Antoni Sidjabat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Antoni Sidjabat
LahirAntoni Hamonangan Marsahala Sidjabat
15 Oktober 1991 (umur 28)
Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia.
PendidikanFE Universitas Padjadjaran (Masih Aktif)
AlmamaterSMA Negeri 1 Bandung
Tahun aktif2011-sekarang
Kota asalBandung
Orang tuaIr. Rowland P. Sidjabat, M.Sc
Soyanita br. Sinaga

Antoni Sidjabat, (lahir di Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia tanggal 15 Oktober 1991) adalah seorang solois asal Indonesia.

Kehidupan Awal dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Lahir dari pasangan berdarah Batak, Rowland Sidjabat dan Soyanita Sinaga. Keluarga sang bunda merupakan suku Batak yang sudah meninggalkan tanah Toba sejak akhir 1800 dan menetap di Provinsi Sulawesi Selatan. Ayahnya berasal dari desa Tomok, Sumatra Utara, namun lahir dan dibesarkan di desa Laras, Sumatra Utara. Setelah menikah membawa keluarganya hidup berpindah-pindah dari Orono (sebuah kota kecil di negara bagian Maine, Amerika Serikat), Manado, dan Kupang, sebelum akhirnya menetap di Bandung, Jawa Barat dan bekerja sebagai Pegawai Negeri Sipil yang berkantor di Jakarta.

Tinggal berpindah-pindah mengikuti sang ayah, Toni kemudian lulus dari SMA Negeri 1 Bandung, dan berhasil menempuh jalur SNMPTN untuk mendapatkan kursi di Fakultas Ekonomi jurusan Studi Pembangunan Univeristas Padjadjaran pada tahun 2009. Sejak saat itulah kegemarannya terhadap musik mulai berkembang. Toni mulai mendengarkan dan menggemari musik Rock, Reggae, Jazz, Blues, hingga musik-musik British.

Antoni mewarisi bakat bermusik dari sang ibu, yang pernah menghiasi pentas musik tanah air pada dekade 80-an dengan merilis sebuah album berjudul Dan Aku Marah dibawah naungan Rinto Harahap.

Karier Musik[sunting | sunting sumber]

2011 - 2016: Green dolphin street[sunting | sunting sumber]

Setelah beberapa kali bergabung dengan berbagai band, terakhir Toni mendirikan Green Dolphin Street bersama rekan-rekannya. Tour Jawa-Bali telah mereka jalani pada akhir tahun 2015. Toni bersama dengan Green Dolphin Street juga pernah menghentakan panggung Braga Jazz Walk pada 17 Maret 2016. Pada kesempatan tersebut, Green Dolphin Street menyuguhkan beberapa nomor, diantaranya "Get Up", dan "Man Behind The Gun", yang mendapatkan sambutan hangat dari penonton.[1] Selanjutnya mini album berisi 5 lagu telah mereka rilis pada bulan Mei 2016.[2] Penampilan paling anyar yaitu menjadi pendamping Ipang Lazuardi dari grup BIP dalam sebuah acara yang disiarkan Global TV pada pertengahan September 2016.[3]

2017 - sekarang: Antoni Sidjabat[sunting | sunting sumber]

EP - The end of the beginning[sunting | sunting sumber]

Keluar dari band yang didirikannya itu, Antoni kemudian melanjutkan bersolo karier mengusung genre pop indie. Ia sempat mengeluarkan EP yang berjudul the end of the beginning. Antoni ingin mengenalkan dirinya sebagai seorang solois kepada teman – temannya dengan mengupload video klip berjudul Thanks to You pada akhir Maret 2017.[4]. Lagu THANKS TO YOU tercipta pada pertengahan 2016 di rekam di Green House Production bersama produser James Argo yang kemudian melakukan proses mixing dan mastering lagu ini kepada seluruh pendengar lagu ini.[5] Pertengahan 2018, Antoni men-take down EP nya yang berisikan 5 lagu itu untuk kemudian nantinya akan di rekam ulang dan akan di publish di album-album Antoni yang akan datang.


SINGLE SONG ABOUT YOU[sunting | sunting sumber]

Pada akhir tahun 2019, Antoni merilis single berjudul Song about you[6] yang akan menjadi bagian dari album Antoni Sidjabat yang akan datang yang rencananya akan rilis pada akhir tahun 2020.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.pikiran-rakyat.com/hidup-gaya/2016/03/18/364375/blues-campuran-funk-rock-n-roll-hadirkan-variasi
  2. ^ http://www.indiebandungmusic.com/2016/09/02/green-dolphin-street-biography/
  3. ^ https://www.youtube.com/watch?v=hP167C2Oi3Q
  4. ^ https://www.youtube.com/watch?v=BK3abda-1SI
  5. ^ http://www.indiebandungmusic.com/2017/08/01/thanks-to-you-single-antoni-sidjabat-ungkapan-rasa-terima-kasih-kepada-sang-ibu
  6. ^ "Awali Karier Solo, Antoni Sidjabat Rilis Karya Debut". supermusic (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-12-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]