Andrographis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Andrographis
Andrographis paniculata
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
(tanpa takson):
Ordo:
Famili:
Subfamili:
Tribus:
Genus:
Andrographis

Spesies

Lihat teks

Sinonim[1]
  • Erianthera Nees
  • Indoneesiella Sreem.
  • Neesiella Sreem.

Andrographis adalah genus tumbuhan berbunga dalam famili Acanthaceae. Genus ini berasal dari anak benua India (termasuk Myanmar, Sri Lanka, dan wilayah Himalaya Barat).[1][2] Banyak dintaranya yang merupakan tumbuhan endemik di India.[3] Anggotanya mungkin berupa herba atau semak.[4] Mereka diperkenalkan dan atau dibudidayakan di Asia Tenggara dan beberapa daerah di sekitar Karibia.[1] Beberapa spesiesnya digunakan sebagai obat, salah satunya yang paling terkenal adalah Sambiloto (Andrographis paniculata), yang dihargai dalam pengobatan Ayurveda, Unani, dan Siddha. Tumbuhan tersebut digunakan untuk mengobati penyakit kronis.[2] Andrographis alata dan Andrographis lineata digunakan dalam pengobatan manusia dan hewan,[4] terdapat juga catatan penggunaannya sebagai makanan.[5]

Daftar spesies[1][sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d "Andrographis Wall. ex Nees". Plants of the World Online. Royal Botanic Gardens, Kew. Diakses tanggal 8 April 2021. 
  2. ^ a b Niranjan, A., et al. (2010). Biological activities of kalmegh (Andrographis paniculata Nees) and its active principles - A review. Indian J Nat Prod Resour 1(2) 125-35.
  3. ^ Gnanasekaran, G. and G. V. S. Murthy. (2012). Lectotypifications in Andrographis (Acanthaceae). Rheedia 22(2) 77-79.
  4. ^ a b Boopathi, C. A. (2000). Andrographis spp.: A source of bitter compounds for medicinal use. Anc Sci Life 19(3-4) 164-8.
  5. ^ Pauline Dy Phon (2000). Plants Utilised In Cambodia/Plantes utilisées au Cambodge. Phnom Penh: Imprimerie Olympic. hlm. 14, 15.