Anaximenis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Anaximenis dari Lampsakos (bahasa Yunani Kuno: Ἀναξιμένης ὁ Λαμψακηνός) (skt. 380 380 – 320 SM) merupakan seorang retorika dan sejarahwan Yunani.

Karya retoris[sunting | sunting sumber]

Anaximenis adalah murid Zoilos[1] dan, seperti gurunya, menulis sebuah karya tentang Homer. Sebagai seorang retorika, ia adalah penentang Isokratis dan sekolahnya yang gigih.[2] Dia umumnya dianggap sebagai penulis Retorika untuk Aleksandros, Seni Retorika termasuk dalam corpus tradisional karya Aristoteles. Quintilianus tampaknya merujuk pada karya ini di bawah nama Anaximenis di Institutio Oratoria 3.4.9, sebagaimana yang diakui oleh ahli filologi Renaisans Italia, Petrus Victorius. Atribusi ini, bagaimanapun, telah diperdebatkan oleh beberapa sarjana.

hypothesis kepada Helen Isokratis menyebutkan bahwa Anaximenis, juga, telah menulis Helen, "meskipun itu lebih merupakan pidato pembelaan (apologia) daripada sebuah enkomion," dan menyimpulkan bahwa dia adalah "orang yang telah menulis tentang Helen" kepada siapa Isokratis mengacu (Isoc. Helen 14). Jebb menghibur kemungkinan bahwa karya ini bertahan dalam bentuk Enkomion Helen yang diberikan kepada Gorgias: "Tampaknya tidak mustahil bahwa Anaximenis mungkin adalahpenulis sebenarnya dari karya yang dianggap berasal dari Gorgias."[3]

Menurut Pausanias (6.18.6), Anaximenis adalah "yang pertama yang mempraktekkan seni berbicara secara spontan." Dia juga bekerja sebagai logografer, setelah menulis pidato penuntutan Phryne menurut Diodoros Periegetes (dikutip oleh Athenaios XIII.591e). Fragmen "Etis" yang disimpan di Stobaeus' Florilegium dapat mewakili "beberapa buku filosofis."

Beberapa karya sejarah[sunting | sunting sumber]

Anaximenes menulis sejarah Yunani dalam dua belas buku, yang membentang dari para dewa' asal-usul kematian Epaminondas di Pertempuran Mantinea (Hellenica, bahasa Yunani Kuno: Πρῶται ἱστορίαι), dan sejarah Filipus dari Makedonia (Philippica). Dia adalah favorit Aleksander Agung, yang didampinginya dalam kampanye Persia,[2] dan menulis karya sejarah ketiga di Alexander (namun, Pausanias 6.18.6 mengungkapkan keraguan tentang kepenulisannya dari sebuah wiracarita tentang Aleksander). Dia adalah salah satu dari delapan historiografer teladan termasuk dalam kanon Aleksandria.

Didimus melaporkan bahwa karya yang ditransmisikan sebagai pidato 11 Demosthenes (Terhadap Surat Filipus) dapat ditemukan dalam bentuk yang hampir identik dalam Buku 7 dari Anaximenis 'Philippica, dan banyak sarjana menganggap karya ini sebagai komposisi historiografi oleh Anaximenis.[4] Surat Filipus (pidato 12) di mana pidato 11 tampaknya menanggapi mungkin juga oleh Anaximenis, atau mungkin surat otentik oleh Filipus, mungkin ditulis dengan bantuan penasihatnya. Teori Wilhelm Nitsche yang lebih ambisius, yang ditugaskan untuk Anaximenis bagian yang lebih besar dari Demosthenic corpus (pidato 10-13 dan 25, surat 1-4, proems), dapat ditolak.[5]

Anaximenis bermusuhan dengan Theopompos, yang ia cari untuk mendiskreditkan dengan parodi mencemarkan nama baik, Trikaranos, diterbitkan dalam gaya Theopompos dan di bawah namanya, menyerang Athena, Sparta, dan Thiva.[6]

Plutarkhos mengkritik Anaximenis, bersama-sama dengan Theopompos dan Ephoros, untuk "efek-efek retorik dan periode-periode besar" para sejarahwan ini secara tidak masuk akal diberikan kepada manusia di tengah-tengah keadaan medan perang yang mendesak (Praecepta gerendae reipublicae 803b).

Edisi dan terjemahan[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ D.A. Russell, "Anaximenes (2)," Oxford Classical Dictionary, 3rd ed., rev., 2003.
  2. ^ a b  Satu atau lebih kalimat sebelum ini menyertakan teks dari suatu terbitan yang sekarang berada pada ranah publikChisholm, Hugh, ed. (1911). "Anaximenes". Encyclopædia Britannica. 1 (edisi ke-11). Cambridge University Press. hlm. 944. 
  3. ^ R.C. Jebb, The Attic Orators, London, 1893, vol. II, p. 98.
  4. ^ Raphael Sealey, Demosthenes in His Time, Oxford University Press, 1993, pp. 239f.
  5. ^ Jacoby, commentary on Anaximenes in FGrHist.
  6. ^ J.P. Mahaffy, The Prose Writers from Isocrates to Aristotle, London, 1904, pp. 38-41.

Referensi[sunting | sunting sumber]