Candela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Kandela)
Lompat ke: navigasi, cari
Candela
Luminosity.png
Informasi satuan
Sistem Unit SI
Satuan dari intensitas luminasi
Simbol cd 
Linear visible spectrum.svg

Candela (simbol: cd; dibaca [kandela]) adalah unit SI yang mengukur kekuatan dari sinar bercahaya yang memberikan arah dari suatu sumber yang mengeluarkan radiasi monochromatic sebesar frekuensi 540 x 1012 hertz. Kata candela berarti "lilin" (candle dalam bahasa Latin, dan sejumlah bahasa modern).

Definisi[sunting | sunting sumber]

Seperti satuan dasar SI, candela mempunyai suatu definisi operasional, yaitu didefinisikan dengan deskripsi suatu proses fisika yang menghasilkan satu candela dari intensitas cahaya (luminous intensity). Sejak konferensi ke-16 General Conference on Weights and Measures (CGPM) pada tahun 1979, candela didefinisikan sebagai:[1]

Candela adalah intensitas cahaya, dalam suatu arah, dari satu sumber yang memancarkan radiasi monokromatik dengan frekuensi 540×1012 hertz dan yang mempunyai intensitas radian di arah ​1683 watt per steradian.

Definisi ini menggambarkan bagaimana cara menghasilkan sumber cahaya yang per definisi memancarkan satu candela. Sumber semacam itu kemudian dapat digunakan untuk mengkalibrasi alat-alat atau instrumen yang didesain untuk mengukur intensitas cahaya.

Candela kadang kala masih disebut dengan nama lama candle,[2] misalnya dalam foot-candle dan definisi modern candlepower.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Base unit definitions: Candela". The NIST Reference on Constants, Units, and Uncertainty. Diakses tanggal 27 September 2010. 
  2. ^ Merriam-Webster