As I Lay Dying (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
As I Lay Dying
Sampul Edisi Pertama
PengarangWilliam Faulkner
GenreModernist, Southern Gothic, Black Comedy
PenerbitJonathan Cape & Harrison Smith
Tanggal terbit
1930
Didahului olehThe Sound and the Fury 
Diikuti olehSanctuary 

As I Lay Dying (Bahasa Indonesia: Saat Saya Terbaring Sekarat) adalah novel beraliran Gotik Selatan (Southern Gothic) yang diterbitkan pada tahun 1930[1] oleh William Faulkner (25 September 1897- 6 Juli 1962).[2] Karya Faulkner yang kelima ini adalah salah satu novel sastra terbaik di abad ke-20.[3] Judul dalam novel ini merupakan terjemahan dari Homer's Odyssey di tahun 1925 karya William Marris, kedua karya sastra tersebut memiliki tema yang sama. Novel ini menggunakan teknik penulisan aliran kesadaran, banyak narator, dan panjang bab yang bervariasi.

Ringkasan plot[sunting | sunting sumber]

Cerita dalam novel ini berlatarkan Kabupaten Yoknapatawpha, Missisipi, Amerika Serikat yang disebut Faulkner sebagai "daerah apokrif saya", sebuah terjemahan fiksi dari rumah penulis di Kabupaten Lafayette.[4]

Pengenalan konflik[sunting | sunting sumber]

Novel ini menceritakan tentang Addie Bundren yang terbaring sekarat di kamar tidurnya sementara putranya, Cash, mempersiapkan peti mati untuk ibundanya. Sesuai permintaan Addie, Anse yakni suaminya mengatur agar dia dimakamkan di Jefferson, sebuah kota yang berjarak 40 mil. Namun, alasan sebenarnya Anse untuk pergi ke Jefferson adalah untuk mendapatkan gigi baru yang pas dan, jika mungkin, mencari istri baru. Dua putra lainnya, Darl dan Jewel, bergumul dengan kematian ibu mereka dan kesehatan mental mereka sendiri. Darl tanggap dan berwawasan luas tetapi mengejek orang lain tanpa ampun, sedangkan Jewel, sesorang yang menyukai kekerasan, karena ibunya bertindak kasar ketika mengandungnya saat berselingkuh dengan seorang pengkhotbah.

Puncak konflik[sunting | sunting sumber]

Dewey Dell, seorang wanita muda sederhana yang tidak dapat berpikir secara logis, sedang hamil dan terburu-buru pergi ke Jefferson untuk melakukan aborsi. Anak bungsu dalam keluarga Bundren, Vardaman, jauh lebih muda dari saudara-saudaranya, mengalami keterbelakangan mental; di sepanjang novel, dia membingungkan ibunya dengan ikan yang dia tangkap pada hari kematiannya. Untuk mematuhi keinginan Addie, keluarga melakukan perjalanan jauh ke Jefferson selama musim panas dan basah di Mississippi, dan sepanjang perjalanan, tubuh Addie mulai membusuk, sementara burung elang berputar-putar mengancam di atas kepala. Ketika mereka menemukan bahwa sebuah jembatan telah hanyut, keluarga tersebut harus menemukan cara untuk membawa peti mati Addie melewati sungai, dan adegan selanjutnya tragis dan lucu.

Anti klimaks[sunting | sunting sumber]

Ketika peristiwa ini menjadi terlalu mengerikan bagi Darl, dia menyadari bahwa ibunya perlu dikuburkan dengan benar, dia mencoba untuk membakar tubuh dan peti mati ibunya di gudang, suatu tindakan yang membuat dia dinyatakan gila secara mental. Ayahnya, Anse, mengizinkan Darl dikirim ke rumah sakit jiwa karena dia tidak ingin mengganti uang keluarga untuk gudang mereka, yang dihancurkan oleh api. Jewel, sementara itu, menyelamatkan tubuh ibunya dari api, sama seperti dia menyelamatkan peti matinya dari sungai yang meluap, sehingga terbuktilah ramalan ibunya bahwa Jewel akan menyelamatkan jenazahnya.[5]

Tokoh-tokoh[sunting | sunting sumber]

