Arman Chandra

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Arman Chandra
Ketua KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Medan
Masa jabatan
Desember 2020 – Desember 2025
Sebelum
Pendahulu
M. Santri Azhar Sinaga
Pengganti
Petahana
Sebelum
Bendahara Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Sumatera Utara ke - 2
Masa jabatan
2022–2027
Sebelum
Pendahulu
Hendrik Sitompul
Pengganti
-
Sebelum
Ketua Umum Federasi Kung Fu Indonesia Sumatera Utara ke - 1
Masa jabatan
2021–2026
Sebelum
Pendahulu
-
Pengganti
-
Sebelum
Ketua Umum Forum CSR / TJSLBU Sumatera Utara ke - 1
Masa jabatan
2021–2026
Sebelum
Pendahulu
-
Pengganti
-
Sebelum
Ketua WALUBI Medan ke-2
Masa jabatan
2023–2028
Sebelum
Pendahulu
Earlnus Chen
Pengganti
-
Sebelum
Informasi pribadi
Lahir12 Agustus 1980 (umur 43)
Tanjung Pura, Sumatera Utara
Suami/istriMeilynda
Anak2
Orang tua
  • Tjanrawan (ayah)
  • A Tuan (ibu)
Kerabat3
Alma materUniversitas HKBP Nommensen
Pekerjaanbisnis
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Bantuan penggunaan templat ini

Arman Chandra S.E., M.Pd. (lahir 12 Agustus 1980) adalah seorang enterpreneur dan filantropi asal Tanjung Pura yang sedang menjabat Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Medan. Dalam berorganisasi selalu diberi kepercayaan memegang peran penting sesuai kemampuannya, ia saat ini juga menjabat di antaranya sebagai Bendahara Dewan Perwakilan Daerah Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional Sumatera Utara, sedangkan dibidang olahraga menjabat Ketua Umum Federasi Kung Fu Indonesia (FKFI) Sumatera Utara, selanjutnya pada tahun 2021 dalam bidang Sosial Dikukuhkan oleh Edy Rahmayadi untuk menjabat Ketua Umum Forum CSR / TJLSBU Sumatera Utara, dibidang keagamaan dan kebudayaan pada tahun 2023 Arman dipilih secara aklamasi sebagai Ketua WALUBI Medan sebelumnya Arman Chandra menjabat Pelaksana Harian DPD WALUBI Sumatera Utara, Kemudian dibidang Ekonomi dipercayakan dalam Pengurus DPN Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan juga dibidang Pengkajian Ketahanan ikut serta dalam Pengurusan DPP Ikatan Keluarga Alumni Lembaga Ketahanan Nasional Strategi Centre.

Arman Chandra berpengalaman dalam bidang bisnis. Bidang yang ditekun beliau sejak tahun 1997 adalah bidang Industri, Manufaktur dan Media. Selain itu juga beliau merupakan putra daerah kabupaten Langkat dan Tokoh Masyarakat Sumatera Utara dan juga Tokoh Tionghoa Indonesia. Pada tahun 2020 saat Pandemi melanda dunia khususnya kota Medan, Arman mengajak Pengurus KADIN Medan dalam hal ini mewakili KADIN Indonesia dan KADIN Sumatera Utara berkolaborasi dengan Pemerintah kota Medan, WALUBI, Kodam I/Bukit Barisan, Artha Graha Peduli, Rumah Sakit Daerah dan Beberapa Ormas melaksanakan Vaksin dan pembagian sembako kepada masyarakat kota Medan.

Melalui KADIN Medan, Selaku Ketua Arman berperan aktif dalam mengawal pemulihan ekonomi melalui Pengendalian inflasi Daerah agar kebutuhan dapat terpenuhi oleh masyarakat khususnya kota medan dengan melakukan pengkajian dan Kerjasama antar daerah. Selain itu ia berperan dalam meningkatkan investasi di kota Medan melalui hubungan bilateral antara Indonesia dengan negara-negara sahabat melalui perwakilan konsul jenderal dan konsul kehormatan yang ada di kota Medan.

Dibidang Sosial, Forum CSR / TJSLBU yang dipimpin Arman telah membagikan Gerobak untuk dipergunakan oleh pelaku UMKM diseputaran kota Medan, juga pembagian sembako untuk masyarakat yang kurang mampu, juga memberi bantuan sosial untuk yatim piatu, dan mendukung perusahaan-perusahaan yang telah melaksanakan penyaluran CSR sesuai amanah pemeritah agar dapat ikut mendapatkan piagam Paramitha.

