kontestan tersebut tereliminasi. Tabel rekapitulasi ini mengambarkan ringkasan pemeringkatan kinerja kontestan setiap episode:

Rekapitulasi Pemeringkatan Kinerja Kontestan per Episode
Peringkat Episode
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11-12 13
1 Tuti Angie Sang-in Tawan May Sang-in Patricia Patricia Sang-in Julian Patricia
Sang-in
Tawan
2 Aldilla Mai Ngo Tuti Angie Sang-in Tuti Tawan Angie Julian Tawan Kosong Patricia
Sang-in
3 Alaiza Julian Aldilla Alaiza Patricia Tawan Angie Tawan Patricia Patricia Tawan
4 Patricia Alaiza Angie Patricia Tuti May Julian Julian Angie Sang-in Julian
5 Julian Sang-in Jessica Tuti Tawan Angie Sang-in Sang-in Tawan Angie
6 May May Tawan Julian Angie Patricia Tuti Tuti Tuti
7 Mai Ngo Tuti Patricia May Aldilla Julian May
8 Sang-in Tawan May Jessica Julian Aldilla
9 Tawan Aldilla Julian Sang-in Jessica
10 Tugs Patricia Alaiza Aldilla
11 Jessica Gwen Gwen Gwen
12 Angie Jessica Mai Ngo
13 Gwen Tugs
14 Maya
     Kontestan yang memenangkan kompetisi
     Kontestan merupakan penampil terbaik bersama dengan kontestan lain
     atau Nama Kontestan merupakan kontestan pemenang tantangan
     Kontestan yang memenangkan tantangan dan tereliminasi
     Kontestan dieliminasi pada panel juri
     Kontestan dieliminasi di luar panel juri
     Kontestan mengundurkan diri dari kompetisi pada panel juri
     Kontestan seharusnya tereliminasi tapi terselamatkan
     Kontestan mendapatkan imunitas sehingga terhindar dari tereliminasi

Keterangan

  • Pada Episode 1, Maya tereliminasi diluar panel juri karena mendapatkan skor terendah pada Tantangan Runway. Gwen juga tereliminasi dari kompetisi namun terselamatkan karena eliminasi Maya sebelumnya.
  • Pada Episode 3 tidak ada nilai tantangan.
  • Pada Episode 4, Cindy mengumumkan bahwa minggu ini ada eliminasi ganda, Gwen yang pertama tereliminasi, diikuti oleh Aldilla. Tetapi, Alaiza mengundurkan diri dari kompetisi sehingga secara otomatis membuat Aldilla terselamatkan dari eliminasi.
  • Pada Episode 5, Tawan tidak dapat tereliminasi karena mendapat imunitas pada Episode 4 karena memenangkan foto terbaik.
  • Pada Episode 8, Tuti seharusnya tereleminasi tapi terselamatkan
  • Pada Episode 9, Tuti mendapatkan skor tertinggi pada tantangan fisik dan peragaan busana
  • Pada Episode 11, Patricia dan Sang-in mendapatkan total skor seri dan menempatkan keduanya sebagai dua penampil terbaik secara bersamaan. Sementara itu, Tawan dan Julian berada di dua terbawah. Keputusan siapa yang tereliminasi akan diumumkan pada episode selanjutnya.
  • Episode 12 adalah rangkuman kilas balik episode sebelumnya, pada episode ini diumumkan finalis tiga teratas berdasarkan urutan yaitu Patricia, Sang-in, Tawan.
  • Episode 13 Dewan juri mengumumkan Tawan sebagai pemenang (peringkat 1), sedangkan peringkat 2 dan 3 tidak diumumkan di acara (catatan: berbeda dengan Siklus 3 dimana peringkat 2 dan 3 diumumkan) sehingga Patricia dan Sang-in dianggap berada di peringkat 2 secara bersamaan.

Akumulasi Skor Kontestan[sunting | sunting sumber]

