Ampere

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Ampere
Galvanometer scheme.png
Arus listrik (dalam ampere atau miliampere) dapat diukur dengan alat yang disebut amperemeter atau galvanometer
KandelaKilogramMeterDetikAmpereKelvinMolSistem Satuan InternasionalSistem Satuan InternasionalInternational System Of Units Logo .png
Informasi umum
Satuan pokok SI
BesaranArus listrik
SimbolA
Asal penamaan
André-Marie Ampère
Lingkaran biru adalah elektron yang melewati penampang konduktor. Satu ampere sama dengan satu muatan coulomb (6.241 × 1018 el. Muatan) yang melewati penampang dalam satu detik.

Ampere (simbol: A, kadang disingkat "amp"; bahasa Inggris: ampere, bahasa Prancis: ampère), adalah satuan pokok untuk besaran arus listrik dalam Sistem Satuan Internasional (SI). Setelah redefinisi pada tahun 2019, definisi satuan ampere, seperti yang disebutkan dalam Brosur SI edisi kesembilan, adalah sebagai berikut.[1]

Ampere, yang disimbolkan dengan A, adalah satuan arus listrik dalam SI. Satuan ini didefinisikan dengan memperoleh nilai numerik tetap dari muatan listrik partikel e sebesar 1,602176634×10−19 bila dinyatakan dalam satuan C yang sebanding dengan A⋅s, dengan definisi detik yang berkenaan dengan ∆νCs.

Satu ampere adalah besar muatan listrik yang setara dengan muatan 6,241509074 × 1018 buah elektron yang bergerak melewati satu titik tiap satu detik. Sebelumnya, ampere didefinisikan sebagai suatu arus listrik yang mengalir dari kutub negatif ke kutub positif, sedemikian sehingga di antara dua penghantar lurus dengan panjang tak terhingga, dengan penampang yang dapat diabaikan, dan ditempatkan terpisah dengan jarak satu meter dalam vakum, menghasilkan gaya sebesar 2 × 10-7 newton per meter.

Satuan ini diambil dari nama André-Marie Ampère, salah satu penemu konsep elektromagnetisme.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]