Kedekatan Arman Chandra secara pribadi kepada Pemimpin Daerah dan Forum komunikasi Daerah membuahkan hasil kolaborasi dan kerjasama yang berjalan lancar dalam penanganan masalah-masalah sosial dan budaya.

Selain berorganisasi dan berbisnis di industri dan media, Arman dan pasangan hidupnya Meilynda juga aktif dalam menjalankan bisnis Multilevelmarkerting yang sudah dalam bekiprah di Indonesia, yaitu Amway, Di masa-masa Pandemi kebutuhan multivitamin dan produk kesehatan menjadi prioritas utama sehingga penjalanan bisnis MLM yang ditempuh menjadi pilihan dikarenakan produk-produk Nutrilite sangat manjur dalam memperkuat ketahanan tubuh. Pada tahun 2023 Arman dan Meilynda mencapai peringkat bergengsi dibisnis ini yaitu Peringkat Diamond.

Biografi singkat[sunting | sunting sumber]

Arman Chandra lahir di Tanjung Pura, Langkat, Sumatera Utara, 12 Agustus 1980. Ia berdarah asli Tionghoa Indonesia. Ayahnya bernama Tjanrawan - yang lahir di Medan, dan sang ibu bernama Atuan yang lahir di Pangkalan Brandan.

Lahir di Tanjung Pura, ia lalu menempuh masa Sekolah Dasar di SD Negeri 7 Tanjung Pura. Setelah itu, beliau melanjutkan sekolah di SMP Negeri 2 Tanjung Pura hingga lulus SMA Negeri 1 Tanjung Pura. Melanjutkan studi sarjana pertama di Universitas HKBP Nommensen Kota Medan dan beliau melanjutkan studi program Magisternya di STAB Nalanda DKI Jakarta. Pada tahun 2020 beliau diberi kesempatan mengikuti pendidikan tertinggi di Indonesia dalam Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LXI Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia.

Arman Chandra dikenal dalam pengaulan dengan rekan-rekan alumni lemhannas RI, pertemuan dan diskusi ringan selalu dilakukan disela-sela kesibukan baik kegiatan bisnis maupun kegiatan sosial. Di lokasi ibukota negara maupun didaerah tugas, ia selalu aktif dalam berinteraksi dengan rekan-rekan senior maupun junior untuk bersama-sama mengumpul informasi dan data agar dapat dikaji secara maksimal guna memajukan bangsa dan negara.

Selain itu ia saat ini diberi kepercayaan juga dalam membina Asosiasi Penguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) wilayah Sumatera Utara, dibidang kebudayaan ia juga membina Perhimpunan Tionghoa Indonesia (INTI) Medan, dibidang sosial ia juga menjabat sebagai Penasehat Lembaga Lanjut Usia (LLI) kota Medan dan juga pada Oktober 2023 dipercaya mengurus Forum Pengurangan resiko bencana (PRB) kota Medan, Dalam acara Medan Investment Forum tanggal 27 Oktober 2023 Ia dikukuhkan sebagai Dewan Investasi Kota Medan oleh Walikota Medan Bobby Nasution.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Arman Chandra terpilih menjadi Ketua DPD WALUBI Kota Medan

https://www.beritasumut.com/detail/peristiwa/Arman-Chandra-Terpilih-Pimpin-DPD-Walubi-Kota-Medan

https://portal.pemkomedan.go.id/galeri-foto/kadin-medan-arman-chandra-mendukung-program-medan-medical-tourism-mmt-yang-digagas-wali-kota-medan-bobby-nasution-di-balai-kota-selasa-2712__read799.html

https://geosiar.com/2023/11/03/arman-chandra-hadiri-peresmian-pabrik-es-oleh-bupati-di-sergai/

https://www.beritasumut.com/detail/peristiwa/Ketua-KADIN-Medan-Arman-Chandra-Hadiri-Launching-Pelatihan-ASEAN-Republik-Korea

https://www.beritasumut.com/detail/ekonomi/-Ketua-KADIN-Medan-Arman-Chandra-Dikukuhkan-Sebagai-Dewan-Investasi-Kota-Medan

https://www.beritasumut.com/detail/ekonomi/Ketua-KADIN-Medan-Arman-Chandra---Bahasa-Asing-Penting-dalam-Aktivitas-Perekonomian

https://www.beritasumut.com/detail/peristiwa/Arman-Chandra-Berharap-Setiap-Stakeholder-Berkontribusi-Dalam-Kemajuan-Daerah