Peringkat Model Episode Total Skor[a] Rerata[b]
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 13[c]
1 Tawan 25.3 24.8 28.5 46.0 36.0[d] 31.8 40.0 42.3 33.0 38.3 41.5 PEMENANG 387.5 35.22
2 Patricia 31.5 20.8 27.0 34.0 39.5 25.0 47.5 46.0 38.8 38.0 43.0 RUNNER-UP 391.1 35.55
Sang In 26.3 27.0 40.0 20.0 46.5 36.5 37.0 30.0 45.3 35.3 43.0 386.9 35.17
4 Julian 30.7 34.5 25.0 33.0 30.0 24.8 38.5 39.3 43.5 46.8 40.0 386.1 35.10
5 Angie 18.0 38.8 32.7 45.0 31.3 27.5 39.5 45.5 33.5 31.0 342.8 34.28
6 Tuti 37.5 26.0 37.0 34.0 37.7 34.0 31.0 29.0 32.0 298.2 33.13
7 May 29.2 26.0 25.5 31.0 48.0 28.5 30.0 218.2 31.17
8 Aldilla 33.2 23.1 36.5 19.0 30.5 24.3 166.6 27.76
9 Jessica 19.0 16.0 30.1 28.0 23.0 116.1 23.22
10 Alaiza 32.5 31.0 23.5 35.0 122.0 30.50
11 Gwen 17.3 20.3 22.0 15.0 74.6 18.65
12 Mai Ngo 27.5 35.0 18.0 80.5 26.83
13 Tugs 18.5 13.0 31.5 15.75
14 Maya 3.3[e] 3.3 3.30

Keterangan:

     Kontestan tereliminasi diluar panel juri
     Kontestan mendapatkan skor tertinggi
     Kontestan tereliminasi pada panel juri namun terselamatkan
     Kontestan tereliminasi pada panel juri
     Kontestan mengundurkan diri pada panel juri
  1. ^ Total skor adalah akumulasi jumlah skor setiap kontestan dari episode 1 - 11
  2. ^ Rerata adalah akumulasi nilai rata-rata setiap kontestan dari episode 1 - 11
  3. ^ Pada episode 13, pengumuman kemenangan kontestan tidak disertai dengan penilaian skor
  4. ^ Pada episode 5, Tawan memperoleh imunitas terhindar dari eliminasi di episode selanjutnya karena kinerjanya sebagai penampil terbaik di Episode 4.
  5. ^ Pada Episode 1, Maya tereliminasi di luar panelis juri setelah mendapatkan skor terendah pada nilai tantangan sehingga dia tidak mendapatkan skor nilai pemotretan di dewan juri seperti pada kontestan sebelumnya

Perubahan Potongan Rambut[sunting | sunting sumber]

  • Alaiza: Dipotong sebahu dengan warna cokelat gelap
  • Aldilla: Dipotong ala lightened rocker pixie cut
  • Angie: Rambut dipangkas di satu sisi
  • Gwen: Dipotong sebahu bergelombang dengan warna cokelat chestnut
  • Jessica: Dipotong ala chic lob cut
  • Julian: Ditipiskan pada pinggiran sisi
  • Mai Ngo: Dipotong ala short bob cut dan diwarnai lebih gelap
  • May: Ditipiskan pada pinggiran sisi
  • Patricia: Ditipiskan dan diwarnai lebih gelap
  • Sang-in: Ditipiskan dengan berbagai macam warna pada masing-masing pinggiran
  • Tawan: Dipotong ala Short pixie cut dengan jingga menyala
  • Tuti: Terinspirasi potongan bowl cut Rihanna

Tema Pemotretan[sunting | sunting sumber]

  • Episode 1: Sampul Majalah Harper's Bazaar Edisi Maret 1963 "Bubble Couture"
  • Episode 2: Pemotretan adibusana dengan menggunakan trampolin di SCAPE Singapura
  • Episode 3: Kartu Portofolio
  • Episode 4: Pose Confidence in Motion Mobil Subaru Forester
  • Episode 5: Iklan "It Girl" untuk Maybelline New York di Universal Studios Singapore
  • Episode 6: Desain Warna-Warni Zalora di Kapal Pesiar
  • Episode 7: Foto komersial Daya Tarik Close Up Diamond dengan Mike Lewis
  • Episode 8: Video promosi untuk iklan Subaru
  • Episode 9: Foto komersial Neutrogena dengan cipratan air
  • Episode 10: Kampanye foto TRESemmé dalam peragaan busana
  • Episode 11: Gadis Sampul Harper's Bazaar dengan Tema Tertentu
  • Episode 13: Busana couture Avant-garde dengan ikon negara masing-masing kontestan:
    • Patricia (Night Jasmine)
    • Sang-in (Futuristic Gangnam Style)
    • Tawan (Thai's Sabai Fabrics)
  • Pagelaran Busana Final: "Out of The Dark & Into The Light" (Dari Gelap Menuju Cahaya)

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Glenn Tan[sunting | sunting sumber]