  • Addie Bundren – Addie adalah istri dari Anse dan ibu dari Cash, Darl, Jewel, Dewey Dell, dan Vardaman.
  • Anse Bundren – Anse adalah suami Addie, yang kemudian menjadi duda. Dia adalah ayah dari semua anak kecuali Jewel.
  • Cash Bundren – Cash adalah seorang tukang kayu yang terampil dan suka membantu serta putra tertua dalam keluarga. Di usia akhir dua puluhan, dia membangun peti mati Addie. Di sepanjang novel, dia terbukti heroik, tetapi juga ceroboh.
  • Darl Bundren – Anak tertua kedua dari anak Addie, Darl dua tahun lebih muda dari Cash. Darl adalah karakter yang paling pandai berbicara dalam buku ini; dia menceritakan 19 dari 59 bab. Sebagian besar plot didorong dan dinarasikan oleh Darl karena, di sepanjang buku, dia menjadi gila.
  • Jewel Bundren – Jewel adalah anak ketiga dari Bundren, kemungkinan besar berusia sekitar 19 tahun. Seorang saudara tiri dari anak-anak lain dan favorit Addie, dia adalah anak tidak sah dari Addie dan Pendeta Whitfield. Tak seorang pun, selain Addie, tampaknya mengetahui hal ini.
  • Dewey Dell Bundren – Dewey Dell adalah satu-satunya putri dari Anse dan Addie Bundren; pada usia tujuh belas tahun, dia adalah anak bungsu kedua dari anak-anak Bundren. Dia dihamili oleh Lafe dan, saat keluarga melakukan perjalanan ke Jefferson, dia tidak berhasil melakukan aborsi.
  • Vardaman Bundren – Vardaman adalah anak bungsu Bundren, berusia antara tujuh dan sepuluh tahun.
  • Vernon Tull – Vernon adalah teman baik keluarga Bundren, yang muncul di buku sebagai petani yang baik, kurang religius dibandingkan istrinya.
  • Kate Tull – Putri Cora dan Vernon lainnya.
  • Peabody – Peabody adalah dokter keluarga Bundren; dia menceritakan dua bab dari buku itu. Anse memanggilnya sesaat sebelum kematian Addie, sudah terlambat bagi Peabody untuk melakukan apa pun selain menyaksikan Addie mati. Menjelang akhir buku, ketika dia mengerjakan kaki Cash, Peabody dengan jujur menilai Anse dan seluruh keluarga Bundren dari sudut pandang masyarakat luas.
  • Lafe – Lafe adalah seorang petani yang telah menghamili Dewey Dell dan memberinya $10 untuk melakukan aborsi.
  • Pendeta Whitfield - Whitfield adalah pendeta lokal yang berselingkuh dengan Addie, yang mengakibatkan lahirnya Jewel.
  • Samson – Samson adalah petani lokal yang mengizinkan keluarga Bundren tinggal bersamanya pada malam pertama dalam perjalanan mereka ke Jefferson. Istri Samson, Rachel, muak dengan cara keluarga memperlakukan Addie dengan menyeret peti matinya ke pedesaan.
  • Narator lain: MacGowan, Moseley, Armstid, Gillespie, The Gillespie Boy.[6]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Novel ini telah dicetak ulang oleh website-website ternama di Amerika Serikat seperti; Modern Library,[7] Library of America dan beberapa penerbit yakni; Chatto dan Windus pada tahun 1970,[8] Random House pada tahun 1990,[9] Tandem Library pada tahun 1991,[10] Vintage Book di tahun 1996[11]. William Faulkner diberikan penghargaan Hadiah Nobel Sastra pada tahun 1949. Faulkner dianugerahi Hadiah Nobel Sastra pada tahun 1949.[12] Salah satu band metalcore yang populer saat ini dan masuk dalam nominasi Grammy Award, As I Lay Dying mendapatkan ide penamaan bandnya dari sastra ini.[13]

Adaptasi teater[sunting | sunting sumber]

Karya sastra ini terinspirasi oleh sebuah novel karya Edward Kemp yang dijadikan teatrikal oleh perusahaan Young Vic pada tahun 1998.[14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Website Management Team, Shmoop (2023). "As I Lay Dying Genre". Shmoop.com. Diakses tanggal 2023-08-14. 
  2. ^ Web Editorial Team, Fadedpage (2017). "As I Lay Dying Book Details". Fadedpage.com. Diakses tanggal 2023-08-14. 
  3. ^ Fadiman, Clifton., Major, John S.The New Lifetime Reading Plan: The Classical Guide to World Literature, New York: 1999.
  4. ^ Web Design Development Team, Faulkner.iath.virginia.edu (2014). "Digital Yoknapatawpha". Faulkner.iath.virginia.edu. Diakses tanggal 2023-08-14. 
  5. ^ Web Editorial Team, Cliffnotes (2017). "About As I Lay Dying". Cliffnotes.com. Diakses tanggal 2023-08-14. 
  6. ^ Website Editorial Team, Sparknotes (2023). "As I Lay Dying (Chararcter List)". Sparknotes.com. Diakses tanggal 2023-08-15. 
  7. ^ Website Editorial Team, Modern Library (2023). "As I Lay Dying (Book)". Randomhousebooks.com. Diakses tanggal 2023-08-14. 
  8. ^ Faulkner, William (2000). As I Lay Dying: The Corrected Text. New York: Vintage. ISBN 0-7011-0665-4. 
  9. ^ Faulkner, William (1990). As I Lay Dying: The Corrected Text. New York: Vintage. ISBN 0-679-73225-X. 
  10. ^ Faulkner, William (1991). As I Lay Dying. New York: Vintage. ISBN 0-8085-1493-8. 
  11. ^ Faulkner, William (2000). As I Lay Dying: The Corrected Text. New York: Vintage. ISBN 0-09-947931-1. 
  12. ^ Website Management Team, Nobel Prize Outreach AB (2023). "The Nobel Prize in Literature 1949". Nobelprize.org. Diakses tanggal 2023-08-14. 
  13. ^ Web Journalism Team, Metalunderground (2011). "Interview with Tim Lambesis From As I Lay Dying". Metalunderground.com. Diakses tanggal 2023-08-14. 
  14. ^ Web Editorial Team, Times Higher Education (1998). "Hellfire Behind The Old Saws". Timeshighereducation.com. Diakses tanggal 2023-08-11. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

As I Lay Dying at Digital Yoknapatawpha

Fadedpage.com

Cliffsnotes.com. (As I Lay Dying Book Summary)