Antakadewa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Raden Antakadewa atau Bambang Antakadewa adalah nama tokoh dalam lakon pewayangan Jawa. Tokoh ini merupakan ciptaan dalang yang disisipkan ke dalam kisah Mahabharata, yaitu wiracarita India Kuno karya Kresna Dwaipayana Wyasa. Dalam naskah Mahabharata berbahasa Sanskerta (misal terjemahan Kisari Mohan Ganguli) tidak ditemukan adanya tokoh atau cerita tentang Antakadewa.

Dalam pewayangan, dikisahkan bahwa Antakadewa merupakan salah satu putra dari Raden Arjuna (Janaka) dengan istrinya bernama Dewi Antakawulan (tokoh tambahan yang tidak terdapat dalam naskah Mahabharata dari India). Ia juga dikenal dengan panggilan Caranggana.

Ia juga mempunyai saudara satu ayah lain ibu, yaitu Abimanyu, Prabakusuma (Priyambada), Irawan, Wisanggeni, Sumitra, Bratalaras, dan masih banyak lagi. Namun, keberadaan tokoh ini tidak begitu dikenal dibandingkan putra Arjuna lainnya seperti Wisanggeni, Irawan, Prabakusuma, dan Abimanyu.

Riwayat akhir tokoh ini pun tidak diketahui, beberapa versi pedalangan mengatakan bahwa ia gugur bersama putra Pandawa lain dalam perang Baratayudha.