Direktur Eksekutif Subaru yang merupakan juri tamu di Episode ke-4 mendapatkan reaksi keras di berbagai sosial media atas sikapnya yang menggunakan kata kasar di acara televisi. Ia menegur salah satu kontestan asal Korea Selatan, Sang In Kim dengan kata-kata kasar "f* word", "Who the fuck do you think you are to roll your eyes at me? If I'm the client, I am never, ever going to hire you"(Kamu pikir siapa kamu dengan mendelikan mata dihadapan saya? Jika saya klien, saya tidak akan pernah mau mempekerjakanmu!). Menanggapi hal tersebut, Produser eksekutif Asia Next Top Model, Sam Gollestani berbicara kepada BBC menjelaskan bahwa yang dilakukan Glen merupakan cerminan industri model yang sesungguhnya, "Glenn memberikan prespektif sebagai seorang klien yang memilih model untuk produknya, jadi hal itu alasan kenapa kita mengundang dia menjadi juri tamu di siklus ini. Adegan ini merupakan refleksi dari sebuah keputusan bagaimana industri mode dan fesyen bekerja."[6][7]

Mai Ngo[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2016, Mai Ngo kontestan asal Vitnem mendapatkan denda sebesar 22.500.000 Vietnam Dong (atau setara US$ 1.007,55) dari Kementerian Budaya, Olahraga, dan Seni Vietnam atas keikutsertannya mengikuti ajang Asia's Next Top Model secara ilegal. Pejabat berwenang disana mengatakan bahwa ada peraturan kepada setiap kontestan yang mewakili Vietnam pada ajang kontes kecantikan di luar negeri harus mendapat izin resmi dari kementerian dan setidaknya perwakilan harus menjuarai pada ajang yang sama di tingkat nasional.[8] Mai yang sebelumnya merupakan salah satu kontestan di ajang Vietnam's Next Top Model[9] dan juga kontestan Miss Universe Vietnam, tetapi tidak memenangkan kejuaran kontes apapun. Kementerian mengambil langkah tegas dengan melarang Mai di ajang Vietnam International Fashion Week pada April 2016. Mai berdalih dia tidak mengetahui peraturan tersebut.[10]

Sang In Kim[sunting | sunting sumber]

Pasca pengumuman pemenang Asia Next Top Model 4, Sang In mempublikasikan sebuah pos di Instagram, "Start from so many rumors, now even final is ended :) I know you guys have a lot of question. I am going London with Storm Model Management. I already had contract with them at January. I go London at July 15th. Can't wait to go further and Became World Top Model." (Berawal dari banyaknya rumor, dan malam final telah berakhir, Saya tahu bahwa kalian masih menyimpan banyak pertanyaan. Saya akan terbang ke London dan mendapatkan kontrak dengan Storm Model Management pada bulan Januari lalu. Saya pergi ke sana pada 15 Juli. Tidak sabar saya rasanya untuk terbang ke sana dan menjadi model top dunia). [11] Dengan demikian, Sang In Kim merupakan satu-satunya finalis selain pemenang, yang mendapat kontrak dengan Storm Model Management London.

Partner Resmi[sunting | sunting sumber]

Perusahaan dan Brand yang mendukung acara berdasarkan situs web:[12]

  • Subaru - Partner Ekslusif Automobile
  • TRESemmé - Partner Ekslusif Perawatan Rambut
  • Zalora - Partner Resmi Online Fashion Shopping
  • Closeup - Partner Resmi Smiles
  • Maybelline - Partner Resmi Make Up
  • Harper's Bazaar - Partner Resmi Majalah

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Open Casting Events". Asia's Next Top Model 4 - Fox International Channels. 
  2. ^ "Online Casting". Asia's Next Top Model 4 - Fox International Channels. 
  3. ^ "Contestants". Star World - Asia's Next Top Model. 
  4. ^ "Season three contestants". Star World - Asia's Next Top Model. 
  5. ^ Instagram Georgina Wilson
  6. ^ "Asia's Next Top Model sparks furious backlash after judge reduces a model to tears". Mail Online. Diakses tanggal 2016-05-24. 
  7. ^ "Outrage after S Korean contestant lambasted on Asia's Next Top Model". BBC News. Diakses tanggal 2016-05-24. 
  8. ^ "Vietnamese model fined for entering 'Asia's Next Top Model' without permission". Thanh Nien Daily. Diakses tanggal 2016-05-24. 
  9. ^ "Trước Asia's Next Top Model, Quỳnh Mai là ai?". SaoStar.vn (dalam bahasa Vietnam). 2016-03-11. Diakses tanggal 2016-05-24. 
  10. ^ VCCorp.vn. "Thi chui tại Asia's Next Top Model, Quỳnh Mai chính thức bị xử phạt 22,5 triệu đồng". kenh14.vn. Diakses tanggal 2016-05-24. 
  11. ^ "Instagram Sang In Kim". Instagram.com. Diakses tanggal 2016-05-24. 
  12. ^ "Partners". Star World - Asia's Next Top Model. 

Rujukan Video[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]