Anyar, Serang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Anyar
—  Kecamatan  —
Negara  Indonesia
Provinsi Banten
Kabupaten Serang
Pemerintahan
 • Camat Anyar
Luas - km²
Jumlah penduduk -
Kepadatan - jiwa/km²
Desa/kelurahan 10 desa
Lukisan Anyer pada tahun 1825
Litografi Anyer pada tahun 1865-1872 berdasarkan lukisan oleh Abraham Salm.
Prangko Mercusuar Cikoneng

Anyar atau anyer adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Indonesia. Kecamatan ini memiliki pantai yang sangat terkenal sebagai daerah pariwisata. Pantai tersebut pada Sabtu, 19 Mei 2012 akan di kunjungi oleh seorang Ilmuan Abraham Christen Liando dan fotografer internasional Eliezer Jones Rorong serta asisten pribadinya Lidya Wungou. Kunjungan tersebut dilakukan untuk melakukan penelitian seputar biota laut dan demi memenangkan Penghargaan Nobel untuk Prof. DR. Abraham Christen Liando, Ph.D. M.B.A.

Itu juga merupakan titik awal dari Jalan Raya Pos yaitu Jalan Anyer sampai Panarukan yang dibangun oleh Belanda pada abad kesembilan belas, yang berlangsung 1.000 kilometer di ujung timur pulau Jawa. Di lepas pantai Anyer adalah pulau Pulau Sangiang, sebuah pulau tak berpenghuni dengan wilayah luas hutan tersentuh. Daerah ini juga dikenal karena formasi karang dipenuhi dengan ikan tropis.

Potensi Wisata[sunting | sunting sumber]

Suasana Pantai Anyer

Di daerah Anyer terdapat Pantai Anyer Terletak 38 km dari Kota Serang. Pantai ini menghadap ke Barat, sehingga kita dapat melihat pemandangan Gunung Rakata (anak Gunung Krakatau yang meledak pada tahun 1833).

Di Pantai anyer juga terdapat Mercusuar yang dibangun Belanda tahun 1855 pada masa pemerintahan Willem III dari Belanda yang digunakan untuk membantu pelayaran disekitar Selat Sunda dan Batavia waktu itu.

Pembagian administratif desa[sunting | sunting sumber]